VARIASI FONOLOGIS DAN STATUS ISOLEK TUNGGANG, KECAMATAN PONDOK SUGUH, PROVINSI BENGKULU

dendi - wijaya, Muhammad - Yusuf

Abstract


Tulisan ini menganalisis status isolek Tunggang yang digunakan oleh masyarakat Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Muko-muko, Provinsi Bengkulu. Hal ini berawal dari adanya anggapan bahwa isolek yang digunakan oleh masyrakat Desa Tunggang adalah bahasa sendiri yang berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di sekitarnya. Asumsi ini muncul karena masyarakat dari luar Desa Tunggang tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh masyarakat Desa Tunggang ketika sedang berkomunikasi. Sebaliknya, masyarakat Tunggang memahami apa yang disampaikan oleh masyarakat dari luar Desa Tunggang. Di samping itu, masyarakat Tunggang beranggapan bahwa banyak kosakata bahasa mereka yang berbeda dengan kosakata yang digunakan oleh masyarakat di luar desa tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperjelas status isolek Tunggang dan perbedaan fonologis dan leksikal isolek Tunggang dengan bahasa yang digunakan oleh penutur di desa sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan analisis data secara induktif. Sumber data penelitian ini adalah kosa kata swadesh sebagai acuan dalam memetakan suatu bahasa. Lokus penelitian ini adalah Desa Tunggang, Desa Air Rami, dan Desa Pondok Tengah.

Keywords


isolek, Desa Tunggang, fonologis, leksikal

References


Aitchison, Jean. 2013. Language Change Progress or Decay?. Cambridge University Press. New York.

Bloomfield, Leonard. 1995. Language/Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cyrstal, David. 2015. Ensiklopedia Bahasa, The Cambridge Encyclopedia of Langauge. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa, Tahapan Strategi,

Metode, dan Tekniknya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mahsun. 2014. Genolinguistik, Kolaboprasi Lingusitik dengan Genetika dalam Pengelompokan Bahasa dan Populasi Penuturnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lauder, Multamia RMT. 2007. Sekilas Menegnai Pemetaan Bahasa. Jakarta Timur: Akbar Media Eka Sarana.

Pita Petrus. 2016. Disertasi: Penentuan Status Kebahasaan Isolek-Isolek di Kabupaten Nagekeo: Kjaian Dialek Geografi. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana. (unpublished).

Rozelin, Diana. 2013. Isolek Melayu Jambi Seberang di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari Jambi. Yogyakarta: Balai Bahasa Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.