Bahasa Iklan di Antara Erotisme dan Simbiosis Mutualisme

Abd Rahman Rahim, Arifuddin Arifuddin, Wardiman Wardiman

Abstract


The main problem discussed in this study is the use of language in advertising media as a form of using Indonesian in public spaces. Through promotion through advertising, a product can be known by the public and this is the purpose of an advertised product. The approach used in this study is a qualitative approach, namely research that produces descriptive data in the form of spoken or written words from people or observed behavior. The described aspect is the result of an analysis of the use of vulgar language and the meaning contained in each advertisement. Based on an analysis of several advertised products, both on electronic media (television) and on social media, it is evident that erotic word choices are used in advertising media.

 

Abstrak

Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah pemakaian bahasa di media iklan sebagai salah satu bentuk pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik. Melalui promosi lewat iklan, sebuah produk dapat dikenal oleh masyarakat dan inilah yang menjadi tujuan sebuah produk diiklankan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan atau tertulis dari orang atau prilaku yang diamati. Aspek yang dideskripsikan adalah hasil analisis pemakaian bahasa vulgar dan makna yang terkandung dalam setiap iklan. Berdasarkan hasil analisis terhadap beberapa produk yang diiklankan, baik di media elektronek (televisi) maupun di media sosial terbukti bahwa pilihan kata yang bersifat erotis digunakan dalam media iklan.


Keywords


eroticism; advertising; mutualism symbiosis

References


Aprilia, D. R. (2005). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan. Ilmu Komunikasi, 1, 41-68.

Aziz, Z. (2010). Konstruksi Erotisme dalam Karya Eksperimental Media Audio. Visual. Jurnal Komunikator, 2(2), 111-127.

Candrawati, N. L. K. (2019). Analisis Gaya bahasa Iklan Kosmetika dan Obat-obatan Berbahasa Indonesia pada Media Cetak di Bali. Widyadari, 20(2), 175-189. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517899

Christianna, Aniendya. (2012). Komodifikasi Fitur Tubuh Perempuan dalam Iklan Produk Makanan (Studi Kasus tvc Timtam Slam dan Timtam Crush), http://repository.petra.ac.id/157471/1/Publikasi-_ 10024_455.pdf.

Jaman, Emmi. 2021. Persepsi Masyarakat Kabupaten Sidrap terhadap Iklan Erotis di Televisi. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hapsah, M. (2013). Globalisasi Erotika Media: Studi Kritis Terhadap Etika Seksualitas Iklan Televisi. Jurnal Etika dan Pekerti, 1(2).

Ireneus Lyon Yuniman Bagut. (2019). Penggunaan Bahasa dalam Iklan Minuman di Youtube. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2, 50-62. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.586

Jaya, B., & Aceh, K. (2018). Representasi Eksploitas Perempuan dalam Iklan New Era Versi Boots pada Media Televisi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP, 3(1), 168-179.

Kristiani, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 24(2), 196 - 201.

Riani, R. (2015). Kajian Wacana Iklan Pada Pesan Singkat (Sms). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 4(1), 47. https://doi.org/10.26499/rnh.v4i1.24

Saputra, R. (2009). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Iklan Politik. Konfgres Bahasa Indonesia.

Septiani. R. (2014). Analisis Wacana Isi Pesan Iklan Politik Pemilihan Kepada Daerah DKI Jakarta di Media Internet. Jurnal The Messenger, VI(1), 56-65. https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.170

Sukma, B. P. (2018). Sistem Appraisal pada Slogan dalam Kain Rentang Kampanye Politik Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten dan Kota Bogor. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), 132. https://doi.org/10.26499/rnh.v7i2.603

Wahyuningratna, R. N., & Saputra, W. T. (2018). Ragam Presentasi Iklan Sensual di Televisi (Kajian Semiotika Roland Barthes). Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1-13.

Wahyuningsih, S. (2012). Efek Komodifikasi Perempuan Dalam Iklan : Perspektif Psikologi Komunikasi. Pamator, 5(1), 30-40.

Winata, I. N. (2012). Hegemoni Maskulinitas Dalam Iklan Minuman Berenergi (Analisis Semiotika Extra Joss dan Kuku Bima Ener-G). Jurnal Ilmiah Komunikasi, 3(1), 42-49. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/dinsain/article/view/95/92

Wulandari, K., Sulissusiawan, A., & Syahrani, A. (2019). Penggunaan Diksi dalam Cerita Fantasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1-9.

Yuliantini. T. (2019). Kajian Stelistika terhadap Diksi dalam Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail Serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Bahasa indonesia di SMK. Wistara, 11(1), 36-45.

https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.45-59




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.