Analisis Nilai Sosial Pada Novel Novel The Tokyo Zodiac Murder Karya Soji Shimada (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Fllorenta Fani Diah Aprilia Putri

Abstract


 

Abstrak

Dewasa ini, cukup banyak bermunculan karya sastra berupa sajian novel di dalamnya tidak hanya menyuguhkan cerita mengenai romantisme atau konflik yang bersifat ringan. Beberapa sastrawan mulai sebuah cerita yang mengandung pesan pendidikan, pengetahuan, dan nilai sosial yang baik untuk diketahui dan disajikan oleh masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan, nilai-nilai sosial yang terdapat pada novel Tokyo Zodiac Murderkarya Soji Shimada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Penggunaan metode tujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penulis memperoleh data dan sumber data dengan teknik baca, simak dan teknik catat. Sumber data dari penelitian ini berasal dari novel Tokyo Zodiac Murderkarya Soji Shimada berupa penggalan kalimat atau paragraf yang di dalamnya memuat nila sosial masyarakat dalam novel sedangkan sumber data penelitian ini berupa tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang dan amanat. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) ditemukan pembangun pada novel Tokyo Zodiac Murder karya Soji Shimada berupa tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang dan amanat yang secara keseluruhan saling melengkapi cerita. 2) nilai-nilai sosial yang terkandung pada novel Tokyo Zodiac Murder ditemukan nilai kasih sayang, empati, berupa sosial, dan menolong. Penulis memperoleh data dengan teknik baca dan teknik catat. Data dari penelitian ini bersumber dari novel Tokyo Zodiac Murder karya Soji Shimada.

 


Keywords


Nilai Sosial, Sosiologi Sastra, Novel

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta

Baron, R., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Damono, Sapardi. 2002. pedoman penelitian sastra. Jakarta: Depdiknas.

Hartati, D. Y. (2019). Kajian sosiologi sastra dalam novel ANAK RANTAU. 9(1).

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkaji Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Purnamasari, A., Hudiyono, Y., & Syamsul, R. (2017). Analisis Sosiologi Sastra dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari. Ilmu Budaya, 1(2), 140–150.

https://media.neliti.com/media/publications/240577-analisis-sosiologi-sastra-dalam-novel-be-e15ad4cb.pdf

Shimada, S. (2020). Tokyo Zodiac Murder (5th ed.). PT Gramedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (2nd ed.). Alfabeta CV.

Wahyuni, A. S., Anshari, & Mahmudah. (2020). Gambaran Kemiskinan Dalam Novel Yorick Karya Kirana Kejora (Pendekatan Sosiologi Sastra Ian Wtt). Neologia, I(1), 1–9. https://ojs.unm.ac.id/Neologia/article/view/12361

Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.