TARAWANGSA DAN PENGEMBANGANNYA

Yeni Mulyani Supriatin

Abstract


Perubahan pandangan dari budaya agraris ke budaya industri dan budaya pascaindustri telah menyebabkan perubahan dalam tata kehidupan masyarakat. Bertolak dari pandangan itu, dapat dikatakan bahwa tradisi lisan Sunda, contoh kasus tradisi tarawangsa, dapat dikembangkan untuk membangun ekonomi kreatif. Tarawangsa adalah jenis kesenian rakyat yang lazim dipertunjukkan dalam upacara ritual yang berhubungan dengan magis religius untuk menghormati Dewi Sri. Kondisi tarawangsa pada saat ini terancam punah, selain akibat modernisasi dan ditinggalkan oleh maestronya berpulang ke rahmatullah, juga efek dari pewarisannya yang tidak sebagaimana mestinya. Tulisan ini membahas seni tarawangsa, dalam hal ini mengkreasi tarawangsa dalam dunia industri pariwisata dan pengembangannya dalam industri kreatif. Upaya lintas sektoral diharapkan dapat melestarikan dan merevitalisasi tradisi tarawangsa serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pendukungnya. Tulisan ini menerapkan metodologi kajian tradisi lisan dan berbagai pemahaman tentang kajian tradisi lisan dengan industri kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni tarawangsa memiliki kepentingan praktis kemasyarakatan dan kemanfaatan lintas sektoral, yakni mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kata kunci: tradisi lisan, tarawangsa, industri kreatif


Full Text:

PDF

References


Danandjaja, James. 2008. “Pendekatan Folklore dalam Penelitian Bahan-Bahan Tradisi Lisan.” dalam Pudentia (Ed.). Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Faruk, H.T. 2007. “Liminalitas dan Pengalaman Pascamodern”. Makalah Kongres Bahasa Cirebon 1, 31 Juli—2 Agustus. Hesmondalgh, David. 2007. The Cultural Industries (2nd Edition). London: Sage.

Pudentia, MPSS. 2008. “Warisan Budaya dan Pendampingan Masyarakat”. Makalah pada Kongres Kebudayaan Indonesia pada 10—12 Desember 2008.

______ (Ed.). 2008. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

______. 2011. “Regenerasi Tradisi Lisan Tidak Berjalan” dalam Kompas.com, 12 April 2012.

______. 2012. “Pelindungan dan Pemberdayaan Tradisi Lisan”. Makalah Seminar Internasional Bahasa Ibu. Bandung: Balai Bahasa Bandung.

Rosdiana. 2012. “Revitalisasi Tradisi Lisan Sunda di Jawa Barat”. Naskah Pidato Pembukaan Pertunjukan Tarawangsa di Taman Budaya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v1i2.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.