Representasi Tindak Tutur Negosiasi Penjual-Pembeli di Pasar Maricayya di Kota Makassar

Siti Suwadah Rimang, Maria Ulviani

Abstract


This study aims to explain variations in the use of seller refusal strategies and politeness of refusal speech acts in the context of negotiation. To realize the above objectives, this study was designed using a language functional approach with a qualitative descriptive research type. The research location was carried out in traditional markets in Makassar City. The research data is in the form of utterances. The techniques used in data collection were (1) recording and (2) interviews. Data analysis in this study used an interactive model which included the following stages: (1) data collection, (2) data reduction, (3) data presentation, and (4) verification and concluding. This method is expected to produce new theories related to the language of rejection at TKT 1-3 levels. The results of the study show that (1) the speech patterns of sellers and buyers in traditional markets in Makassar City found four patterns. Namely, call-answer patterns, request-information patterns, offer-rejection patterns, and offer-accept patterns, and (2) the forms of speech used by sellers and buyers, namely assertive speech which functions to state. Directive speech is divided into four purposes or objectives. Namely, command, beg, invite, and ask. Meanwhile, expressive speech is divided into three purposes or objectives. Namely, thanking, praising, and satirizing.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan variasi penggunaan strategi penolakan penjual dan kesantunan tindak tutur penolakan dalam konteks negosiasi. Untuk merealisasikan tujuan tersebut di atas maka, penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan fungsional bahasa dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Maricayya Kota Makassar. Data penelitian ini berupa tuturan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah (1) perekaman dan (2) wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang meliputi tahap: (1) pengumpulan data (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi serta penarikan kesimpulan. Dengan metode tersebut, maka dapat menghasilkan teori baru yang berkenaan dengan bahasa penolakan pada level TKT 1-3. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) pola tuturan penjual dan pembeli di pasar Maricayya Kota Makassr ditemukan empat pola, yaitu: pola panggilan-jawaban, pola permintaan informasi-pemberian, pola tawaran-penolakan, dan pola tawaran-penerimaan dan (2) bentuk tuturan yang digunakan oleh penjual dan pembeli, yaitu tuturan asertif yang berfungsi menyatakan. Tuturan direktif terbagi atas empat maksud atau tujuan. Yakni, memerintah, memohon, mengajak, dan meminta. Adapun, tuturan ekspresif terbagi atas tiga maksud atau tujuan, yaitu: berterima kasih, memuji, dan menyindir.


Keywords


Representative; Speech Acts; Buy and sell; Pragmatic

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari.

https://doi.org/10.31219/osf.io/dazfj

Ambarwati, F. (2018). Strategi Lobi dan Negosiasi Untuk Mencapai Kesepakatan Penjual Dan Pembeli Dalam Bisnis Properti (Studi Diskriptif Pada Arion Primera Properti Periode 10 April 2018-10 Juli 2018) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3327.

Andianto, Mujiman Rus. (2013). Pragmatik: Direktif dan Kesantunan Berbahasa. Yogyakarta: Gress Publising.

Arifiany, N., Ratna, M., & Trahutami, S. (2016). Pemaknaan Tindak Tutur Direktif dalam Komik "Yowamushi Pedal Chapter 87-93". Japanese Literature, 2(1), 1-12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/japliterature/issue/view/842.

Austin. (1962). (Chaer, Abdul. 2014). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, A. N. (2022). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi dan Perlokusi Dalam Interaksi Penjual Dengan Pembeli Di Pasar Raya Mmtc. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 144-153. https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.675.

https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.675

Carlsnaes, W., Thomas Risse, B. A. S., Baehaqie, I., & Rizal, M. (2021). Diplomasi, Tawar-Menawar dan Negosiasi: Handbook Hubungan Internasional. Nusamedia.

Chaer, Agustina. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dell Hymes. (1972). (Chaer, Agustina. 2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Jakarta: Erlangga.

Fujiastuti, A. (2014). Ragam Bahasa Transaksi Jual Beli di Pasar Niten Bantul. BAHASTRA, 32(1).

Hariadi, Try. (2014). "Penggunaan Bahasa dalam Transaksi Jual Beli di Warung 'Bude Sarmi' Jalan Surya Utama Jebres Surakarta (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas)" Jurnal Pendidikan Bahasa, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 253-266).

Hermawan, Agus. (2015). "Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Dialog ILC (Indonesia Lawyers Club), Tinjauan Pragmatik" Jurnal NOSI, Volume 3, Nomor 4 (hlm. 479-487). Putrayasa, I.B. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Juniarti, J., & Pulungan, R. (2022). Pola Komunikasi dalam Melakukan Negosiasi Antara Pedagang Dan Pembeli Di Toko Panglong Ud Selamat Jaya. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 56-59. https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i1.5507.

Mais, Y., & Purwanto, A. (2019). Integrasi Sosial Antara Masyarakat Pendatang Dengan Masyarakat Setempat Di Desa Trans Kecamatan Sahu Timur. HOLISTIK: Journal of Social and Culture, 12(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/24581.

Masran, S. (2020). Strategi Pedagang dalam Menawarkan Barang Dagangannya: Analisis Tindak Tutur Jual Beli di Pasar Grosir Sumatera Barat. Ensiklopedia of Journal, 3(1), 107-112. https://doi.org/10.33559/eoj.v2i5.575.

Oktaviani, A. (2022). Strategi Bargaining Penjualan Secara Langsung Dipasar Minggu Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Pasar Modern. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi, 3(1), 507-513. http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/166.

Pramujiono, (2011). Representasi Kesantunan Positif-Negatif Brown dan Levinson dalam Wacana Dialog di Televisi jurnal https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=cMx6V wAAAAJ&citation_for_view=cMx6VKwAAAAJ:IjCSPb-OGe4C.

Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12

Rahardi, Kunjana. (2003). Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Renaldi, R. (2021). Tindak Tutur Komunikasi Fatis: Studi Kasus Pembeli dan Penjual Motor Bekas Di Daerah Condet Jakarta Timur (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60615.

Subhani, S., Harinawati, H., Ali, M., & Maulidayanti, M. (2021). Negosiasi Pembeli Dan Pedagang Di Pasar Tradisional Geudong (Studi pada Penjual Pakaian Dewasa di Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara Periode Bulan Januari-Mei 2021). Jurnal Jurnalisme, 10(1), 91-103. https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4884.

https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4884

Sudono, Agus. (2012). "Pola Pemilihan Bahasa dalam Jual Beli di Pasar Tradisional: Studi Kasus di Pasar Winong, Kabupaten Pati," dalam Proceedings International Seminar Language Maintenance and Shift II, 5-6Juli 2012, hlm.275.

Sulistyo, Edy Tri. (2013). Pragmatik Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.

Sonia, W., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Analisis Tindak Tutur Pedagang di Pasar Karangjati sebagai Bahan Ajar Teks Negosiasi Tingkat SMA (Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10188-10194. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2599.

Susanto, R. (2021). Analisis Tuturan Negosiasi Penjual-Pembeli di Pasar Tradisional di Kota Kolaka: Analisis Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/4790/.

Susanto, R., Gusnawaty, G., & Abbas, A. (2021). Pola Tuturan Negosiasi Penjual Sebagai Upaya Meraih Minat Pembeli. Al-MUNZIR, 14(1), 125-136. http://dx.doi.org/10.31332/am.v14i1.2365.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Triwahyuni, S., Rusminto, N. E., & Mustofa, A. (2019). Tindak Tutur Komisif Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Gunung Batu Tanggamus. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 7(1 Apr).http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/17435.

Wardoyo, C. (2016). Metode dan strategi penerjemahan istilah-istilah pragmatik dalam buku "pragmatics" karya George Yule ke dalam bahasa Indonesia. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(02), 383-394.https://doi.org/10.15575/al tsaqafa.v13i02.1984.

https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1984

Yule, George. (1996). Pragmatik. Terjemahan oleh Indah Fajar Wahyuni. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.5942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.