KELAYAKAN BUKU PELAJARAN MUATAN LOKAL BAGI SISWA KELAS ATAS (IV—VI) DI SD NEGERI DENPASAR

Sang Ayu Putu Eny Parwati

Abstract


Pengajaran bahasa, aksara, dan sastra daerah Bali wajib diajarkan pada tingkat pendidikan dasar hingga menengah yang diselenggarakan dalam pelajaran muatan lokal. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Bali tersebut mengarah pada tiga fungsi pokok, yaitu sebagai alat komunikasi, edukatif, dan kultural yang dapat dituangkan dalam sebuah buku teks pelajaran. Penelitian ini menelisik kelayakan buku teks pelajaran Bahasa Bali yang digunakan oleh siswa kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Denpasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan buku teks pelajaran tersebut dengan penilaian yang mengacu pada kriteria-kriteria kelayakan sebuah buku teks pelajaran yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Pemeroleh data pada penelitian ini menerapkan metode studi pustaka dan observasi yang selanjutnya data diakumulasi melalui hitungan statistik. Tahap analisis penelitian ini menerapkan metode analisis kontens dengan teknik interpretatif. Penilaian terhadap kulit buku, bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir buku teks pelajaran yang berjudul Pradnya Sari tersebut memperoleh nilai sebesar 80%. Nilai tersebut dinyatakan bahwa buku teks tersebut sangat layak digunakan sebagai buku teks utama pelajaran Bahasa Bali yang digunakan oleh siswa SD kelas atas (IV, V, dan VI).


Keywords


Buku Teks Pelajaran, Kelayakan, Muatan Lokal, Kelas Atas

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Danawaty, N.M. (2013). “Perlunya Pembelajaran Bahasa Bali yang Rekreatif di Sekolah Dasar Multikultural dan Multilingual” Madah, Vol. 4, No. 2, Edisi Oktober 2013 dalam laman URL:http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/madah/article/download/538--319

Darussalam, L.N. (2017). “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks IPS Kelas V SD Terbitan Yudhistira.” Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

https://www.eurekapendidikan.com/2015/05/kriteria-buku-teks-pelajaran.html yang diunduh pada 4 April 2020, pkl. 10.10 wita

Nisa, Q.M. (2015). “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pengajaran Bahasa, Aksara, dan Sastra Daerah.

Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) TK I Bali Nomor 3 Tahun 1992 tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Semi, M.A. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumitri, N.W. (2010). dalam Buku Panduan Seminar Bahasa Ibu III di Denpasar, 24-25 Pebruari 2010.

Sutjiati-Beratha, N.L. (2007). “Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Bali Siswa Sekolah Dasar di Daerah Tingkat I Provinsi Bali. dalam http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/16720. Vol. 3. No. 2, Edisi 29 Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i1.2443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.