METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DALAM PENULISAN NARATIF CERITA RAKYAT

Budi Agung Sudarmanto

Abstract


Cerita rakyat banyak ada di sekitar kita tetapi banyak yang belum ditemukan dan dikenali. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penulisan narasif cerita rakyat tersebut. Metode field trip menjadi pilihan metode yang bisa dipakai untuk melakukan penulisan naratif cerita rakyat yang ada di sekitar kita. Metode field trip memberi kesempatan kepada peserta didik (pembelajar) untuk melakukan aktivitas di luar ruang (outdoor) dengan bertemu dengan informan yang memiliki bahan informasi yang dibutuhkan di dalam penulisan naratif cerita rakyat ini. Langkah-langkah yang bisa dilakukan di dalam penulisan naratif cerita rakyat adalah perencanaan (planning), pengamatan (observation), pelaksanaan (action), dan refleksi (reflecting). Program pembelajaran penulisan ulang cerita rakyat secara naratif ini sebaiknya bisa sampai pada tahapan penerbitan buku dari hasil penulisan tersebut. Penerbitan buku ini selain memotivasi para penulis juga memberi bukti nyata dari hasil pembelajaran yang dilakukan dan menghasilkan kumpulan cerita rakyat yang bisa menjadi bahan bacaan.

Keywords


Cerita rakyat, field trip, penulisan (ulang)

References


Anton dan Marwati. (2015). Ungkapan Tradisional dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Bajo di Pulau Balu Kabupaten Muna Barat. Dalam Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Dinata, Anita Nurlela, dkk. (2018). Pengaruh Field Trip terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap terhadap Sains Siswa SMA pada Materi Ekosistem, Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1): 8-13.

Mahargyani, Arlina Distia, dkk. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunaan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar, BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 1 Nomor 1, Desember 2012, hlm. 138-152.

Malladewi, Merrina Andy dan Sukartiningsih, Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya, JPGSD (Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Volume 01 Nomor 02, hlm. 1-11.

Mirzaqon T., Abdi, dan Purwoko. (2018). “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing,” J. BK Unesa, vol. 8, no. 1, hlm. 1–8.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. (Cetakan Kedua) Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Permatasari, Devy dan Wikanegsih. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata (Field Trip) terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018, Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 5, September 2018, hlm. 823-828.

Rahayu, Sri. (2016). Komparasi Metode Field Trip dengan Metode Clustering dalam Pembelajaran Teks Cerita Petualangan, Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Vol. 3 No. 2 (2016) hlm. 147-156.

Subandi, AU, H. Satrijono, Suhartiningsih. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa 02 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Edukasi Unej, I (1), hlm. 1-4.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, D. dan Andalas, E.F. (2017). Sastra Lisan: Kajian Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani.

Sundari, F., Ernata S., Nurmi R., dan Sulian E. (2017). Penerapan Program FOS (Folktales Speaking) sebagai Pembentuk Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9 (1): 102-111.

Ubaidillah, Mujib. (2018). Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dan Mengakses Keterampilan Proses Sains, Jurnal Pendidikan Sains, Vol 6 No 2 (2018) hlm. 93-103.

Utami, Mala. (2014). Metode Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMPN 3 Lembang, Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. hlm. 1-13.

Widodo, Muh. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V-B MIN Wonosari Gunungkidul, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 1, Mei 2019, hlm. 35-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.