REALISASI PROSES RELASIONAL DALAM BAHASA BANYUMAS

Khristianto Khristianto, Bustanuddin As Suaidy

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengkaji realisasi makna relasional dalam klausa bahasa Jawa dialek Banyumas. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan data berupa klausa yang mengandung proses relasional yang diambil dari novel Ronggeng Dukuh Paruk versi Banyumasan dan juga The Dancer sebagai pembanding teori, karena kajian ini menggunakan teori SFL (Halliday, 1994) sebagai pisau analisisnya. Berdasarkan analisis, diketahui bahwa proses relasional dalam dialek ini dituangkan secara implist (Ø), tidak diwujudkan dengan segmen atau suprasegmen. Proses itu terbentuk begitu saja bilamana satu entitas dipasangkan dengan atribut atau kualitas tertentu. Hal ini berlaku baik untuk relasi atributif maupun relasi indentifikasi. Untuk relasi atributif, atribut yang dominan berupa ajektiva dan nomina. Sementara untuk proses relasi identifikasi hanya ditempati oleh nomina untuk partisipan value-nya.

Keywords


relasional, Jawa, Tatabahasa Fungsional, Banyumas

References


Eggins, Suzanne. (2004). An Introduction to Systemic Functional Linguistics (2nd Edition). Continuum. New York & London.

Halliday, M.A.K. (1994). An introduction to Functional Grammar, second edition. Edward Arnolds. London.

Lock, G. (1997). Functional English grammar: An introduction for second language teachers. Cambridge: Cambridge University Press

Khristianto dan Pujiyatno, A. (2013). Kata dan Ungkapan Khas Banyumasan dalam Humor Audio Jadul. Prosiding Kolita 11 (1-2 Mei 2013). Jakarta: Unika Atma Jaya.

Miles, M.B.and A.M. Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods, Sage Publications, USA.

Paryono, Yani. (2008). Kajian Morfofonemik bahasa Jawa Dialek Banyumas. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Tohari, Ahmad. (2006). Ronggeng Dhukuh Paruk (Banyumasan). Yayasan Swarahati. Purwokerto

Tohari, Ahmad. (2003). The Dancer (Translated by Rene T. A.Lysloff). LONTAR. Jakarta

Rahadini, Astiana Ajeng. (2014). Kesantunan Berbahasa daam Interaksi Pembelajaran Basa Jawa di SMP N1 Banyumas. Jurnal Ling Tera, Vol.1 No.2, 2014 pp.136-145.

Rakhmanita, Elsa. (2019). Diglosia dalam Pemakaian Dialek Ngapak oleh Mahasiswa Asal Banyumas di Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://osf.io/75phq/download/?format=pdf

Silverman, David. (2005). Doing qualitative research: a practical handbook. Sage Publication. London.

Tur, Ajar Pradika A. (2014). Mbok: Its distribution, function and meaning. JEFL Vol. 14. No.1 (Maret, 2014) pp. 29-36.

Wijana, I Dewa Putu. (2005). Pemertahanan Dialek Banyumasan terhadap Dominasi Dialek Solo-Yogya. Humaniora Vol. 17, No. 2 (Juni 2005) pp.154-159. Yogyakarta: FIB, UGM.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.