WACANA KOLONIAL DAN AMBIVALANSI CERPEN KONSENSUS KARYA SORI SIREGAR : KAJIAN HOMI K. BHABA

Muhammad Fadli Muslimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ambivalensi pada cerpen Konsensus karya Sori Siregar yang ditunjukkan oleh tokoh-tokoh dalam cerpen. Adapun masalah yang dianalisis yaitu wacana colonial dan ambivalensi tokoh dalam cerpen consensus karya Sori Siregar. Teori yang dimanfaatkan dalam analisi adalah teori poskolonial Homi K.Bhaba yang berkaitan dengan wacana kolonial dan ambivalensi yang menitikberatkan pada representasi penjajah dan terjajah yang ambivalen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang menitikberatkan pada data deskriptif berupa data tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen konsensus karya sori siregar pun tidak terlepas dari wacana kolonial yang direpresentasikan oleh tokoh-tokohnya. Dalam praktiknya, terjadi ambivalen yang cenderung mengaburkan identitas satu dengan lainnya. Pemaknaan diri cenderung menyandarkan pada identitas yang lain


Keywords


ambivalensi;konsensus;kolonial

References


Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. (2000). Post-Colonial Studies. New York: Routledge.

Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. (2003). The Post-Colonial Studies Reader. London: Routledge.

Bhabha, H. K. (1994). The Location of Culture. New York: Routledge.

Dewojati, C. (2017). Ambivalensi Dan Kuasa Perempuan Terjajah Dalam Karina Adinda: Lelakon Komedie Hindia Timoer Dalem Tiga Bagian. Atavisme, 1(13), 1–13.

Faruk. (2007). Belenggu Pasca-Kolonial Hegemoni dan Resistensi dalam Sastra Indonesia. (K. Syafi’ie, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huddart, D. (2006). Homi K.Bhaba (1st ed.). New York: Routledge.

Pradopo, R. D., Soeratno, S. C., Sayuti, S. A., Wuradji, Supadjar, D., Faruk, … Widati, S. (2003). Metodologi penelitian sastra. (Jabrohim, Ed.) (3rd ed.). Yogyakarta: Hanindita Hraha Widya.

Ratna, N. K. (2008). Postkolonialisme Indonesia Relevansi Sastra (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra : Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat.

Tazkyatun, F. (2019). Karya, Representasi Mimikri Dan Hibriditas Dalam Novel Mangun Poskolonial), Sergius Sutanto (Sebuah Kajian. Universitas Negeri Makassar.

W.Said, E. (1978). Orientalism. New York: Vintage Books.

Walliman, N. (2011). Researche Methods: The Basics. New York: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.