Javenglish: Permainan Bahasa di Era Masyarakat Multilingual.

Alip Sugianto

Abstract


Javanglish is a combination of two languages, namely Java or Java with English or English. These two languages are very interesting to study with a sociolinguistic approach because both languages contain linguistic and social facts. This study aims to determine the form of language games used in Javenglish, and the similarities and differences between the two languages. The method in this study went through three stages, namely provision, analysis and exposure. The results show that Javenglish aims to play language by gathuk mathuk between Javanese and English so that it creates a uniqueness, and it's funny because there are several language element games in the form of phonological games or language sounds, and semantic games or language meanings.

 

Abstrak

Javenglish merupakan penggabungan dari dua bahasa yaitu bahasa Jawa atau Java dengan bahasa Inggris atau English. Kedua bahasa tersebut sangat menarik dikaji dengan pendekatan sosiolinguistik karena dalam dua bahasa tersebut mengandung fakta bahasa dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk permainan bahasa yang digunakan dalam Javenglish, dan kesamaan dan perbedaan di antara dua bahasa tersebut, metode dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu penyediaan data, analisis, dan pemaparan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Javenglish bertujuan untuk permainan bahasa dengan cara gathuk mathuk antara bahasa Jawa dan English sehingga memunculkan keunikan dan lucu karena terdapat beberapa permainan unsur bahasa berbentuk seperti permainan fonologi atau bunyi bahasa dan permainan semantik atau makna bahasa.


Keywords


permainan; bahasa; javenglish; game; language

References


Ahmad Syaiful Anas, F. S. (2019). Jenis-Jenis Permainan Bahasa pada Tataran Bunyi, Bentuk Kata, Makna Kata dalam Komik Ciayo Comics dan Implementasinya sebagai bahan Ajar Teks Anekdot di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Apple, R. (1987). Language Contect and Bilingualism. London: Edward.

Chaer, A. d. ( 1995). Sosiolinguistik Pengantar Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Crystal, D. (2001). Language Play. US: University of Chicago Press.

Hablanc, H. F. (1986). Bilinguality & Bilingualism. Cambridge: Cambridge University.

Hymes, D. (1964). Towards Ethnographies of Communication : The Analysis of Communication Events dalam Language and Sosial Context by Giglioli, P.Paolo (Ed). Great Britain: C Nicholis & Campany Ltd.

Kridalaksana, H. ( 2019). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Mayasari, I. d. (2019). Pelesetan Nama-nama Tempat: Sebuah Permainan Bahasa. Dieksis. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3869

Nababan, P. ( 1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Oktaviani, P. M. (2014). Permainan Bahasa dalam Bahasa Jawa sebagai Wahana Kritik Sosial. Sutasoma: Journal Javanese Literature.

Riskawati, K. P. (2021). Jenis dan Fungsi Permainan Bahasa(Bahasa Pelesetan) Kaos Yakugaya: Sebuah Tinjauan Sosiolingusitik. Hasta Wiyata.

Sartini, N. W. (2017). Permainan Bunyi Bahasa dalam Media Sosial. Jurnal Tutur.

Setyadi, A. (2017). Permainan Bahasa Apa dan Siapa? Jurnal Nusa. https://doi.org/10.14710/nusa.12.2.24-33

Setyadi, A. (2019). Permainan Bahasa di Media Sosial. Jurnal Nusa. https://doi.org/10.14710/nusa.14.3.387-397

Sibarani, R. (2003). Fenomena Bahasa Pelesetan dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, 253-266.

Subramania, I. (2014). Aktiviti Permainan Bahasa, Wahana Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu - JPBM (Malay Language Education Journal - MyLEJ) .

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tirtamenda, A. R. ( 2021). Permainan Bahasa dan Analisis Semiotik dalam Dialog Film Pendek "Tilik". Jurnal Lugas. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1551

Wijana, I. D. (2000). Angka, Bilangan dan Huruf dalam Permainan Bahasa. Humaniora.

Wijana, I. D. (2013). Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I. D. (2014). Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.2146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.