ADA APA DENGAN AYAT-AYAT CINTA MEMBONGKAR KEPOPULERAN NOVEL KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY VIA FORMULA PEMENUHAN SELERA

Mashuri Mashuri

Abstract


Kajian terhadap novel Ayat-Ayat Cinta (AAC) karya Habiburrahman El Shirazy ini dirancang sebagai penelitian sastra populer. Pendekatannya dengan menggunakan formula pemenuhan selera. Ternyata AAC tak bisa menghindar dari takdir sastra populer, karena sastra populer memang lekat dengan selera dan nilai-nilai masyarakat. Hal itu karena penopang kepopuleran AAC adalah unsur-unsur pembentuknya berupa formula terkait dengan segmen pembaca yang Islami. Dalam konteks genre yang bermain dalam relasi antara konvensi dan invensi, novel tersebut termasuk kategori genre roman, tetapi diramu dengan dengan hal lain yang populis dan kontekstual yaitu nilai-nilai agama. Hal itu terdapat hampir dalam sekujur novel, mulai dari judul, penokohan, latar, hubungan laki-perempuan, dan sebagainya. Dengan demikian, formula-formula atau unsur pembentuk karya dalam AAC yang menekankan pada tokoh hero-agamis, tempat eksotis dan romantis-islami mampu menyantuni atau memenuhi selera masyarakat pembaca yang segmentatif sehingga novel tersebut populer.


Keywords


novel populer, formula, selera pembaca, popular novel, formula, readers’taste

Full Text:

PDF

References


Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andargini, Muhammad Rivai. 2008. “Film Ayat-Ayat Cinta dan Fenomena Euphoria Massa” dalam Blog Vavai, 26 Februari 2008. (Diunduh 10 Nopember 2011).

El Shirozy, Habiburrahman. 2004. Ayat-ayat Cinta, Novel Pembangun Jiwa. Jakarta: Republika dan Basmalah.

Kellner, Douglas (terj. Galih Bondan Rambatan). 2010. Budaya Media; Cultural Studies, Identitas dan Politik: Antara Modern dan Posmodern. Yogyakarta: Jalasutra.

Leaman, Oliver. 2005. Estetika Islam, Menafsirkan Seni dan Keindahan. Bandung: Mizan.

Prie GS. 2006. “Buku Laris dan Fenomena Ayat-ayat Cinta”, Republika, 17 Desember 2006.

Stanton, Robert. 1965. An Introdution to Fiction. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc.

Storey, John. 1996. Cultural Studies and The Study of Popular Culture: Theories and Methods. Edenburgh: Edinburgh University Press.

Wikipedia. 2010. Ayat-ayat Cinta. Laman ini terakhir diubah pada 11.08, 11 Juni 2010. (Diunduh 10 November 2011)




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v4i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.