Deiksis pada Film “Jalan Yang Jauh, Jangan Lupa Pulang”: Kajian Pragmatik

Gazali Gazali, Kadek Adi Mahera

Abstract


The aim of this study is to identify and analyze the form and meaning of deixis in the film Jalan Yang Panjang, Don't Forget to Go Home (JyJJLP). The research method used in this study is descriptive qualitative with preparation procedures, data collection and data analysis. In the preparation stage, the researcher watched the JyJJP film many times until the film was understood well. Next, data collection was carried out by taking data from each scene. The next stage is data analysis carried out using a pragmatic approach. The results of the research found forms of deixis, namely, personal deixis with a total of 515 words, place deixis 35 words, time deixis 50 words, discourse deixis 23 words, and social deixis 35. Overall the number of deixis in the film was found to be 658 words. The use of persona deiksis dominates the number of deiksis uses. Of the 685 deiksis used in the film JyJJLP, 515 deiksis personas were found. The existence of personas in JyJJLP films creates close realism, clarifies perspective, and encourages empathy, showing the perspective from which a story is told. Furthermore, it is found in place, time, discourse and social existence. The meaning of each type of deixis contained in the JyJJLP film is that it has a meaning that refers to a character or individual, describes place and time, connects sentences and ideas so that the audience can understand how these ideas are connected to each other, and helps show the relationships between characters, helps build character and personality, norms and cultural values.

 

Abstrak

Tujuan kajian ini mengidentifikasi dan menganalisis bentuk dan makna deiksis dalam film “Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang” (JyJJLP). Metode penelitian yang digunakan pada kajian ini adalah deskriptif kualitatif dengan prosedur persiapan, pengumpulan data, dan analisis data. Pada tahap persiapan peneliti menonton film JyJJP berkali-kali hingga film tersebut dipahami dengan baik. Selanjutnya, dilakukan pengumpulan data dengan cara mengambil data dari setiap adegan. Tahap berikutnya adalah analisis data yang dilakukan dengan pendekatan pragmatik. Hasil penelitian ditemukan bentuk deiksis yaitu, deiksis persona dengan jumlah 515 kata, deiksis tempat 35 kata, deiksis waktu 50 kata, deiksis wacana 23 kata, dan deiksis sosial 35. Secara keseluruhan jumlah deiksis pada film ditemukan 658 kata. Penggunaan deiksis persona mendominasi jumlah pemakaian deiksis. Dari 685 deiksis yang digunakan pada film JyJJLP ditemukan 515 penggunaan deiksis persona. Deiksis persona dalam film JyJJLP menciptakan kedekatan realisme, memperjelas perspektif, mendorong empati, dan menunjukkan perspektif dari mana suatu cerita diceritakan. Selanjutnya, ditemukan deiksis tempat, waktu, wacana, dan deiksis sosial. Makna pada setiap jenis deiksis yang terdapat dalam film JyJJLP adalah mempunyai makna yang merujuk pada tokoh atau individu, menggambarkan tempat dan waktu, menghubungkan kalimat dan gagasan sehingga penonton dapat memahami bagaimana ide-ide tersebut terhubung satu sama lain, membantu menunjukkan relasi antar karakter, membantu membangun karakter dan kepribadian, norma, dan nilai budaya.


Keywords


Deixis; Film; Pragmatic

Full Text:

PDF

References


Adeira, A. T., Dardanila, & Siregar, A. (2023). Deiksis Persona dalam Film Ngeri-ngeri Sedap. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2).

https://doi.org/10.24114/bss.v12i2.46419

Amelia, Suherman E, K. U. (2019). Vol. 9, Number 2, 2019. Journal of Business Management and Accounting, 9(Number 2), 33-42. https://doi.org/10.32890/jbma2019.9.2

Asdar, D. (2021). Pembelajaran Pragmatik. CV. Semiotika.

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86.

https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Azizah, Nissaul; Khuluq, Endyka Fairuzal; Ardila, N. M. (2022). Deiksis dalam Film Melodylan : Analisis Pragmatik Berdasarkan Teori Levinson. Sinesis: Jurnal Bahasa, 1(1), 64-70. https://ejournal.sinesis.umk.ac.id

Fahrunisa, N., & Utomo, A. P. Y. (2020). Deiksis Persona dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer Produksi Starvision dan Wahana Kreator. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 21(2), 103. https://doi.org/10.19184/semiotika.v21i2.19763

Ginting, D. A., Barus, E. S., Tanjung, Y., & Lubis, F. (2023). Analisis Deiksis dalam Film "Losmen Bu Broto." Enggang : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 3 (2).

Hendrawaty, N., & Utfiansyah. (2016). Penggunaan Penggalan Film Frozen dalam Bahasa Inggris. Deiksis, 08(02), 172-179.

Huda, N., & Yunus, M. (2023). Analisis unsur Deiksis pada Film Lovely Man Karya Garin Nugroho. 566-572.

Klolanta, S., Ginting, B., Rosa, S., Pardosi, B., Pasaribu, S. M., Baru, L., Medan, U. N., Baru, K., Deli, K., & Utara, S. (2023). Deiksis pada Channel Youtube Official Hadiah Spesial Nadiem Makariem untuk Nono Si Jenius Matematika : 4, 174-189.

Maharani, R. A. M. A., & Suyata, P. (2019). Pengacuan Deiksis Persona dalam Cerpen pada Koran Suara Merdekaonline Edisi November 2018. Basastra, 8(3), 201. https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15871

Nadzifah, Z. N., & Utomo, A. P. Y. (2023). Tindak Tutur Perlokusi pada Dialog Film Keluarga Cemara Karya Yandy Laurens. Jurnal Komposisi, 5(2), 87. https://doi.org/10.53712/jk.v5i2.1774

https://doi.org/10.53712/jk.v5i2.1774

Narayuki, N. (2020). Analisis Dialog PercakapanPada Cerpen Kuda Putih dengan Judul "Surat dari Puri" :Sebuah Kajian Pragmatik "Deiksis." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 86-94.

Nuraeni, I., Yunidar, Y., & Ulinsa, U. (2022). Keragaman Kultur Film Kartun "Adit & Sopo Jarwo" dalam Perspektif Analisis Multimoda. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 359. https://doi.org/10.26499/jentera.v11i2.5316

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

https://doi.org/10.31237/osf.io/zah35

Pranowo, N. F. N., & Firdaus, W. (2020). Penggunaan Bahasa Nonverbal dalam Upacara Adat Pernikahan Gaya Yogyakarta: Kajian Simbolik Etnopragmatik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 35-55.

https://doi.org/10.26499/rnh.v9i1.2321

Pratiwi, C. L. I., & Utomo, A. P. Y. (2021). Deiksis dalam Cerpen "Senyum Karyamin" Karya Ahmad Tohari Sebagai Materi Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia. Lingua Susastra, 2(1), 24-33. https://doi.org/10.24036/ls.v2i1.22

Purwandari, M. M., Rakhmawati, A., & Mulyono, S. (2019). Bentuk dan Fungsi Deiksis dalam Tajuk Rencana pada Surat Kabar Solopos Edisi 2017 dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Teks Editorial di Sekolah Menegah Atas. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 186. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35500

Putra, Oza N. A & Palupi, M. T. (2022). Deiksis Persona dan Tempat dalam Film Nanti kita Cerita tentang Hari Ini Karya Angga Dwimas Sasongko dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Proseding PIBSI, 1998, 573-581.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Graha Ilmu.

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. Graniti.

Susanti, S. (2017). Struktur Sastra pada Film Rudy Habibie. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 319. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.637

Wahyuni, R. S., Wardarita, R., & Emmawati, E. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Moral dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 13(1), 1-17. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11163

Wahyuniarti, F. R. (2021). Jurnal Pendidikan Tambusai 2174. 5, 2174-2187.

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30-43.

Yule. (2006). Pragmatik. Pustaka Pelajar.

https://doi.org/10.46771/2366077500211_3

Yuliantoro, A. (2020). Analisis Pragmatik. UNWIDHA Press.

Yuniseefendri, S. &. (2014). Pragmatik. Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v13i1.5445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.