Produksi Wacana dan Posisi Subjek dalam Cerita Pendek Komedi Si Bugil dan Spanduk Lusuh karya Ahmad Tohari

Dyani Prades Pratiwi

Abstract


Kekuasaan sering dipandang sebagai suatu hal yang negatif dan represif. Dalam cerpen Ahmad Tohari yang berjudul Komedi Si Bugil dan Spanduk Lusuh juga terdapat penggambaran tentang kekuasaan. Kekuasaan merupakan suatu hasil dari prosedur. Teori Foucault dapat menjelaskan prosedur-prosedur tersebut dengan menggunakan konsep genealogi yang menjelaskan tentang prosedur produksi wacana. Prosedur-prosedur pembentukan wacana tersebut adalah prosedur eksklusi dan prosedur internal. Kekuasaan memiliki hierarki dimana posisi subjek tertinggi merupakan posisi yang memegang kekuasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuasaan adalah sebuah wacana yang dapat berpindah dan berubah bentuk. Dalam cerpen tersebut kekuasaan berpindah dari organisasi ke warga yang dilambangkan dengan spanduk yang dilepas oleh si Bugil. Posisi subjek terletak pada warga dan sang penulis yang juga merupakan sang narator.


Keywords


Produksi Wacana, Kekuasaan, Michel Foucault, Ahmad Tohari

References


Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra Sebuah Pernjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Foucault, Miachel. 1970. “The Order of Discourse” dalam Young, Robert. 1981. Untying The Text: A Post-Structuralist Reader. Boston: Routledge & Kegan Paul.

Foucault, Michel. 1970. “The Order of Discourse” dalam Young, Robert. 1981. Untying The Text: A Post-Structuralist Reader. Boston: Routledge & Kegan Paul.

Foucault, Michel. 1972. The Archaelogy of Knowledge (Trans. A.M. Sheridan Smith). London. Routledge.

Hall, Stuart. 1997. Representation. London: SAGE Publication Ltd.

Prabowo, Andika. 2016. Gara-Gara Ambil Spanduk Bekas, Diancam 7 Tahun Penjara. Diakses pada tanggal 14 Desember 2017 melalui: http://koran-sindo.com/page/news/2016-04-14/5/29/Gara_gara_Ambil_Spanduk_Bekas_Diancam_7_Tahun_Penjara

Smart, Barry. 2002. Michel Foucault. New York: Routledge.

Tohari, A. 2011. Ronggeng Dukuh Paruk. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tohari, A. 2016. Komedi Si Bugil dan Spanduk Lusuh. Diakses melalui: http://horison-online.com/cerpen/41-komedi-si-bugil-dan-spanduk-lusuh.html pada tanggal 06 Desember 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.