Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi

Hindun Hindun, Ahmad Bahtiar, Maryelliwati Maryelliwati, Elvi Susanti, Aniek Irawati, Muhammad Jabl An Nur

Abstract


Learning during the pandemic is changing from face-to-face to distance learning (PJJ). The system changes learning, including Indonesian language in universities, which has an impact on students and lecturers. For this reason, in addition to being supported by adequate infrastructure, PJJ must use an appropriate model so that learning is effective so that learning objectives are achieved. During the pandemic, Indonesian language learning at the Universtas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran  Jakarta used the project based learning model. With this model, not only learning becomes effective but also increases student creativity so that they can produce various products in the form of writings in scientific publications and various mass media articles. Each student is not only able to write one article but two or three articles during the lesson. This model is expected to continue to be used and developed so that Indonesian language learning becomes interesting and of high quality.

 

Abstrak

Pembelajaran selama pandemi mengubah dari tatap muka langsung menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Perubahan tersebut mengubah sistem pembelajaran termasuk bahasa Indonesia di perguruan tinggi yang berdampak pada mahasiswa dan dosen. Tujuan penelitian ini adalah membuat pembelajaran menjadi lebih efektif sebab kreativitas mahasiswa didorong untuk menghasilkan berbagai produk tulisan yang bisa dipublikasikan di media massa. Melalui PJJ selama pandemi, maka project based learning menjadi model yang tepat dalam melakukan metode penelitian di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua mahasiswa bisa mempublikasikan produk tulisannya berupa artikel selama pembelajaran. Dengan demikian, ketersediaan infrastruktur pada perguruan tinggi ini dapat mewujudkan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi menjadi lebih berkualitas.


Keywords


Project Based Learning, Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, R., Sujarwanto, E. & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics. 3(1): 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Assegaff, A. dan Sontani, U.T. (2006). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis melalui Model Problem Based Learning (PLB). Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1): 27–35. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesia Journal of Islamic Education 6(1): 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Bahtiar, A., Nuryani., & Hudaa. (2019). Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Bogor: In Media.

Efrimal, F., Kurnia, N., dan Wasidi. (2017). Penerapan Model project based learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kecermatan dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7(22): 48–61. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18385

Falaisufa, F., Haryadi., & Nuryatin, A. (2022). Problematika Bahasa Indonesia yang Kurang Diminati oleh Peserta Didik. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia. 6(2): 539–544.

Fuadin, A. (2016). Kontribusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Masyarakat Asean. Semantik 5(1): 1–11. https://doi.org/10.22460/semantik.v5i1.p1%20-%2011

Hanum, F., Harahap, N. J., Hasibuan, E. R, dan Hasibuan, M. N. S,. (2020). Pembelajaran Mata Kulia Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi di Perguruan dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Education and Development 8(3): 33–36.

Hilaliyah, H. (2015). Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v2i1.375.g358

Hudaa, S., Bahtiar, A., and Nuryani, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa 9(2): 374–85. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2361

Hudaa, S. dan Bahtiar, A. (2021). Peran Ibu dalam Menyukseskan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis Aplikasi Digital. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender. 17(2): 111–118. https://doi.org/10.15408/harkat.v17i2.22960

Ibda, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Populer pada Mahasiswa Melalui Program Satu Mahasiswa Satu Karya (SAMA SAYA). Nusa: Jurnal Bahasa dan Sastra. 14(3): 405–416. https://doi.org/10.14710/nusa.14.3.405-416

Indragani, K.D.P., Mustika, I.M., & Tantri, A.A.S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 11(2): 482–490. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Isma, T.W., Putra, R., Wicaksana, T.I., Tasrif, E. & Huda, A. (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1): 60–71. https://dx.doi.org/10.23887/jipp.v6i1

Khoiruman, M.A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Linguistik. 9(2): 51–62. https://doi.org/10.35796/kaling.9.2.2021.38949

Kuntarto, E. (2017). Keefektivan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature 3(1): 99–110. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/ileal.v3i1.1820?domain=https://www.syekhnurjati.ac.id

Mardiyatna, Y. (2022). Pemanfaatan Cerita Rakyat dalam Keterampilan Berbahasa. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4(2): 88–96. https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.292

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan 1(1): 150–68. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Nafiah, Y.N. dan Suwanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1): 125–143. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2): 80–90. https://doi.org/10.24853/pl.4.2.80-91

Nuryani, N., dan Bahtiar, A. (2019). Peran WKWU Bahasa Indonesia Sebagai Penguat Identatas dan Nasionalisme (Studi Pelaksanaan WKWU Bahasa Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(2): 231–244. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.8370

Nusantari, S. S.,dan Sumarwati, A. A., (2020). Pembelajaran Bahada Indonesia Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Nur Hidayah Sukoharjo. Basastra, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 8(2): 206–14. https://doi.org/10.20961/basastra.v8i2.45312

Peraturan Rektor UPN-VJ No. 15 tahun 2020. https://www.upnvj.ac.id/id/e-arsip/2020/peraturan-rektor-nomor-15-tahun-2020-tentang-peraturan-akademik.htm

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., and Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia 6(1): 60–71. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pendidikan Tinggi.

Riyanti, A., dan Paramida, W. C., (2020). Analisis Pengguanaan Media E-Learning Mata Kuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa FKIP UBT Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development 8(4): 82–87. https://doi.org/10.37081/ed.v8i4

Sahril, M., Azis, C.N., dan Kamilah, A. (2020). Enhancing Speaking Skills of EFL Students Through Debate. Tarling: Journal of Language Education 4(2): 1–18. https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.3822

Sari, A. P. I. S, dan Mayrita, H., (2020). Variasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Bina Darma di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 13(2): 66–75. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v13i2.1179

Sujinah, S. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid -19. Stilistika : Jurnal Pendidikan dan Bahasa 13(2): 256–71. https://dx.doi.org/10.30651/st.v13i2.5444

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza. 2(1): 43–52.

Yuliati, E dan Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 3(2): 399–408. https://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.