Problematika Pembelajaran Bahasa Sunda Dimensi Linguistik dan Nonlinguistik

Opah Ropiah, Fahmi Rakhman, Fajar Sukma Nur Alam

Abstract


The purpose of this research is to find out the problems of learning Sundanese in linguistic and non-linguistic dimensions. The method used is a descriptive method with a qualitative research type. Sources of data in this study were the deputy head of curriculum, Sundanese language teachers, and class X students. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The instruments used were stationery, interview guides, cell phones, and questionnaires. Data analysis using content analysis. The results of this study are 1) Problems of learning Sundanese language linguistic dimensions phonological errors in 72 cases with a percentage of 53.33%, syntactic errors in 75 cases with a percentage of 55.5%, syntactic errors in 80 cases with a percentage of 59.2, lexical errors -Semantic 20 cases with a percentage of 15%.; 2) The problems of learning Sundanese in the non-linguistic dimension have several obstacles in the implementation of the 2013 curriculum, the teacher's learning model is still monotonous, the teacher's understanding of IT is still lacking, the learning media is still limited, and there is still a lack of student interest and motivation in learning languages.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Sunda dimensi linguistik dan nonlinguistik. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru bahasa Sunda, dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu alat tulis, pedoman wawancara, handphone, dan angket. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Problematika pembelajaran bahasa Sunda dimensi linguistik terdiri dari kesalahan fonologi sebanyak 72 kasus dengan persentase 53,33%, kesalahan morfologi sebanyak 75 kasus dengan persentase 55,5%, kesalahan sintaksis 80 kasus dengan persentase 59,2%, dan kesalahan leksiko-semantis 20 kasus dengan persentase 15%; 2) Problematika pembelajaran bahasa Sunda dimensi nonlinguistik terdapat beberapa kendala dalam penerapan kurikulum 2013, model pembelajaran guru yang masih monoton, pemahaman guru terhadap IT masih kurang, media pembelajaran masih terbatas, dan masih kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar kebahasaan. 


Keywords


problematic; learning; Sundanese language

Full Text:

PDF

References


Baity, N., Soleh, D. R., & Winarish, E. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Linguistik pada Surat Resmi di Universitas PGRI Madiun. Widyabastra, 9(2), 25-32.

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11660

Dwi Nurwicaksono, B., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Konteks Ilmiah Mahasiswa. Aksis: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153. https://doi.org/10.21009/AKSIS

Fatimah, F. N., Purnamasari, D., Pratiwi, D., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tuturan Pembawa Acara Dan Bintang Tamu Dalam Talk Show Hitam Putih Yang Berjudul "Fenomena Kanjeng Dimas." Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah), 1(5), 775-786.

Gani, S., & Arsyad, B. (2018). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik). 'A Jamiy (Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab), 7(1), 1-20.

https://doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018

Gati, S., & Arsyad, B. (2018). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa. 'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 07(1), 1-20.

https://doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018

Ghozali, D. D. (2021). Analisis Morfo-Semantik Penggunaan Istilah Berbahasa Arab dalam Jejaring Sosial Instagram. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 63-79. https://doi.org/10.52593/klm.02.1.05

Ginting, H., & Ginting, A. (2019). Beberapa Teori dan Pendekatan Semantik. Media Publikasi Ilmiah UNIKA, 2(2), 71-78.

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.594

Hafsari, A., & Firdaus, W. (2018). Variasi Dan Relasi Semantis Leksikal Bahasa Sunda Lulugu: Analisis Diakronis Data Lingual (Lulugu's Variations And Lexical Semantic Relationships Lulugu: Diachronic Analysis Of Lingual Data). Kadera Bahasa, 10(1), 1-8.

https://doi.org/10.47541/kaba.v10i1.39

Hanafy, Muh. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hartati, M. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 15(1), 116-127.

Hasibuan, A. (2015). Perbedaan Teori Linguistik Ferdinand De Saussure dan Noam Chomsky. Metamorfosa, 3(2), 21-25.

Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendiidkan Matematika, 1(1), 2-16.

https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452

Idora, M., Mustafa, M. N., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik Dimensi Linguistik, 1(1), 8-18.

Khalwani, A., Hasyim, M. Y. A., & Miftahudin, A. (2017). Kata Bermakna Hujan dalam Al-Quran (Tinjauan Semantik dan Stilistika). Lisanul Arab, 6(1), 1-5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa

Kinanti, L. P., & Sudirman. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI sma negeri di kota bandung. Sosetas, 7(1), 341-345.

https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347

Kuntarto, E. (2017). Telaah Linguistik untuk Guru Bahasa. http://www.kosmaext.2010.com

Kurniawan, A., Kaharuddin, N. N., Afriana, Sari, P. L. P., Susanto, & Kusmiran. (2022). Linguistik Umum (Oktavianis, Ed.). PT. Global Eksekutiv Teknologi.

Limbong, I. Br., & Yulianto, A. (2021). Interferensi Bahasa Sunda & Betawi dalam Bahasa Indonesia pada Dialog Film Imperfect The Series. Sapala, 8(3), 69-74.

Mabarti, A., & Ropiah, O. (2016). Analisis Kata Homonim dalam Kamus Bahasa Sunda LBSS dan Kamus Bahasa Indonesia KBBI (Kajian Leksikal Semantis). JALADRI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah), 2(1), 17-27.

Nasution, S. (2017). Pengantar Linguistik Bahasa Arab (Kholisonm, Ed.). CV. Lisan Arabi.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 306-319.

https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. TARBAWI : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 27-44.

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nurhasanah, I., & Ropiah, O. (2018). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Analisis Struktural Jeung Ajén Moral dina Novél Kembang Asih Di Pasantrén Karya Edyana Latief. JALADRI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah), 4(1), 1-18.

Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp93-104

Royani, A., & Mahyudin, E. (2020). Kajian Linguistik Bahasa Arab (S. Anwar, Ed.). Publica Institute Jakarta.

Sa'adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 15-32.

https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Shofiati, R., & Pujiastuti, A. (2016). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Dasar Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 4(1), 6-7.

Solihat, M., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Kajian Morfologis pada Pemberitaan Habib Rizieq Shihab Rekomendasinya sebagai Materi Menyusun Teks Berita Di SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3828-3838.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1259

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67-76.

Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Naskhi, 2(1), 40-58.

https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290

Tricahyo, A. (2021). Errot Analysis: Analisis Kesalahan dan Kekeliruan Berbahasa. CV Nata Karya.

Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Journal of Prospective Learning (Jurnal Pembelajaran Prospektif), 1(2), 9-19.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.5197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.