Pengaruh Tindak Tutur Direktif Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

Yetty Morelent, Hasnul Fikri, Popi Fauziati, Eva Krisna

Abstract


This study aims to describe the effect of directive speech acts used by teachers on the formation of student character in the learning process during the Covid-19 pandemic. The theory regarding directive speech acts in this study is based on sociopragmatic theory. The implemented research methodology is descriptive qualitative with 8 conditions, namely: 1) when entering class, 2) when starting a lesson, 3) during learning, 4) when giving assignments to students, 5) when asking assignments to students, 6) when asking students to correct assignments, 7) when concluding a lesson, and 8) when ending a lesson. The research data were obtained from teachers who teach Indonesian at the senior high school level in West Sumatra through questionnaires distributed using the Google form. The number of respondents who collected as many as 276 respondents. Based on the data collected, it was found that the directive speech acts used by the teacher resulted in the formation of students' character as many as 8 character pillars, namely: religious, honest, responsible, independent, curious, respectful, hard working, and disciplined. The most dominant character that appears is the character of responsibility. This behavior is reflected in the daily attitude of students in carrying out the mandate given as well as possible, such as doing assignments given by the teacher. The implications of this research can be used as a reference for character assessment.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tindak tutur direktif yang digunakan guru terhadap pembentukan karakter siswa dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Teori mengenai tindak tutur direktif dalam penelitian ini berlandaskan pada teori sosiopragmatik. Metodologi penelitian yang diimplementasikan adalah kualitatif deskriptif dengan 8 kondisi yaitu: 1) pada saat memasuki kelas, 2) pada saat memulai pelajaran, 3) pada pembelajaran berlangsung, 4) pada saat memberikan tugas kepada siswa, 5) pada saat meminta tugas kepada siswa, 6) pada saat meminta kepada siswa untuk memperbaiki tugas, 7) pada saat menyimpulkan pelajaran, dan 8) pada saat mengakhiri pelajaran. Data penelitian diperoleh dari guru-guru yang mengajar bahasa Indonesia tingkat SMA di Sumatera Barat melalui kuesioner yang disebarkan dengan google form. Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 276 responden. Berdasarkan data yang terkumpul diperoleh hasil bahwa tindak tutur direktif yang digunakan guru menghasilkan pembentukan karakter siswa sebanyak 8 pilar karakter yaitu: religius, jujur, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai, kerja keras, dan disiplin. Karakter yang paling dominan muncul adalah   karakter tanggung jawab. Perilaku ini tercermin dari sikap siswa sehari-hari dalam menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, seperti mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan penilaian karakter.


Keywords


character; directive speech acts; learning

References


An-Nisa, A.K & Mujianto, G. (2021). Tindak Tutur Direktif dalam Bahasa Lisan pada Apoteker di Puskesmas Sukabumi. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 231-244. https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5388

Defina. (2018). Tindak Tutur Ekspresif Pada Anak-Anak Saat Bermain Bola di Lapangan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(1), 69-85. https://doi.org/10.26499/rnh.v7i1.469

Hidayanti, P. & Syamsuyunirta. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif Guru terhadap Siswa di MTs Al-Washliyah. Alinea; Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 2(2), 271-285. https://doi.org/10.58218-/alinea.v2i2.228

Herpratiwi, H., Maftuh, M., Firdaus, W., Tohir, A., Daulay, M. I., & Rahim, R. (2022). Implementation and Analysis of Fuzzy Mamdani Logic Algorithm from Digital Platform and Electronic Resource. TEM Journal, 11(3), 1028-1033.

Jannah, M. & Mujianto, G. (2021). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Tema Kayanya Negeriku dengan Metode Small Group Work pada Kelas IV SDN 2 Ranaheng Banyumas Jawa Tengah. KODE: Jurnal Bahasa, 10(2), 90-111. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739

Kurnia, S.A.P. & Yuhdi. A. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto dan Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(2), 206-213.

Kristianto, Y dan Made B. (2022). Tindak Tutur Protokol Kesehatan CHSE di Kawasan Pariwisata Kabupaten Badung Bali. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. 11(1). 198-206. https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.4669

Luthvia, Z. Nababan, M. R & Kristina, D. (2020). Tindak Tutur Direktif Beda Gender pada Peristiwa Tutur Romantis dalam The Hating Game. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional. 2(1). 310-315. Diunduh dari ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP Migas.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Rahadiyan D. (2022). Tindak Tutur Asertif Tokoh Botchan Berpemarkah Adverbia Konnani, Sonnani, dan Annani dengan Fungsi Ilokusi Kolaboratif. Lingua. 18(2). https://doi.org/10.15294/lingua.v18i2.36737

Nur, F dan Florentina P. (2020). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Sprite di Televisi. Kelasa, 15(1). https://doi.org/10.26499/kelasa.v15i1.24

Prayitno, H. J. (2011). Kesantunan Sosiopragmatik. Surakarta: Universitas Muhammadiah Press.

Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Qomariyah, L. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i1.32

Widodo, J. (2021). Nilai Pendidikan Karakter pada Tindak Tutur Ilukosi dalam Podcast Deddy Corbuzeir Bersama Syekh Ali Jaber. GERAM, 9(2), 92-107. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7150

Rusmila, T. D., Wibisono, B., & Hariyadi, E. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak Bunda Ninik S. Ananda di Desa Leces Kabupaten Probolinggo. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, 20(1), 58-66. https://doi.org/10.19184/semiotika.v20i1.10591

Sagita, V. R., & Setiawan, T. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Ridwan Kamil dalam Talkshow Insight di CNN Indonesia. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 9(2), 189-193. https://doi.org/10.26714/lensa.9.2.2019.187-200

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga: Penerbit Erlangga.

Satriawan, D. (2019). Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Salingka: Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra. 16(2). https://doi.org/10.26499/salingka.v16i2.233

Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. JUPIIS (Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial) 6(2). 61-72. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2285

Setiawan, N. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial. 1(1).

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiatun. (2016). Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas III SDN Tipo Palu. Jurnal Bahasantodea, 4(1). 104-112. https://doi.org/10.29210/02353jpgi0005

Suryatin, E. (2018). Tindak Tutur Direktif Bahasa Indonesia Pada Poster Kesehatan di Puskesmas Kota Banjarbaru. Undas, 14(1), 117-128.

Syahrul. R. (2008). Pragmatik Kesantunan Berbahasa Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press.

Yule, George. (2006). Pragmatik (Diterjemahkan Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i2.3121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.