Menulis Teks Pidato Persuasif, Motivasi Belajar, dan Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Media Powtoon

Ika Mustika, Alfa Mitri Suhara, Endri Luki Fauzi

Abstract


The purpose of this research is to determine the ability to write persuasive speech text and learning motivation of junior high school students whose learning uses a scientific approach assisted by powtoon media compared to those using a scientific approach, to determine whether there is a relationship between learning motivation and the ability to write persuasive speech text of junior high school students, and to Knowing student performance in implementing the scientific approach, solving knowledge questions, and completing practical assignments to write persuasive speech texts. The method used in this study is a quasi-experimental type nonequivalent control group design. The sample in this study were 50 junior high school students. Based on the research data, it was found that the experimental class was better at writing persuasive speech texts than the control class. In the association test data between the ability to write persuasive speech text and learning motivation, it turns out that in the experimental class the Sig value is 0.058> 0.05 and in the control class the sig value is 0.357> 0.05. These results mean that there is no association between the ability to write persuasive speech texts and learning motivation in either the experimental class or the control class. The performance of students when implementing the scientific approach assisted by the powtoon media was 86.66%. These results meant that the student's performance was very good. The student's performance in his ability to write persuasive speech texts in the experimental class was in the good category, while in the control class it was in the poor category.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis teks pidato persuasif dan motivasi belajar siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik dengan bantuan media Powtoon dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan saintifik, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan menulis teks pidato  persuasif siswa SMP, dan untuk mengetahui kinerja siswa dalam implementasi pendekatan saintifik, menyelesaikan soal-soal pengetahuan, dan menyelesaikan tugas praktik menulis teks pidato persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMP yang berjumlah 50 orang. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen lebih baik dalam menulis teks pidato persuasif dibandingkan kelas kontrol. Pada data uji asosiasi antara kemampuan menulis teks pidato persuasif dengan motivasi berlajar ternyata pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig 0,058> 0,05 dan di kelas kontrol diperoleh nilai  Sig 0,357 > 0,05. Hasil tersebut bermakna bahwa tidak ada asosiasi antara kemampuan menulis teks pidato persuasif dan motivasi belajar baik di kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Kinerja siswa pada saat mengimplementasikan pendekatan saintifik dengan bantuan media powtoon diperoleh hasil 86,66 % hasil tersebut bermakna bahwa kinerja siswa sangat baik. Adapun kinerja siswa dalam kemampuannya dalam menulis teks pidato persuasif di kelas eksperimen yaitu ada dalam kategori baik, sedangkan di kelas kontrol yaitu dalam kategori kurang.


Keywords


persuasion; Learning Motivation; scientific; powtoon media

References


Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara

Astuti, dan Trivia. (2013). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Atnuri, A., & Prastyo, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGSD Unipa Surabaya Pada Pokok Bahasan Ham. Wahana, 67(2), 13-19. https://doi.org/10.36456/wahana.v67i2.495

Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Gazali, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Pidato Melalui Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran (Awareness Training). Jurnal Konfiks. 6(1), 34-45. https://doi.org/10.26618/jk.v6i1.167

Jatu, A., & Seno, R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon) Universitas Indraprasta PGRI. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesi. 3(1), 9-17. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6679

Kurniasih, I & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon dan Nurdyansyah (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Nashar (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia press.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Angkasa.

Sari, N., & Listiadi, A. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Perbankan Kelas X Ak I SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 345-349.

Srianah, M. (2020). Kartu Pintar Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Berpidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 1 Sukapura Kabupaten Probolinggo. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(1), https://doi.org/10.47387/jira.v1i1.18

Suaedi, H. (2018). Media Pembelajaran Berbasis ICT dengan Aplikasi Powtoon Pada Materi Identifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama. Prosiding Seminar Nasional SAGA#1: Sastra, Pedagogik dan Bahasa, 247-258.

Sukanah, D., & Rahayu, G. D. S. (2021). Metode Pembelajaran Inqury dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato. COLLASE. 04(01), 134-141. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4896

Sumayasa, I. dkk. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124471.

Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, F. S. (2016). Pembelajaran Memproduksi Teks Negosiasi Berdasarkan Powtoon dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Bandung Tahun Pelajaran. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.