MODEL PERANCANGAN TUGAS MENULIS BERBASIS SEMIOTIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI BALI

Ida Bagus Artha Adnyana, Lien Darlina, I Made Sumartana

Abstract


Keterampilan menulis aktivitas bisnissangat diperlukansebagaibagian darikemahiranberbahasaIndonesia.  Saat ini kemampuan menulis mahasiswa di Politeknik Negeri Bali masihkurangmemadai. Untukmeningkatkankemampuanmenulis tersebut diperlukankreativitas dosen dalam merancang pengajaran yangtepat.Model perancangan pengajaran menulis berbasis semiotik jarang mendapat sentuhan dari pengajar. Oleh karena itu, pada kajian ini dirancang model perancangan tugas menulis berbasis semiotik yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa di program studi bisnis. Artikelinimembahasbagaimanapenerapan model perancangan tugas menulisberbasis semiotik untuk meningkatkan pengetahuan kewirausahaan mahasiswa, khususnya dalam hal menulis aktivitas bisnis.  Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak, wawancara,dankuesioner kepada147mahasiswa di Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali, tahun 2019/2020. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengacu pada profil kemampuan menulis (ESL composition profile). Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa94,6% responden mengatakanbahwamodel perancangan tugas menulis berbasis semiotik  ini mampu mendukung  pengetahuan kewirausahaan.  Dari  hasil analisis  juga dapat  disimpulkan  bahwa   rata-rata kemampuan menulis mahasiswa dengan menggunakan model perancangan tugas menulis berbasis semiotik sebesar 77,5 yang berarti sudah tergolong dalam kategori baik dengan kisaran tingkat keterbacaan (fog index) antara 10-14.


Keywords


Perancangan, Tugas, Menulis, Semiotik

Full Text:

PDF

References


Adnyana, A. (2017). “Pengaruh Metode Quantum Writing terhadap Keterampilan Menulis Akademik” Dalam Jurnal Mozaik Humaniora, Vol 17 (1): 86-98.

Barthes, R. (2017). Elemen-elemen Semiologi. Jogyakarta: Basabasi.

Cohen, M., and Riel, M., (1989). The Effect of Distant Audiences on Students’ Writing. American Educational Research Journal, 26 (2): 143-159.

Djiwandono, M.S., (1996), Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Ghazali, S., (2013), Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung; PT Refika Aditama.

Glover, J.A. and Burning, R.H., (1990), Educational Psychology: Principles and Applications. USA: Harper Collins Pubplishers.

Hull, G.A., (1989). Research on Writing: Building a Cognitive and Social Understanding of Composing. In Resnick, Laurent B and Leopold E. Klopfer. Toward the Thinking Curriculum: Current Cognitive Research. ASCD.

Jacobs, H.L., (1981), Testing ESL Composition: A Practical Approach. London: Newbury House Publishers, Inc.

Quinley, E., (2005), Persuasive Writing. United States of America: Saddleback Educational Publishing.

Shih, M., (1986), Content-Based Approach to Teaching Academic Writing. TESOL Quarterly, 20 (4): 617-648.

Squire, J.E., (1989), Tracing the Development of Writing. In Mason, Jana M. (Ed.). Reading and Writing Connections. Boston: Allyn and Bacon.

Shi, T., and Zenon J.P., (1998). “A Theoretical Model for Content Analysis in the Development of Hipermedia – Assisted Learning Material.” Dalam Journal Global J. of Engng. Educ, Vol.2, No.2.

Williams, J.D., (2003), Preparing to Teach Writing: Research, Theory, and Practice (3rd). London: Lawrence Erlbaum Associates.

White, R.V., (1987), Approach to Writing. In Long, Michael H. and Richards, Jack C. (Eds.). Methodology in TESOL.New York: Newbury House Publishers.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.