Keragaman Kultur Film Kartun “Adit & Sopo Jarwo” dalam Perspektif Analisis Multimoda

Ida Nuraeni, Yunidar Yunidar, Ulinsa Ulinsa

Abstract


Children's cartoons are television shows that are an alternative for children to watch. This audiovisual presentation contains a lot of educational value. This paper aims to describe the cultural diversity contained in the children's cartoon film “Adit & Sopo Jarwo from the perspective of multimodal analysis. The method used in analyzing this cartoon is a qualitative method using content analysis. The content analysis model used is the multimodal analysis model proposed by Teo van Leeuwen. The results showed that the multimodal content in the ASJ film can be seen from the actors, characteristics, social relations, action and reaction, property, and criticality.

 

Abstrak

Film kartun anak merupakan sajian pertelevisian yang menjadi alternatif tontonan bagi anak. Sajian audiovisual ini banyak mengandung nilai edukasi. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan keragaman kultur yang terdapat dalam film kartun anak “Adit & Sopo Jarwo dalam perspektif analisis multimoda. Metode yang digunakan dalam menganalisis film kartun ini adalah metode kualitatif, yaitu analisis konten.  Model analisis konten yang digunakan adalah model analisis multimoda yang dikemukakan oleh Teo van Leeuwen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimoda yang terdapat dalam film ASJ dapat ditinjau dari pelaku, karakterisasi, hubungan sosial, aksi reaksi, properti, dan kekritisan.


Keywords


cultural diversity, cartoon films, multimodal

References


Abdullah, N., Sarudin, A., … Z. O.-R. J., & 2020, undefined. (2020). Elemen multimodaliti dalam karya kartun menerusi mod linguistik dan mod visual. Rumpunjurnal.Com, 8(2), 28-39. http://rumpunjurnal.com/jurnal/index.php/rumpun/article/view/126

Agustin, R., & Mindaudah. (2022). Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(2), 80-90. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80

Anggia, S., Mahyuddin, N., & Kunci, K. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Upin dan Ipin Terhadap Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 428-433. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V4I1.478

Ayuni, AQ, N. D. (2022). Analisis Multimodal Wacana Kritis Iklan Layanan Masyarakat Bertema Vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Deiksis, 14(3). https://doi.org/doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.11923

Destiani Destiani, Andayani Andayani, M. R. (2018). Ragam Fungsi Gestur pada Tuturan Deiksis dalam Film 3 Srikandi: Analisis Multimodal Korpus. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 77-80.

https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.726

Fathia, L. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Multimodal Instagram Kh Mustofa Bisri pada Akun @S.Kakung). Mediasi, 1(3), 174-188.

https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i3.140

Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237-1246. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V4I2.590

Ilmiyah, F., Firmansyah, B., & Wulandari, B. (2021). Multimodal dalam Film My Lecture My Husband serta Kontribusinya dalam Pembelajaran Sastra Digital. Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, 163-176.

Jannah, A. N., Aditia Ismaya, E., & Setiawan, D. (2022). Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Film Animasi Nussa dan Rara Episode Libur Jangan Lalai di Desa Klecoregonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). https://doi.org/10.36312/JUPE.V7I1.3023

Julita, K., & Nurhayati, I. K. (2020). Representasi Ayah Ideal pada Media Sosial (Analisis Multimodal pada Foto dalam Akun Instagram @Ridwankamil dan @Sandiuno). E-Proceeding of Management, 4960-4974.

M, A. C., & Rana Akbari Fitriawan. (2021). Representasi Komunikasi Antarprobadi di dalam Keluarga (Analisis Multimodal Kress dan Leeuwen pada Film Parasite). E-Proceeding of Management, 8971-8978.

Noviani, R. (2018). Wacana Multimodal Menurut Gunther Kress dan Theo van Leeuwen. In Hamparan Wacana (pp. 107-133).

Oktavia, A., & Jupri, A. R. (2022). Penggunaan Media Film Animasi Kartun dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi tentang Keterampilan Menyimak Siswa. Educatio, 8(3), 846-852.

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664

Pritasari, R., & Rukmi, A. S. (2014). Penggunaan Media Film Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2), 1-10.

Puspita, S., & Diana, A. (2021). Peningkatkan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Media Film Animasi Siswa. Pesona, 7(2), 171-176. https://doi.org/DOI: 10.52657/jp.v7i2.1508

Sutiyani, F., Tuti Tarwiyah Adi, R. S. M. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Wardhana, A. P. S., Farokhah, F. A., & Ramadhani, F. K. (2021). Merayakan Hedonisme: Analisis Multimodal Video "Menschen Im Hotel Des Indes", Awal Abad XX. Pangadereng: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 15-30.

https://doi.org/10.36869/pjhpish.v7i1.171

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2018). A Multimodal Discourse Analysis (MDA) on Bidadari Bermata Bening Novel By Habiburrahman El-Shirazy (Analisis Wacana Multimodal dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El-Shirazy). Gramatika, 4(2).

https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2597

Yasmine, F., & Rini, R. T. A. T. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Film Animasi Bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 29(2), 170-181. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p170

Yunus, R. (2020). Analisis Multimodal pada Iklan Layanan Masyarakat. Manajemen Tools, 12(2), 83-89.

Zainudin. (2017). Analisis Multimodal dalam Teks Iklan Dalam Perspektif Semiotik. Bahas, 28(1), 1-10.

https://doi.org/10.24114/bhs.v28i1.10134




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v11i2.5316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.