KAJIAN FONETIS UJARAN BAHASA INDONESIA PADA PEMELAJAR ASAL TIONGKOK

zainal arifin nugraha

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya BIPA di Indonesia. Banyak para pemelajar bahasa Indonesia yang merupakan warga negara asing dan terdiri dari berbagai macam latar belakang usia, pendidikan, sosial, dan budaya, salah satunya berasal dari Tiongkok. Dalam upayanya mempelajari bahasa Indonesia, para pemelajar bahasa Indonesia asal Tiongkok ini tentu akan mengalami beberapa kesulitan. Hal tersebut wajar ketika terjadi proses kontak bahasa. Salah satu peristiwa yang sering terjadi dalam kontak bahasa adalah adanya interferensi. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan segala bentuk penuturan yang dilakukan oleh pemelajar bahasa Indonesia asal Tiongkok untuk dikaji dari segi fonetisnya. Sehingga, pada akhirnya, dapat ditemukan hasil berupa penjelasan mengenai kesulitan apa saja yang dihadapi oleh pemelajar asal Tiongkok dalam mempelajari bahasa Indonesia dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya, dari segi fonetis.


Keywords


BIPA; Kontak Bahasa; Interferensi; Fonetis

References


Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, Masnur. (2008). Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Harras, K. A. & Bachara, A. D. (2009). Dasar-Dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI PRESS.

Dardjowidjojo, S. (2000). Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Sudaryanto. (1993). Metode Linguistik bagian kedua; Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutami, Hermina. (2004). Kamus Bergambar Mandarin-Indonesia. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.