Sastra Lisan Kidung Rumeksa Ing Wengi Karya Sunan Kalijaga sebagai Materi Ajar BIPA Tingkat Lanjut

Sri Lestari Sunardi

Abstract


Pembelajaran BIPA berbasis kearifan lokal dengan mengenalkan lagu sebagai wujud dari kekayaan budaya nusantara merupakan sebuah cara menarik minat pelajar asing. Budaya nusantara yang memiliki keanekaragaman dapat dimanifestasikan melalui lagu yang bernafaskan ajaran moral dan tata nilai untuk hidup seimbang. Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan sastra lisan yang berupa kidung rumeksa ing wengi sebagai materi ajar untuk mahasiswa asing yang berminat mendalami budaya nusantara khususnya Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teori dan teknik analisis data dengan semiotik Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar sastra lisan Kidung Rumeksa ing Wengi dapat diberikan kepada pembelajar BIPA tingkat lanjut dengan cara mengartikannya terlebih dahulu dalam bahasa Indonesia kemudian baru diperdengarkan versi aslinya.  

Kata kunci: BIPA,  materi ajar, sastra lisan, kidung


Keywords


BIPA, materi ajar, sastra lisan, kidung

References


Adam, A. (2015). Karakter Tokoh dalam Novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye. Jurnal Humanika, 3(15), 1–18.

Adji, Muhammad, Taufik Ampera dan Tatang Suparman. 2018. Budaya dalam Pengajaran BIPA: Respon Orang Asing Terhadap Budaya Sunda dalam Hubungan Lintas Budaya. Metahumaniora 8 (2), 281-288.

Ansori, Y. Z. (2019). Islam dan Pendidikan Multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 110–115.

Anton. (2015). Ungkapan Tradisional dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Bajo di Pulau Balu Kabupaten Muna Barat. Jurnal Humanika, 3(15), 1–12.

Apriyani, T. (2021). Identitas Budaya Toraja dalam Novel Puya ke Puya Karya Faisal Oddang. Jurnal Mimesis, I(1), 11–24.

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 6(1), 1–15.

Badrih, M. (2018). Sastra Lisan (Kèjhung) Sebagai Tfransformasi Simbol Pendidikan Berkarakter Budaya Daerah.

Badruzzaman, M. F. (2015). Peranan Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Djirong, S. (2014). Kajian Antropologi Sastra Cerita Rakyat Datumuseng dan Maipa Deapati (Anthropology of Literature Analysis Datu Museng dan Maipa Deapati Folklore ). Jurnal Sawerigading, 20(2), 215–226.

Firmanda, G. E., Effendy, C., & Priyadi, A. T. (2018). Struktur dan Fungsi Sastra Lisan Masyarakat Senganan Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Untan, 7(3), 1–10.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Urnal At-Taqaddum, 81(1), 21–46.

HB, Z. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 6(2), 600–609.

Hidayah, M. N. (2018). Tradisi Rambu Solo di Tana Toraja dalam Novel Puya ke Puya Karya Faisal Oddang (Kajian Interpretatif Simbolik Clifford Geertz). Jurnal Bahasa Sastra Dan Budaya Indonesia, 1(1), 1–10.

Jannah, R., & Yanti, P. G. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 182–189.

Khotimah, K. (2016). Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Novel Dasamuka Karya Junaedi Setiyono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA (Kajian Antropologi Sastra). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

M. Hariwijaya (2004), Islam Kejawen, Gelombang Pasang, Yogyakarta.

Maulidiah, N., Suyitno, & Mulyono, S. (2018). Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kalantika serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMP. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 6(1), 200–215.

Meilawati, Avi.(2019). Lagu sebagai Media Penguasaan Kemampuan Berbahasa dan Pengenalan Budaya Dalam Pembelajaran Bipa Di Qjnu Tiongkok.Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI. ISSN: 2716-3792

Muawanah, S. (2010). Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga. Jurnal Analisa, 17(1), 73–89.

Muna, I. I. (2016). Tradisi Sekar Di Makam Kesultanan Demak Pada Upacara Grebeg Besar (Kajian Living Hadis).

Muqtafi, M. (2015). Budaya Masyarakat Minangkabau dalam Novel Memang Jodoh Karya Marah Rusli (Kajian Antropologi Sastra). Universitas Jember.

Mustaghfiroh, H., & Mustaqim, M. (2014). Analisis Spiritualitas Para Pencari Berkah (Studi Atas Motivasi Penziarah di Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak). Jurnal Penelitian, 8(1), 143–160.

Pangestika, M. D. (2019). Perencanaan Pengembangan Wisata Budaya dan Religi di Provinsi Jawa Tengah. Universitas Negeri Semarang.

Purnamasari, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dalam Perspektif Psikolinguistik. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Unpam, 1(2), 122–131.

Puspita, Oktaviani Windra. (2015). Penggunaan Lirik Lagu Sebagai Bahan Pembelajaran Mahasiswa Bipa Dalam Upaya Mengenalkan Karakteristik Indonesia. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. 475-481.

Putra, B. S. (2015). Nilai-Nilai Ajaran Al-Qur’an Dalam Serat Kidungan Karya Sunan Kalijaga (Analisis Terhadap Teks Kidung Rumekso Ing Wengi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Putri, T. A. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Religi (Studi Kasus Makom Dalem Santri Desa Kutaliman Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas ). IAIN Purwokerto.

Qodriana, L. (2007). Masjid Agung Demak Sebagai Tempat Wisata Keagamaan Di Kabupaten Demak. Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, Dian Putri, dkk. 2013. Javanese Summer School Sistem Edukasi untuk Melestarikan Kebudayaan Jawa di Yogyakarta. Khasanah, 6(1). 1-11.

Ranuntu, Garryn C. dan Golda T. Tunjung. Peran Lagu dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar. 2018. Jurnal LPPM Bidang EkososBud Kum.vol 4 no 1

Rachmawati, I. N. (2017). Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 111, 35–40.

Rahmat, L. I. (2019). Kajian Antropologi Sastra dalam Cerita Rakyat Kabupaten Banyuwangi pada Masyarakat Using. Jurnal Kredo, 3(1), 83–93.

Rohimi. (2019). Historis dan Ritualisme Tradisi Ziarah Makam Keleang Di Dusun Kelambi: Studi Terhadap Pendekatan Antropologi. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(2), 162–171.

Rustanti, L. P., & Indiatmoko, B. (2017). Ajaran dan Pemikiran Sunan Kalijaga pada Legenda Penamaan Desa di Masyarakat Demak. Jurnal Seloka, 6(3), 265–272.

Saroni, F. (2020). Pesan Dakwah dalam Serat Kidung Rumekso Ing Wengi Karya Sunan Kalijaga (Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure). IAIN Ponorogo.

Sayuti, Suminto. A. 2017. Sastra Dan Budaya: Jalur Alternatif Menuju Bipa yang Bermakna. Prosiding Seminar Nasional Kabastra Ii: Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Dalam Kerangka Sastra dan Budaya. Isbn 978-602-61725-2-5

Sidiq, A. (2018). Kidung Rumeksa Ing Wengi (Studi Tentang Naskah Klasik Bemuansa Islam). Jurnal Analisa, 15(1), 127–138.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suriani. (2017). Tradisi Ziarah Pada Makam Dato Tiro Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. UIN Alauddin Makassar.

Suryani, F. R. (2015). Rekonstruksi Cerita Ritual Pencukuran Rambut Gimbal Sebagai Pengayaan Cerita Rakyat Masyarakat Dieng. Universitas Negeri Semarang.

Tanjung, I. S. (2019). Dampak Objek Wisata Religi Terhadap Pendapatan dan Peluang Usaha Pedagang di Sekitar Masjid Raya Baiturrahman Dan Makam Syiah Kuala. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein Chesley. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 91–95.

Triyanto, A. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Religi Kabupaten Demak Menjadi Pusat Destinasi Wisata Religi. Universitas Negeri Semarang.

Verlinda, D. (2020). Peran Sastra Lisan dalam Pengenalan Budaya Bangsa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 02(2), 175–181.

Wirawan, A. K. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Dengan Metode Immersion Terintegrasi Budaya Indonesia Indonesian Language For Foreign Speakers (Bipa) Integrated Indonesian Culture With Immersion Method. Http://Reppositori.Kemdikbud.Go.Id/9972/1/Dokumen_makalah_1540362261.Pdf.




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->