EKSTASI GAYA HIDUP URBAN DALAM HANACO

Resti Nurfaidah

Abstract


   Makalah ini berjudul “Ekstasi Gaya Hidup Urban dalam Hanaco”. Makalah ini memaparkan kondisi manusia urban yang terjebak dalam kungkungan budaya massa. Pembahasan dalam makalah ini dibatasi pada tiga hal berikut, yaitu perkawinan dan parenting, masalah dan penyelesaian masalah, serta hubungan antarmanusia. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendapati jawaban atas ketiga masalah tadi, yaitu bagaimana manusia urban memandang dan menghadapi perkawinan serta parenting, masalah dan penyelesaian masalah, serta hubungan antarmanusia. Pembahasan tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan cultural studies pada pengaruh budaya massa, terutama di kalangan manusia urban yang terdapat pada data penelitian berupa novel-novel karya Indah Hanaco, yaitu  (1) Black Angel, (2) The Curse of Beauty: Metrolifestyle Sales Promotion Girl, (3) Le Masques, (4) My Better Half,  (5) You Had Me at “Hello”, (6) Heartling, (7) Out of the Blue, (8) Delicious Married, (9) The Passionate Married, (10)  Fixing A Broken Heart,  dan (11) Millionaire’s Heart. Hasil amatan sementara yang dapat terungkap dalam abstrak, antara lain, tampaknya terjadi pergeseran pandangan manusia urban terhadap perkawinan, konsep parenting, masalah dan penanganan masalah, serta hubungan antarmanusia.


Keywords


ekstasi, urban, budaya, massa, Hanaco

References


Damono, Sapardi Djoko. 1997. “Kebudayaan Massa dalam Kebudayaan Indonesia: Sebuah Catatan Kecil” dalam Ibrahim, Iding Subandy. 1997. Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Kebudayaan Indonesia. Hlm 47—51. Bandung: Mizan.

Hanaco, Indah. 2011. Black Angel. Yogyakarta: Stiletto Book.

Hanaco, Indah. 2012. The Curse of Beauty: Metrolifestyle Sales Promotion Girl. Malang: rumah Kreasi.

Hanaco, Indah. 2014. Les Masques. Jakarta: Jakarta: Grasindo..

Hanaco, Indah. 2014. My Better Half. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hanaco, Indah. 2015. You Had Me at “Hello”. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hanaco, Indah. 2015. Heartling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanaco, Indah. 2015. Out of the Blue. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanaco, Indah. 2016. Delicious Married. Jakarta: Grasindo.

Hanaco, Indah. 2017. The Passionate Married. Jakarta: Grasindo.

Hanaco, Indah. 2017. Fixing A Broken Heart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanaco, Indah. 2017. Millionaire’s Heart. Jakarta: Moka Media.

Ibrahim, Iding Subandy. 1997. Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Kebudayaan Indonesia. Hlm 12—43. Bandung: Mizan.

Jabrohim. 2010. “Membaca Budaya Urban di Yogya, di Mana Posisi Sastra” dalam Setijowati, Adi, et.al. 2010. Sastra dan Budaya Urban dalam Kajian Lintas Media. Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan XXI HISKI kerjasama HISKI PUSAT dan Universitas Airlangga. Surabaya: Airlangga University Press.

Maranoes, Ariel. 2007. “Potret Kaum Buruh Urban” dalam www.liputan6.com/amp149421/potret-kaum-buruh-urban diunduh 26 November 2017, pukul 09.06 WIB.

Musaroh, Siti. 2010. Aspek Kecemasan Tokoh Utama dalam Novel Pintu Terlarang Karya Sekar Ayu Asmara: Tinjauan Psikologi Sastra. Thesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwantini. 2010. “Masyarakat Urban, Budaya Urban, dan Sastra Urban di Indonesia: Kajian Lintas Media” dalam Setijowati, Adi, et.al. 2010. Sastra dan Budaya Urban dalam Kajian Lintas Media. Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan XXI HISKI kerjasama HISKI PUSAT dan Universitas Airlangga. Surabaya: Airlangga University Press.

Rahardi, F. 2003. “Pengelompokan Sastra Rural, Urban dan Suburban” dalam

Herfanda, Ahmadun Yosi. 2003. Sastra Kota. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Soerjono, Soekanto. 2002. Sosiologi: Sebuah Pengantar. Rajawali Press: Jakarta.

Suwardi. 2010. “Membaca Gaya Hidup Life of Stage dan the Aneh Lewat Sastra Lisan Jawa” dalam http://staffnew.uny.ac.id/upload/131872518/penelitian/hiskisurabayapdf.pdf diunduh 29 Mei 2018.

Takwin, Bagus. 2006.”Kota dan Kita” dalam Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v7i2.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.