Optimalisasi Media Digital Interaktif Wordwall dalam PJJ BIPA di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern, Swiss
Abstract
The development of Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) as a soft diplomacy effort continues to increase rapidly. Various universities abroad and BIPA organizing institutions strive to open BIPA classes every semester. Every mode of learning certainly needs to be circumvented so as not to cause boredom to learners, one of which is by utilizing the available interactive digital learning media, namely Wordwall. This paper aims to identify the process of developing and optimizing the use of Wordwall in the BIPA class as an effective supporting media. In addition, it also seeks to measure the effectiveness of using Wordwall in the learning process in the classroom. The research methods used in this study were the distribution of questionnaires to learners, interview techniques, and documentation studies. The respondents in the study were students in BIPA 2 and BIPA 3 classes at the Indonesian Embassy in Bern, Switzerland in the spring semester period, which is between March–July 2022. The results showed that the development process and effectiveness of using Wordwall in learning in BIPA 2 and BIPA 3 classes could be achieved optimally which was identified through obtaining the scores of the majority of learners and the conformity of their answers during interviews. The implication of this research is that the use of digital-based teaching media, namely Wordwall in BIPA classes, also supports the success of learning objectives and becomes a new breakthrough in BIPA teaching.
Abstrak
Perkembangan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) sebagai upaya diplomasi lunak terus meningkat pesat. Berbagai universitas di luar negeri dan lembaga penyelenggara BIPA berupaya untuk membuka kelas-kelas BIPA setiap semester. Setiap moda pembelajaran tentunya perlu disiasati agar tidak menimbulkan kebosanan pada pemelajar, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran digital interaktif yang tersedia yaitu Wordwall. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengembangan dan optimalisasi penggunaan Wordwall di kelas BIPA sebagai media penunjang yang efektif. Selain itu juga berupaya untuk mengukur efektivitas pemanfaatan Wordwall dalam proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner kepada pemelajar, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian adalah pemelajar di kelas BIPA 2 dan BIPA 3 di KBRI Bern, Swiss pada periode spring semester yaitu antara bulan Maret – Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan dan efektivitas penggunaan Wordwall dalam pembelajaran di kelas BIPA 2 dan BIPA 3 dapat tercapai secara optimal yang diidentifikasi melalui perolehan skor mayoritas pemelajar dan konformitas jawaban mereka saat wawancara. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan media ajar berbasis digital yaitu Wordwall di kelas BIPA turut menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran dan menjadi terobosan baru dalam pengajaran BIPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161-174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133
https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133
Anwas, E. O. M., Afriansyah, A., Iftitah, K. N., Firdaus, W., Sugiarti, Y., Sopandi, E., & Hediana, D. (2022). Students' Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools. International Journal of Language Education, 6(3), 233-244.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Aziz, E. A. (2022, July 2). Bahasa Indonesia Kian Mendunia, Program BIPA Diikuti 50 Negara. Suara Karya. https://suarakarya.co.id/bahasa-indonesia-kian-mendunia-program-bipa-diikuti-50-negara/42020/
Defina, D. (2021). Penilaian Mahasiswa BIPA terhadap Pembelajaran Tatap Muka dan Online. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 12. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3482
https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3482
Desrianasari, R. (2021). Pengembangan Literasi Digital dalam Pemahaman Persatuan dan Kesatuan Bangsa pada Pembelajaran PPKN (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI di SMA Pasundan 8 Bandung) [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/63977/
Fitri Nuraeni, Puji Rahayu, Buldan Hasyim, Debi Septiani, Den Ajeng Khuluqiyah, & Dhias Adria Nurinsani. (2022). Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 60-68. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.399
https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.399
Hastowohadi, Setyaningrum, R., & Pangesti, F. (2020). Forced Remote Learning during the COVID-19 Outbreak: International Students' Stories from a Bahasa Indonesia (the Indonesian Language) for Foreigners Classroom. Journal of International Students, 10, 180-197. https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3206
https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3206
Jannah, R., & Yanti, P. G. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata. 02(2), 182-189. https://doi.org/10.29405/imj.v2i2
https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5096
Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN 1 Lamongan. Oikos : Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854-2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita.
Ramliyana, R. (2019). Penggunaan buku komik "bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) 1" dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 30-40. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1694
https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1694
Safitri, M., Nazliati, & Rasyid, M. N. (2022). Penerapan Media Web Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 47-56. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.636
https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.636
Septriani, H. (2021). Strategi Digitalisasi dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh (PJJ) di Wina, Austria. SELASAR 5 : SEMINAR NASIONAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA 5, 125-133. 4. http://jerman.sastra.um.ac.id/selasar/wp-content/uploads/2021/08/S50013-STRATEGI-DIGITALISASI-DALAM-PEMBELAJARAN-BIPA-JARAK-JAUH-PJJ-DI-WINA-AUSTRIA.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E., & Nurhamidah, D. (2022). Pembelajaran Produktif Berbasis Literasi Digital pada Mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Jurnal Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 68-75. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22658
Ummah, L. F. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 85-93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41259
https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41259
Wafiqni, N., Putri, F. M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ir, J. J., Juanda, H., 95, N., Selatan, K. T., & Dasar, J. P. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. In Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1). http://uinjkt.ac.id/index.php/elementar
https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375
Yudhana, A. S. L., & Kusuma, W. A. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Pendekatan Literature Review, dan User Persona. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1617-1628. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.303
https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.303
DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.6208
Refbacks
- There are currently no refbacks.