JURNAL SOSIOLINGISTIK PROKEM INTA DAN VINA

Inta Afwiyah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengertian bahasa gaul atau prokem di media sosial instagram, dan proses terbentuknya bahasa prokem. Seperti yang diketahui banyak orang, bahasa prokem juga bisa disebut bahasa gaul, sering digunakan di kalangan remaja dan menjadi bahasa yang sering digunakan untuk bercakap dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya wacana yang sering digunakan oleh kelompok untuk berkomunikasi antara individu dan individu atau kelompok di situs jejaring media Instagram. Ini adalah media sosial Instagram juga menjadi salah satu penyebab jenis bahasa ini. Penggunaan program diskusi di jejaring sosial media Instagram akan menggunakan teknik metode pendeketan deskriptif kualitatif untuk mengelolah data tersebut, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode menyimak serta dibantu dengan teknik lanjutan yaitu berupa mencatat. Penelitian ini mengkaji kosakata bahasa prokem, dan terjemahan dalam bahasa gaul atau prokem.


Keywords


Prokem, Media Sosial Instagram, Variasi Bahasa

References


Goziyah,Yusuf Maulana...2019...Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. Prosiding...Seminar...Nasional...Bulan...Bahasa...(Semiba)...2019 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba ISBN: 978-623-707438-0 120

Nirmawan, Hasibuan Abdullah...2020. Pemakaian Bahasa Prokem Oleh Remaja Kecamatan Medan...Sukaramai.

https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/596/465.

Malik, Thachir A., dkk...2004...Bahasa Kita Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV semester 1. Jakarta: Esis Erlangga.

Abidin, Yunus...2019...Konsep Dasar Bhasa Indonesia...Jakarta: Bumi Aksara.

Riski Ramadhanti Anasti dkk. 2020. Proses Fonologis Generatif Bahasa Prokem Remaja Di Indonesia. Jurnal DEIKSIS Vol.12 No.01

Aidil Syah Putra, Bagus Hady Hartanto. 2020.Penggunaan Bahasa Prokem Pada Media Sosial Whats App Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.9,No.1.

http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/2400

Wibowo, Wahyu...2001...Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis...Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.