KETAKSANTUNAN KOMENTAR PADA LAMAN BERITA YAHOO: SEBUAH PENDEKATAN PRAGMATIK

Edi Setiyanto

Abstract


Kajian ini membahas tuturan tak santun. Tuturan tak santun adalah tuturan yang melanggar muka positif atau muka negatif lawan tutur. Data diambil dari kolom Komentar laman Yahoo Berita Indonesia yang diunggah pada Mei—Agustus 2012. Kajian bertujuan mendeskripsi ketaksantunan berdasarkan bidal penyebab. Kajian ini bersifat pragmatik dengan memanfaatkan teori parameter pragmatik dan terori muka yang dikemukakan Brown dan Levinson (1987). Penerapan teori dimaksudkan untuk memastikan santun tak santunnya sebuah tuturan. Pada analisis diterapkan metode agih (lih. Sudaryanto, 1993). Penerapan metode agih dimaksudkan untuk melihat ketaksantunan dalam hubungan dengan fenomena lingualnya. Berdasarkan kajian diketahui bahwa ketaksantunan pada kolom Komentar terjadi karena penggunaan bidal-bidal pelanggar muka. Pada muka positif berkenaan dengan penggunaan kedelapan bidal, yaitu penghinaan, penolakan, keemosionalan, ketabuan, kesombongan, sara, pengabaian, atau salah penyapaan. Pada muka negatif berkenaan dengan penggunaan dua bidal, yaitu perintah atau kebencian. Ketaksantunan pada muka negatif karena penggunaan bidal penagihan tidak ditemukan.

Keywords


muka positif, muka negatif, parameter pragmatik, bidal

References


Alwi, Hasan dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunarwan, Asim. 1997. “Tindak Tutur Mengkritik dengan Parameter Umur di Kalangan Penutur Jati Bahasa Jawa: Implikasinya pada Usaha Pembinaan Bahasa” dalam Prosiding Kongres Bahasa Jawa II: Buku II Makalah Bahasa. Surabaya: Pemerintah Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur

Brown, penelope dan Stephen C. Levinson. 1987. Politeness: Some universals in language usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. London: Cambridge University Press.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Thomas, Linda dan Shan Wareing. 1999. Terj. Sunoto dkk. 2007. Bahasa, Masyaraka, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardhaugh, Ronald. 1986. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Basil Blackwell.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.