REPRESENTASI CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN DALAM IKLAN POLITIK LUAR RUANG PARTAI DEMOKRAT

Tri Sulityaningtyas

Abstract


Hiruk pikuk pemilu yang baru berlangsung membawa beberapa hal yang menarik. Salah satu hal yang layak untuk diteliti adalah iklan politik. Iklan politik merupakan sarana utama aktivitas politik dalam mendulang dukungan pemilih. Para tokoh politik berlomba-lomba menggunakan iklan sebagai media mencitrakan diri sebagai sosok pemimpin bangsa yang ideal sehingga laik untuk dipilih dalam pemilu. Di dalam iklan politik, bahasa menjadi media yang ampuh untuk menanamkan ideologi, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan. Berbagai piranti kebahasaan dimanfaatkan untuk meraih simpati, menarik perhatian, membentuk persepsi, mengendalikan pikiran, perilaku, serta nilai yang dianut khalayak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana cara capres-cawapres dari partai Demokrat merepresentasikan dirinya dalam bahasa iklan politik pemilu di Indonesia. Selain itu, akan dikaji pula penggunaan manipulasi bahasa iklan demi meraih berbagai kepentingan politik. Dalam tulisan ini juga akan dibahas pola relasi antara capres-cawapres dan konstituen pemilih. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil bahwa kandidat capres dan cawapres partai Demokrat direpresentasikan sebagai sosok yang bersih, selalu berjuang untuk rakyat, merupakan presiden pilihan, berkomitmen untuk membangun pemerintahan bersih, dan berkomitmen untuk membangun rakyat Indonesia.

Keywords


representasi, relasi, dan manipulasi

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2003. Analisis Wacana. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

-----------. 2006. Analisis Wacana Pengantar analisis teks media. Yogyakarta : LKiS Pelangi Aksara.

Fairclough, N. 1995. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Harlow-Essex: Longman Group Limited.

------------. 2003. Analysing Discourse Textual Analysis for Social Research. London & New York: Routledge.

Jazeri. 2009. “Menabur Bahasa, Menuai Kuasa (Memahami Relasi Bahasa dan Kekuasaan dalam Iklan Politik)”. www.Jeyrenggono.com (diunduh 14 Oktober 2011).

Leeuwen . 2008. Discourse and Practice New Tool for Critical Discourse

Analysis. New York: Oxford University Press.

Piliang, Yasraf Amir. 2005. Transpolitika Dinamika Politik di dalam Era

Virtualitas. Yogyakarta : Jalasutra.

Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sulistyaningtyas, Tri. 2014. “Representation of Legislative Member Candidates of Partai Demokrat on Their Outdoor Political Advertising” dalam International Journal of Linguistics, Vol. 6, No. 2, April 2014, Canada.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Iklan Politik dalam Realitas Media. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v3i1.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.