PEMAHAMAN TERHADAP METAFOR SEBAGAI SUMBER KEARIFAN MASYARAKAT

Margaretha Liwoso

Abstract


Pengggunaan metafor di dalam teks bahasa asing dapat diasumsikan menimbulkan kesenjangan pemahaman makna bahasa sumber. Teks bahasa asing terdiri dari makna implisit yang terbentuk melalui latar belakang pengetahuan masyarakat. Dalam hal ini, makna bahasa dan budaya yang berbeda tidak selamanya mudah dianalogikan secara langsung dari bahasa sumber ke bahasa sasaran, tanpa mempertimbangkan makna implisit yang terkandung di dalam bahasa sumber. Sejauh ini, para ahli sedang berupaya mencoba menemukan cara untuk menyelesaikan masalah kesalahpahaman karena implikasi metaforis.Dalam hal ini, kemungkinan kesenjangan pemahamanmempengaruhi penerjemahan dari bahasa sumber ke bahasa target. Bagaimanapun, dengan mengeksplorasi aspek-aspek metafor bahasa, akan dapat diekspresikan kearifan masyarakat sebagai bagian kehidupan mereka.

Keywords


metafora, kesalah-pahaman, makna, bahasa asing, bahasa sumber

Full Text:

PDF

References


Brüder Grimm. 1919. Deutsches Wörterbuch, Art. “Sprichwort” in Bd. X, Sp. 62-70.

Djajasudarma, Fatimah. 2009. Semantik. Refika Aditama: Bandung

Dellinger, Brett, 1995. http://users.utu.fi/bredelli/cda.html

Dreyfus, L. Hebert & Paul Rabinov. 1982. Michael Foucault: Beyond Structuralism and Hermeneutics. The Harvester Press Limited, University of Chicago: New York, London.

Dijk, A Teun van (ed.). 1985. Discourse and Communication: New Approaches to the Analysis of Mass Media. Walter de Gruyter: Berlin, New York.

--------. 2003. Ideology: A Multidisciplinary Introduction. Internet course for the Oberta de Catalunya (UOC). Copyright Spanish version with Ariel, Barcelona.

Ertelt-Vieth A. How to Analyze and Handle Cultural Gaps in German Everyday Life (from the Perspective of Exchange Students). Режим доступа: http: www.interculture-online.deinfo_dlz/ertelt_vieth_ 04_03.pdf

Fadee, Alaheh. 2011. “Symbols, Metaphors and Similes in Literature: A casestudy of "Animal Farm" dalam Journal of English and Literature Vol. 2(2), pp. 19-27, February 2011, ISSN 2141-2626 ©2011 Academic Journals.

Grodzki E. 2003. Using Lacuna Theory to Detect Cultural Differences in American and German Automotive Advertising. Frankfurt (Main): Peter Lang.

Rochrich, Lutz, et al. 1977. Sprichtwort. Sammlung Metzler Band 154, J.B. Metzlersche Verlagsbuchhandlung: Stuttgart: Deutschland.

Saffer, Daniel.2005. The Role of Metaphor in Interaction Design. The School of Design Carnegie Mellon University ©2005 Daniel Saffer, Pittsburgh, Pennsylvania.

Stern, Joseph. 2006. Mind & Language, Journal compilation ©Blackwell Publishing Ltd Vol. 21 No. 3 June 2006, pp. 243–279.

Webster's New World College Dictionary Copyright ©2009 by Wiley Publishing, Inc., Cleveland, Ohio. Used by arrangement with John Wiley & Sons, Inc.

Pemahaman Terhadap Metafor.....




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.