Efektivitas Penggunaan Multimedia Tutorial di Youtube terhadap Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah

Nini Ibrahim, Prima Gusti Yanti, Aisyah Ramadhani, Rr. Sulistyawati, Nur Amalia

Abstract


Teachers can utilize multimedia tutorials on YouTube as a supportive learning medium. These multimedia tutorials have a positive effectiveness in improving the ability to write scientific articles. This media also facilitates students' understanding in composing scientific articles. The research aims to determine the presence and magnitude of the influence of multimedia tutorials on YouTube on the ability to write scientific articles, as well as the differences compared to conventional media (print media). The research adopts method  a quasi-experimental design, and nonprobability sampling technique is used to determine the sample. The research findings indicate that multimedia tutorials on YouTube are more effective than print media in teaching scientific article writing. The results show that the average score for writing articles using multimedia tutorials on YouTube is 85.20%, while using print media is 75.93%. Furthermore, the obtained significance value is 0.000, which is smaller than 0.05. In conclusion, there is a significant influence of multimedia tutorials on YouTube on the ability to write scientific articles students at pascasarjana UHAMKA.

 

Abstrak

Pengajar dapat memanfaatkan multimedia tutorial di YouTube sebagai media penunjang pembelajaran. Multimedia tutorial ini memiliki efektivitas positif dalam peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah. Media ini juga mempermudah pemahaman mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah. Tujuan penelitian ingin mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh multimedia tutorial materi di Youtube terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah serta perbedaannya dengan menggunakan media konvensional (media cetak). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Teknik Nonprobability sampling digunakan dalam penentuan sampel. Didapati hasil penelitian yaitu multimedia tutorial materi di YouTube lebih efektif dibandingkan dengan media cetak pada materi penulisan artikel ilmiah. diperoleh hasil menulis artikel antara menggunakan multimedia tutorial materi di YouTube dengan rata-rata sebesar 85.20%, sedangkan menggunakan media cetak sebesar 75.93%. Diperoleh juga nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Simpulan yang diambil yaitu adanya pengaruh multimedia tutorial materi di Youtube terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pascasarjana UHAMKA. 


Keywords


multimedia; tutorial; YouTube; ability; writing; article

Full Text:

PDF

References


Aillerie, K., & McNicol, S. (2018). Are Social Networking Sites Information Sources? Informational Purposes of High-School Students in using SNSs. Journal of Librarianship and Information Science, 50(1), 103-114.

https://doi.org/10.1177/0961000616631612

Anggraeni, R. D., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101.

https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Aulia, T., & Pramegia, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Pada Video Tutorial Makeup Rachel Goddard Terhadap Tingkat Pengetahuan Tata Rias Mahasiswi Akademi Sekretari Budi Luhur. PANTAREI, 2(1).

Bhatia, A. (2018). Interdiscursive Performance in Digital Professions: The Case of YouTube Tutorials. Journal of Pragmatics, 124, 106-120.

https://doi.org/10.1016/j.pragma.2017.11.001

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407.

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2).

https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.328

Gopikrishna, V. (2010). a Report on Case Reports. Journal of Conservative Dentistry: JCD, 13(4), 265.

https://doi.org/10.4103/0972-0707.73375

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya Pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar Mipa, 9(1).

https://doi.org/10.29303/jpm.v9i1.38

Hilmi, D. B. (2016). Pengaruh Media Video Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD di Kelurahan Tamansari Jakarta Barat (Studi Eksperimen di Kelurahan Tamansari). (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Manullang, J. (2017). Membangun Daya Nalar dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Generasi Kampus, 7(1).

https://doi.org/10.22219/progresiva.v7i1.7401

Ma'ruf, M. H., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6-12.

https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.3914

Mukhtazar. (2012). Teknik Penyusunan Skripsi. Yogyakarta: Absolute Media.

Napitupulu, D., et.al., (2020). Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta)

Prayatna, I. P. A. D., Sudiarta, I. G. P., & Gita, I. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 40-51.

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19894

Rackaway, C. (2012). Video Killed the Textbook Star?: Use of Multimedia Supplements to Enhance Student Learning. Journal of Political Science Education, 8(2), 189-200.

https://doi.org/10.1080/15512169.2012.667684

Rafianti, I., Setiani, Y., & Yandari, I. A. V. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).

https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3759

Rohmaniyyah, A. (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Tutorial terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas X MA DDI CITTA Kabupaten Soppeng. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rusmiyati, I. (2014). Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142-152.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157

Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9-16.

https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Wulandari, P. A. (2021). Pengaruh Video Blog Mekap Tutorial Pada Youtube Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).Suprayitno, A. (2019). Pedoman Penyusunan dan Penulisan Jurnal Ilmiah bagi Guru. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.4554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.