TINDAK TUTUR KOMISIF PEMENTASAN DRAMA “MANGIR WANABAYA” (SUATU TINJAUAN SOSIOPRAGMATIK)

Andri Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan konteks sosial tuturan yang digunakan untuk menyatakan tindak tutur komisif berniat, berjanji, bersumpah, dan bernadar dalam Pementasan drama Mangir Wanabaya. Penelitian ini mempergunakan pendekatan pragmatik dan sosiolinguistik, yang selanjutnya disebut pendekatan sosiopragmatik. Masalah yang akan diteliti ialah bentuk pemakaian dan konteks tindak tutur komisif. Desain penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Pengumpulan data penelitian, yaitu dengan simak-catat konteks penggunaan bahasa yang alamiah agar dapat mengungkap maksud tuturan komisif secara tepat. Hasil penelitian membuktikan bahwa bentuk tindak tutur komisif pementasan drama Mangir Wanabaya dapat berupa kata, predikat propositif, dan konteks yang menyatakan komisif. Konteks dalam kajian pragmatik dapat dijadikan petunjuk untuk mengenali maksud. Tindak tutur komisif yang didapat adalah tindak tutur komisif berniat,tindak tutur komisif berjanji, tindak tutur komisif bersumpah, tindak tutur komisif bernadar.

Keywords


tindak tutur, tindak tutur komisif, pementasan drama Mangir Wanabaya

Full Text:

PDF

References


Halliday, M.A.K, and Ruqaiya Hasan, 1989. Language, Context, and Text: Aspect of Language in a Social-Semiotic Perspective. Victoria: Deakin University

Hymes, D. (1972). Models of the interaction of language and social life. In J. Gumperz & D. Hymes (Eds.), Directions in sociolinguistics: The ethnography of communication (pp.35-71). New York: Holt, Rhinehart & Winston.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta : PT Gramedia.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman.

______. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. (Terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Psinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Paina. 2010. Tindak Tutur Komisif Bahasa Jawa: Kajian Sosiopragmatik. DISERTASI. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Peer, Limor dan Nesbitt, Mary. July 2004. Content Analysis Methodology. http://www.readership.org/new_readers/data/content_analysis_methodology. pdf diunduh pada 11 Mei 2011.

Renkema, Jan. 1993. Discourse Studies: An Introduction Textbook. Amsterdam/Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.

Searle, J.R. 1976. Speechact: An Essayin the Philosophy of Language. USA:Cambridge University Press.

Sutopo, H.B.. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Wardhaugh, Ronald. 2006. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford, UK: Blackwell Publihing.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-DasarPragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v4i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.