Pengaruh Podcast (Siniar) Youtube terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara

Ummul Qura, Nini Ibrahim, Prima Gusti Yanti, Irwan Baadilla

Abstract


Currently, podcasts (Siniar) are programs that are very popular with the public, not students. Inside the program, there is a speaking activity which is a fundamental aspect for students. The problem that occurs in learning speaking skills is that conventional methods are still often used. Through the broadcast, it is hoped that learning activities will be more innovative and able to improve students' speaking skills. Thus, the purpose of the study was to see the effect of YouTube podcasts on students' speaking skills. The quantitative method applied in this research is quasi-experimental. The population used were all fourth-semester students of the Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UHAMKA. Determination of the sample with a non-probability sampling technique. The independent variable in this study is speaking skills, while the variable is the YouTube Podcast program. Data were collected through dissemination instruments in the form of questionnaires on Podcasts and speaking practice activities. The results showed that there was a constant regression coefficient score with a value of 0.296. This score means that if each student adds podcast activity, then speaking skills increase by 0.296. In other words, for every 1% increase in the value of the variable during podcast shows, the value of speaking skills increases by 0.296. Therefore, this study concludes that there is an effect between watching YouTube Podcasts on students' speaking skills.

 

Abstrak

Saat ini, podcast (siniar) menjadi acara yang banyak digemari oleh masyarakat, tidak terkecuali mahasiswa. Di dalam siniar ada kegiatan berbicara yang merupakan aspek yang fundamental bagi mahasiswa. Masalah yang terjadi dalam pembelajaran keterampilan berbicara adalah masih seringnya metode konvensional digunakan. Melalui siniar, diharapkan kegiatan pembelajaran lebih inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa. Dengan demikian, tujuan pada penelitian untuk melihat pengaruh podcast YouTube terhadap keterampilan berbicara mahasiswa. Metode kuantitatif yang diterapkan di penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UHAMKA. Penentuan sampel dengan teknik nonprobability sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah keterampilan berbicara, sedangkan variabel terikat yaitu acara Podcast YouTube. Data dikumpulkan melalui penyebaran instrumen berupa angket pada Podcast dan kegiatan praktik berbicara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat konstanta skor koefisien regresi dengan nilai 0,296. Skor ini bermakna bahwa tiap-tiap mahasiswa melakukan penambahan aktivitas menonton acara podcast, maka keterampilan berbicara meningkat sebesar 0,296. Dengan kata lain, setiap penambahan sebesar 1% nilai variabel saat menonton acara podcast, maka nilai keterampilan berbicara bertambah sebesar 0,296. Oleh karena itu, simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh antara menonton acara Podcast YouTube terhadap keterampilan berbicara mahasiswa.


Keywords


podcast; youtube; speaking skills; student

References


Adnan, I., & Iskandar, D. (2020). Studi Netnografi Belajar Membuat Podcast Pada Komunitas The Podcasters di Media Social Discord. Journal Syntax Transformation, 1(9), 619-623. https://doi.org/10.46799/jst.v1i9.151

Ali, M. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Pustaka Cendekia Utama.

Ammarie, R. H., & Nurfebiaraning, S. (2018). Pengaruh Iklan Pop-Up Bukalapak Versi Pahlawan Pada YouTube terhadap Sikap Khalayak. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 78-94. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12871

Andari, R. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Model Quantum Learning Berbantuan Media Podcast (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas XI RPL A SMK Negeri 1 Cimahi Tahun Ajaran 2019/2020). Universitas Pendidikan Indonesia.

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Daniati, A. S., Mardjohan, A., & Piscayanti, K. S. (2018). The Use of Podcast to Improve Students' Speaking Competency of Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Amlapura. Lingua Scientia, 23(2), 34-46. https://doi.org/10.23887/ls.v23i2.16073

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256-267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1). https://doi.org/10.24198/jkj.v1i1.10562

Firmansyah, M. B. (2018a). Konseptualisasi Pembelajaran Sastra Digital. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(1), 21-27. https://doi.org/10.31227/osf.io/f3z62

Firmansyah, M. B. (2018b). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119-125. https://doi.org/10.31227/osf.io/ebx9j

Hennig, N. (2017). Podcast literacy: Educational, Accessible, and Diverse Podcasts for Library Users. Library Technology Reports, 53(2), 1-42.

Heshmat, Y., Yang, L., & Neustaedter, C. (2018). Quality'Alone'Time through Conversations and Storytelling: Podcast Listening Behaviors and Routines. In Graphics Interface, 76-83.

Hidayatullah, S., Damayanti, R., & Harjanti, F. D. (2021). Pola Alih Tutur Pada Podcast Deddy Cobuzier: Pola Alih Tutur Pada Podcast Deddy Cobuzier. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 8(1), 41-52. https://doi.org/10.36456/bastra.vol8.no1.a4133

Hudaa, S., Djihadah, N., & Firdaus, W. (2021). Kesalahan Berbahasa yang Dianggap Kelaziman dalam Karya Tulis Ilmiah. DIALEKTIKA, 8(1).

Ibrahim, N., Qura, U., & Amalia, N. (2022). Kebiasaan Menonton Vlog Diari Dan Korelasi Terhadap Keterampilan Retorika Mahasiswa (Habits of Watching Vlog Diary and the Correlation to the College Student's Rhetoric Skills). Sawerigading, 28(1), 81-90. https://doi.org/10.26499/-sawer.v28i1.1004

Kencana, W. H. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand: Studi Deskriptif Podcast di Indonesia. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 191-207. https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1547

Lundström, M., & Lundström, T. P. (2021). Podcast ethnography. International Journal of Social Research Methodology, 24(3), 289-299. https://doi.org/10.1080/13645579.2020.1778221

Marcu, M. (2019). The Podcast as a Form for the Distribution of the Radio Product. International Journal of Communication Research, 9(1), 80-84.

Martianto, R. W. U., & Toni, A. (2021). Analisis Semiotika Gaya Komunikasi Milenial Bambang Soesatyo melalui YouTube Podcast. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 13-28. https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2351

Nurulloh, M. I. Sastromihardjo, A., & Abidin, Y. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Siniar (Podcast) dalam Pembelajaran Berbicara. In Seminar Internasional Riksa Bahasa, 181-185.

Phillips, B. (2017). Student-produced podcasts in language learning-exploring student perceptions of podcast activities. IAFOR Journal of Education. https://doi.org/10.22492/ije.5.3.08

Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara: Teori dan Aplikasi. In Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Penerbit NEM.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadapb Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Rahman, A., Atmowardoyo, H. K., & Salija. (2018). Podcast Effects on EFL Learners' Listening Comprehension. ELT Worldw. J. English Lang. Teach., vol. 5, no. 2, p. 151,. ELT Worldw. J. English Lang. Teach, 5(2), 151. https://doi.org/10.26858/eltww.v5i2.7374

Rahman, A., & Azwan, A. (2022). Pelatihan penggunaan podcast dan audiobook untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta kursus di LKP-MEC Namlea. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 1-6. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.963

Senduk, D. D., Tjahyana, L. J., & Budiana, D. (2020). Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Channel Deddy Corbuzier di Youtube. Jurnal E-Komunikasi, 8(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Alfabeta).

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832

Triputra, D. R., & Kurniawan, P. Y. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(1), 18-25. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.54

Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang dan Tantangan. KomunikE, 2(210), 234. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739

Wardani, A. W. P., Sabat, Y., & Aisyah, S. (2022). Code Mixing Analysis: Case Study Of Livy Renatta On Deddy Corbuzier's Youtube Channel. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 9-19.

Watkins, J., & Wilkins, M. (2011). Using YouTube in the EFL classroom. Language Education in Asia, 2(1), 113-119. https://doi.org/10.5746/LEiA/11/V2/I1/A09/Watkins_Wilkins

Wiyanti, E. (2015). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6(2), 89-100.

Zellatifanny, C. M. (2020). Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 117-132. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050202




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i2.5147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.