Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan-Iklan Pajak dalam Pembentukan Realitas pada Kehidupan Masyarakat

Agung Suryo Nugroho

Abstract


Iklan pajak umumnya merupakan iklan yang bertujuan untuk menghimbau dan mengajak masyarakat untuk membayar pajak. Berbagai pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat teks iklan mendapatkan pengaruh yang signifikan dari institusi yang memesannya, yaitu institusi pajak. Disadari atau tidak, realitas tertentu dibentuk atau terbentuk melalui teks tersebut, namun realitas seperti apa yang dibentuk atau terbentuk melalui iklan ini dan apa implikasinya terhadap khalayak umum? Penelitian pada makalah ini akan mengkaji tiga iklan pajak yang pernah ditayangkan di media TV. Iklan ini dianalisis menggunakan Analisis Wacana Kritis (AWK) yang ditawarkan oleh Norman Fairclough. Fairclough (1995: 23) membagi AWK dalam tiga dimensi yang saling berhubungan; text, discourse practice dan sociocultural practice. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada ketiga dimensi tersebut, teks iklan ini didominasi untuk tujuan pencitraan. Selain itu, teks ini juga dibuat dengan mengangkat realitas yang ada serta membentuk realitas tertentu di dalam masyarakat.


Keywords


Iklan pajak, Analisis Wacana Kritis, Realitas

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Fairclough, Norman. 1995. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. USA: Longman Group Ltd.

Jan Blommaert and Chris Bulcaen, “Critical Discourse Analysis,” Annual Review of Anthropology (Vol. 29, 2000), pp. 447-466.

Jann Scheuer, “Habitus as the Principle for Social Practice: A Proposal for Critical Discourse Analysis,” Language and Society (Vol. 32, No. 2, April 2003), pp. 143 175.

Nelson Phillips, Thomas B. Lawrence and Cyntia Hardy, “Discourse and Institutions,” The Academy of Management Review (Vol. 29, No. 4, October 2004), pp. 635- 652.

Pegeen Reichert Powell, “CDA and Compositions studies: A Study of Presidental Discourse and Campus Discord,” College Composition and Communication (Vol. 55, No. 3, February 2004), pp. 439-469.

Rebecca Rogers, Elizabeth Malancharuvil-Berkes, Melissa Mosley, Diane Hui and Glynis O’Garro Joseph, “Critical Discourse Analysis in Education: A Review of the Literature.” Review of Educational Research (Vol. 75, No. 3, Autumn 2005), pp. 365-416.

Renkema, Jan. 2004. Introduction to Discourse Studies. Amsterdam/Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.