METAFORA PERJALANAN DALAM KUMPULAN PUISI SERAH KARYA ERIS RISNANDAR

Hera Lyra

Abstract


Peneliltian ini mendeskrifsikan bagaiamana metafora perjalanan yang ada dalam buku kumpulan puisi Serah karya Eris Risnandar. Serah dipilih karena menjadi buku unggulan yang mendapat hadiah Sastra Rancage tahun 2019, yang mana Hadiah Sastra Rancage adalah hadiah puncak penghargaaan terhadap karya sastra daerah yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekspresif yang difokuskan kepada metafora perjalanan yang ada dalam teks puisinya. Hasil penelitian dari sembilan judul puisi Dina Beus, Hayang Balik, Sabot Ngadagoan, Sabot Ngangkleung, Di Lampu Merah, Iraha Akang Boga Mobil?, Sorangeun, Réa Tapak, dan Mun Seug, dari 45 puisi yang ada dalam Serah, tergambar bagaimana metafora perjalanan menjadi bagian penting yang menjadi ruh dari keseluruhan isi dan makna puisi penyair. Selain itu, melalui metafora perjalanan, satu puisi Eris dengan puisi lainnya yang ada dalam bukunya memiliki hubungan dan ada dalam satu nafas yang sama.


References


Abrams, M.H. 1976.The Mirror and the Lamp: Romantic Theory and the Critical Tradition. New York: Oxford University Press.

Adiwisastra, Prayoga. 2019. Maparah Serah Eris Risnandar. Bandung. Galura.

Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme. Yogyakarta: Puska Pelajar.

Hendrayana, Dian. 2019. Dunya dina Serah. Bandung: Tribun Jabar.

Junus, Umar. (1985). Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologis Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Noorduyn, J. 2006. Tiga Pesona Sunda Kuno. Bandung: Pustaka Sunda.

Noorduyn, J 1984, Perjalanan Bujangga Manik Menyusuri Tanah Jawa: Data Topografis dari Sumber Sunda Kuno, terj. Iskandarwassid, Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Risnandar, Eris. (2018). Serah. Kuningan: Silalatu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wellek, Rene & Austin Warren. (1989). Teori Kasusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v8i2.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.