Sastra, Kota, dan Sumatera Barat: Perubahan Masyarakat Perkotaan dalam Karya Sastra

Sudarmoko Sudarmoko

Abstract


Banyak penulis karya sastra dalam sastra Indonesia modern berasal dari Sumatera Barat. Sebagian karya sastra itu membahas persoalan masyarakat di Sumatera Barat. Artikel ini menelisik sebagian persoalan yang menjadi perhatian dari karya sastra yang dibahas, dalam kaitannya dengan persoalan urban atau perkotaan. Secara umum, tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana perubahan sosial budaya yang diakibatkan oleh arus urbanisasi dan modernisme yang terjadi dan dialami oleh masyarakat Sumatera Barat. Secara khusus, karya sastra yang dibahas dalam artikel adalah prosa yang ditulis oleh para pengarang dari Sumatera Barat. Dengan demikian, pandangan para pengarang Sumatera Barat terhadap perubahan dan dinamika masyarakat kota yang ada di provinsi ini menjadi fokus tulisan ini, karena mereka mewakili masalah-masalah yang muncul dari lingkungan paling dekat dari pengarang. Dari pembacaan karya yang dibahas, persoalan pendidikan, kemiskinan, hubungan antar individu,
perubahan kebiasaan, gaya hidup modern, hingga kebudayaan dan pengelolaannya menjadi persoalan yang diungkap dalam karya sastra. Resistensi terhadap pengaruh kehidupan kota dalam hubungannya dengan masyarakat pedesaan atau kampung, juga menjadi sebuah persoalan yang selalu tarik menarik dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini juga membuktikan bahwa karya sastra berfungsi sebagai medium yang penting untuk mengkritik pembangunan dan perubahan dari kehidupan masayarakat di perkotaan.


Keywords


prosa, sastra kota, sastra Indonesia, modernisme, Sumatera Barat

Full Text:

PDF

References


Bain, Lauren. 2002. “Indonesia dari Sebuah Hotel” dalam Kalam edisi khusus Ihwal Kota, 2002.

Budiman, Manneke. 2006. “Viewing the Nation from the City in Contemporary Indonesian’s Women Urban Writing”, in Arts, popular cultures and social change in the new Indonesia; Seminar Proceeding, ed. Michael Leaf, Centre for Southeast Asia Research. Canada: Univerity of British Colombia.

Fuller, Andy. 2010. “Jakarta Flanerie: Selected Writings of Seno Gumira Ajidarma”. PhD Thesis. Australia: Tasmania University.

Fuller, Andy. 2010. Sastra dan Politik: Membaca Karya-karya Seno Gumira Ajidarma, Yogyakarta: Insist Press.

Hendrik, Makmur, 2012. “Lonceng Cinta Khairul Jasmi” Harian Haluan 19 April 2012. Padang: Harian Haluan.

Jasmi, Khairul. 2012. Lonceng Cinta di Sekolah Guru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

KW, Yusrizal. 2004. Kembali ke Pangkal Jalan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Moenir, Darman. 2012. Andika Cahaya. Yogyakarta: Akar.

Naaman, Mara. 2011. Urban Space in Contemporary Egyptian Literature: Portraits of Cairo. New York: Palgrave Macmillan.

Rotella, Carlo. 1998. October Cities: The Redevelopment of Urban Literature. California: University of California Press.

Sakai, Gus tf. 2012. Kaki yang Terhormat. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Sutan, Fadlillah Malin, 2012. “Biografi Museum Kekuasaan, Membaca Novel Andika Cahaya Karya Darman Moenir” Harian Haluan 8 Juli 2012. Padang: Harian Haluan.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v5i1.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.