Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Desain Student Active Learning Kombinasi Synchronous dan Asynchronous

Yeti Heryati

Abstract


The purpose of this research is to create an online learning design based on student active learning to improve students' speaking skills. The type of research used is Research & Development (R&D) method development research in the field of education. The stages carried out are limited to the stages of information gathering, planning, and making initial products. This learning is designed based on the foundational study and literature data about online learning, student active learning, and speaking. The result of the research is an online learning design. The online learning is done by combining synchronous and asynchronous with zoom meeting, google meeting, mentimeter, mindmup, and jamboard applications. The stages go through five stages, namely ICARE, namely Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extention. Learning activities that support speaking skills include four activities, namely telling pictures, compiling concept maps, creating scenarios, and role playing.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini membuat desain pembelajaran daring berbasis student active learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan metode Research & Development (R&D) dalam bidang pendidikan. Tahap yang dilakukan dibatasi pada tahap pengumpulan informasi, perencanaan, dan pembuatan produk awal. Pembelajaran ini dirancang berdasarkan studi pendaluhuan dan data literatur tentang pembelajaran daring, student active learning, dan berbicara. Hasil penelitian didapatkan sebuah desain pembelajaran daring. Pembelajaran daring tersebut dilakukan dengan cara kombinasi synchronous dan asynchronous dengan aplikasi zoom meeting, google meeting, mentimeter, mindmup, dan jamboard. Tahapannya melalui lima tahap, yakni ICARE, yakni Introduction (mengenalkan), Connection (menghubungkan), Application (menerapkan), Reflection (merefleksikan), dan Extention (mengembangkan). Kegiatan pembelajaran yang mendukung keterampilan berbicara meliputi empat kegiatan yakni menceritakan gambar, menyusun peta konsep, membuat skenario, dan bermain peran.


Keywords


kemampuan; berbicara; student active learning; synchronous; asynchronous.

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R and Gall, M. D. (2003). Educational reseacrh an introduction (4th edition). Longman Inc.

Brown, H. D. (2010). Language Assessment Principles and Classroom Practice (Second Edi). Language Assessment Principles and Classroom Practice.

Burns, A., & Joyce, H. (1997). Focus on speaking. National Center for English Language Teaching and Research. Sydney.

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning. American Society and Training & Development. Hasbullah, M. N. (2022). Langkah-Langkah Penerapan Pembelajaran Syinchronous, Asyinchronous,

Dan Blanded Learning. Jurnal Tunas Aswaja, 1(2), 67-80.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392

Hornby, A. S. (1995). Oxford advanced learner's dictionary (5th Ed.). London: Oxford University Press.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Khotimah, D. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Kelas VII SMP dengan Media Pembelajaran Flashcard. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7(3), 1-6.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Kompas. (2020). Survei SMRC: 67 Persen Responden Kesulitan Sekolah Online, diakses pada 10 Agustus 2023. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/18/21335871/survei-smrc-67-persen-responden-kesulitan-sekolah-online?page=all.

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61

Matondang, J. R., Saragih, C., Program, M., Pendidikan, S., & Dasar, S. (2021). Implementasi media kartu kosakata dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas v sd negeri 096113 tanjung saribu. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, 2(12), 29-34. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/509

Morrison, G.R, dkk. 2001. Designing Effective Instruction (3rd ed). New York, NY: John Wiley. Nurgiyantoro, Burhan, 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarya: Gadjah Mada University Press.

Mulyaningsih, I., Rahmat, W., Maknun, D., & Firdaus, W. (2022). How Competence of Production, Attention, Retention, Motivation, and Innovation Can Improve Students' Scientific Writing Skills. International Journal of Language Education, 6(4), 368-385.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286-291.

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470-2477. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864

Rahmawati, W. A., Nurmanik, T., & Megawati, M. (2019, November). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Permainan Menebak. dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Republik Indonesia, (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://doi.org/10.33474/yur.v4i2.11239

Republik Indonesia, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Richards, J.C. and Rodgers, T. . (2014). Approaches and Methods in Language TeachingApproaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781009024532

Rofiudin, M. R., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2023). Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 211-222. https://doi.org/10.19105/-rjpai.v4i1.7786

Romadhon, S., Saputra, A. W., & Nurhuda, D. A. (2022). Tinjauan Pragmatik Siber Pada Acara Virtual Doa Lintas Agama Pray from Home untuk Mengatasi Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(2), 319-338. https://doi.org/10.26499/rnh.v11i2.5195

Sa'diyah, N. P., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 552-563. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1236

Siahaan, M. M. (2021). The Effects of Google Classroom in Learning Syntactic Structure. Syntax Literate. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(3), https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2203

Silberman, M. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Nusamedia. Sugiyono. (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematikaal, 3(2), 40-54.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Syach, A., Sugandi, D., & Dwiahna Heka Putra, F. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Metode Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(2), https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.191

Wahyuni, D., Nurhuda, D. A., & Harini, H. (2022). Pengaruh Faktor Internal terhadap Kemahiran Berbahasa Indonesia Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Menengah di DKI Jakarta. Sawerigading, 28(2), 157-167. https://doi.org/10.26499/sawer.v28i2.1060

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113-122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf

Yulia Khurriyati, Fajar Setiawan, & Lilik Binti Mirnawati. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadaphasil Belajar Siswami Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII, 1-104. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.