Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan

Wati Kurniawati, Deni Karsana

Abstract


The first step in this research is the always dominant the noun aspect in mastering Indonesian vocabulary. The focus in this study is how the control of Indonesian vocabulary in grade 5 SD students in Medan City. There are two sub-focusses in this study: (1) what is the level of qualification and (2) aspects of Indonesian vocabulary mastery by grade 5 elementary school students. This study aims to identify control of Indonesian vocabulary by grade 5 elementary school students based on the level of qualification and aspects of Indonesian vocabulary mastery. The method used is the case study method. The population in this study were elementary school students. The sample in this study were students of grade 5 elementary school accredited A and C in Medan City who were respondents. The findings of this study were the mastery of Indonesian vocabulary by elementary students in Medan City on a good scale, namely 78%. The mastery of Indonesian vocabulary in the noun aspect that was first recognized by the students did not show the dominant aspect in this study, but the adjective aspect.

 

Abstrak

Aspek nomina dalam penguasaan kosakata bahasa Indonesia (BI) selalu dominan yang menjadi langkah awal penelitian ini. Fokus dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata BI oleh siswa kelas 5 SD di Kota Medan. Ada dua subfokus dalam penelitian ini, yaitu bagaimana tingkat kualifikasi dan aspek penguasaan kosakata bahasa Indonesia oleh siswa kelas 5 SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penguasaan kosakata BI oleh siswa kelas 5 SD berdasarkan (1) tingkat kualifikasi dan (2) aspek penguasaan kosakata BI. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas 5 SD yang berakreditasi A dan C di Kota Medan yang menjadi responden. Temuan penelitian ini ialah penguasaan kosakata BI oleh siswa SD di Kota Medan pada skala baik, yaitu 78%. Penguasaan kosakata BI aspek nomina yang pertama dikenal siswa tidak menunjukkan yang dominan dalam penelitian ini, tetapi aspek adjektiva.


Keywords


vocabulary mastery; nouns; adjectives

References


Alexander, F. (2013). Understanding Vocabulary. Retrieved 2017 August 10 from www.teacher.scolastic.com.

Amir, A., Junaidi, J., & Yulmardi, Y. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Bogor: IPB Press.

Anjarwati, E. (2016). Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

A.D., Firman., Hastuti, H. B. P., Sukmawati, & Rahmawati. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Defina, D., Krishandini, K., Arianti, L., Krishnawati, H., & Sulistyowati, H. (2014). Pembelajaran Dwibahasa di Sekolah Dasar: Pelaksanaan, Kendala, dan Harapan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. https://doi.org/10.26499/rnh.v3i1.20

Gafari, M. O. F. (2001). Kosakata Akademik pada Buku Sekolah Elektronik Tingkat SD, SMP Dan SMA. Jurnal Bahas Unimed, 27(1), 74555.

Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kemdikbud, B. (2012). Survei Internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Jakarta: Litbang Kemdikbud.

Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nababan, P. W. J. (1988). Pengajaran Bahasa dan Pendekatan Pragmatik dalam Bulir-Bulir Sastra & Bahasa: Pembaharuan Pengajaran. Jakarta: Kanisius.

Nasional, Departemen Pendidikan. (2003). Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi [Assessment of Bahasa Learning Based on Competence]. Yogyakarta, Indonesia: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82-93.

Putra, E. (2018). Hanya Sembilan Siswa yang Meraih Nilai 100 USBN SD. https://sukoharjonews.com/hanya-sembilan-siswa-yang meraih-nilai-100-usbn-sd/.

Rahmawati, D., Sunaryo, H. S., & Widodo, H. S. (2011). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Penelitian Paudia, 1(1), 1-12.

Ramadan, S., & Mulyati, Y. (2020). Makna Kata dalam Bahasa Indonesia (Salah Kaprah dan Upaya Perbaikannya). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i1.1036

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian [Statistic for Research]. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.