RETORIKA DAKWAH YUSUF MANSUR DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BERBICARA DALAM BENTUK CD INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA

Puri Pramita

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan retorika dakwah Yusuf Mansur meliputi struktur materi dakwah, metode dakwah, strategi penyusunan pesan, dan gaya dakwah, serta pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan ajar berbicara dalam bentuk CD interaktif untuk siswa SMA. Pendeskripsikan retorika dakwah Yusuf Mansur menggunakan metode deskriptif analisis berdasarkan teori retorika dakwah. Komposisi struktur materi dakwah Yusuf Mansur bagian pembuka ceramah berupa salam pembuka, pujian kepada Allah Swt, shalawat kepada Rasulullah Saw,dan pernyataan pengantar menuju pokok dakwah. Bagian isi dakwah Yusuf Mansur terdiri atas contoh, kisah, dalil Al-Qur’an, dan wasiat. Bagian penutup berupa simpulan, harapan, doa, dorongan untuk berbuat, dan salam penutup. Metode dakwah Yusuf Mansur yakni metode dakwah Al- Mauizah Al- Hasanah berupa kisah, contoh, wasiat, dan pernyataan persuasi. Yusuf Mansur juga berdakwah dengan metode Al-Hikmah berupa pernyataan logis, faktual, dalil sahih dan kebenaran mutlak. Strategi penyusunan pesan dakwah Yusuf Mansur secara keseluruhan berupa imbauan rasional dan emosional. Gaya dakwah Yusuf Mansur dari segi komunikasi termasuk santai dan bersahabat dengan diksi berdialek Betawi dan percakapan sehari-hari. Gaya bahasa yang dominan digunakan gaya bahasa penegasan dan perbandingan. Pola retorika dakwah Yusuf Mansur dijadikan bahan ajar multimedia interaktif dengan mendesain peta konsep, RPP, flowchart, dan storyboard pembelajaran berbicara menggunakan metode tanya jawab, pemodelan, dan latihan.

Keywords


Retorika dakwah Yusuf Mansur, bahan ajar, berbicara, CD interaktif.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y.Z. 2012. Pengantar retorika. Bandung: Pustaka Setia

Arbi, A. 2012. Psikologi komunikasi dan tabligh. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsjad, M.G. dan Mukti (1988). Pembinaan kemampuan berbicara bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Enjang, A. 2009. Dasar-dasar ilmu dakwah. Bandung: Widya Padjadjaran.

Enjang, & Hajir, T. (2009). Etika dakwah; suatu pendekatan teologis & filosofis. Bandung: Widya Padjajaran.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009) Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Keraf, G. 2006. Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maarif, Z. 2014. Retorika metode komunikasi publik. Jakarta: Dapur Buku.

Oka, I.G.N. 1976. Retorik sebuah tinjuan pengantar. Bandung: Terate.

Prastowo, A. 2014. Kreatif menulis bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press..

Rahim, A. 2011. Retorika haraki. Surakarta: PT Era Adicitra Intermedia.

Rudi, S.C.R. 2008. Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Rusman. 2004. Pengembangan model pembelajaran berbasis komputer. Bandung: UPI.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya. W. 2008. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya,W. 2010. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Saputra, W. 2011. Pengantar ilmu dakwah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shihabuddin. 2009. Evaluasi pengajaran bahasa indonesia. Bandung: UPI.

Sudjana, N. & Rifai, A. 2005 Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo.

Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam menulis. Jakarta: P dan K.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tasmara, T. 1990. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Waridah, E. 2008. EYD & seputar kebahasaan-indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Wiyanto, A. 2001. Terampil pidato. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v4i2.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.