MODEL PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS PADA IKLAN DI STASIUN TELEVISI INDONESIA

Sany Rohendi Apriad, Vina Fatimah Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan iklan di stasiun televisi di Indonesia yang lebih memilih menggunakan bahasa Inggris dalam mengemas suatu iklan agar lebih menarik perhatian pemirsanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Data yang diteliti adalah fakta bahasa yang terkandung dalam iklan di media televisi di Indonesia. Penelitian ini akan menggambarkan situasi kebahasaan seperti campur kode, alih kode dan bahasa tunggal yang disebabkan oleh penggunaan bahasa Inggris dalam iklan di mana ketiga situasi kebahasaan tersebut terklasifikasikan pada model-model penggunaan bahasa Inggris seperti (1) percakapan yang menggunakan bahasa Inggris, (2) slogan iklan yang menggunakan bahasa Inggris, (3) pertanyaan artis/aktor kepada pemirsa yang menggunakan bahasa Inggris, (4) penamaan produk barang dengan menggunakan bahasa Inggris, (5) monolog yang menggunakan bahasa Inggris dan (6) nyanyian yang menggunakan bahasa Inggris.

Keywords


bahasa iklan, bahasa Inggris, campur kode, alih kode, bahasa tunggal

References


Chaer Abdul, dan Agustina Leoni. Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdikbud. Kajian Semantik-Pragmatik terhadap Teks-teks dalam Slogan Film di Indonesia. [online] Tersedia http://repository.UMS.edu/

skripsilist. [20 Maret 2011]

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kushartanti, dkk. 2009. Pesona Bahasa-Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyati, Yeti . 2008. Penggunaan Bahasa dalam Slogan Iklan Film di Indonesia: Papan Iklan, Spanduk terhadap Perilaku Konsumen di Toko

Doorstech di Pabelan, Kartasura.[online] Tersedia:

http://repository.UMS.edu/skripsilist. [20 Maret 2012]

Satriyo, Arie. 2007. Analisis Pengaruh Media Promosi Pamflet, Selebaran,...

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad rohmadi. 2006. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis, Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.