PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK 4 - 5 TAHUN DENGAN STIMULASI GAMES EDUKASI1

Rosida Tiurma Manurung

Abstract


Penggunaan stimulasi media yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan minat belajar anak dalam pemerolehan bahasa. Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan bahasa pada anak dengan stimulus games edukasi. Penulisan makalah ini menggunakan metode pengembangan media pembelajaran dan penelitian tindakan (action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks kemampuan berbahasa teregister dengan stimulus media games edukasi serta dapat meningkatkan nilai dan karakter kreatif pada anak, khususnya usia 5 tahun. Hal itu terlihat dalam perubahan setiap aksi yang penulis lakukan berdasarkan isi dan tindak tutur anak serta pengukuran indeks kemampuan berbahasa, khususnya ditinjau dari perkembangan sintaksis dan pragmatis. Selain itu, pengembangan media pemerolehan bahasa akan menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan karakter positif pada anak. Pengembangan stimulus media pemerolehan bahasa ini dapat dijadikan model untuk peningkatan kemampuan berbahasa pada anak normal.

Keywords


pemerolehan bahasa pada anak, perkembangan sintaksis, perkembangan pragmatis, stimulasi media games edukasi

Full Text:

PDF

References


Aldrich, Clark. 2009. Learning Online with Games, Simulations, and Virtual Worlds:

Strategies for Online Instruction. San Francisco: Jossey-Bass.

Arifuddin.2010. Neuro Psiko Linguistik. Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R. 1970. The

Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals,

Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.

Brown, A.L., dan Cooking, R.R. 1973. How People Learn: Brain, Mind, Experience,

and School. Washington DC: National Academy Press.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:PT Rhineka Cipta.

Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta. Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan obor Indonesia.

Dariyo. Tanpa Tahun. Diktat Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama.

Kaplan, H. & Sadock, B. 1997. Sinopsis Psikiatri. Terjemahan oleh Widjaja Kusuma.

Jakarta: Binarupa Aksara.

Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT

Refika Aditama.

Mudzakir.1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Simanjuntak, Mangantar. 1987. Pengantar Psikolinguistik Modern. Kuala Lumpur:

Dewan Bahasa dan Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis.2009. Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan

Mutu Pembelajaran. Jakarta: Persada.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v3i2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.