Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula Berbasis Budaya Cirebon

Indrya Mulyaningsih, Emah Khuzaemah

Abstract


This study aims to produce teaching materials for BIPA learning based on Cirebon culture. The method used is 4D which includes: Define or define, Design or design, Develop or develop, and Disseminate or disseminate. The definition stage is carried out by conducting Focus Group Discussions (FGD). The design stage refers to the results of the DKT. The development phase includes: validation of content and media experts, limited trial, and DKT. The research period is from July 2020 to November 2021. After going through four stages, it can be concluded that the teaching materials that have been prepared can be used for BIPA students, especially in Cirebon. Further research can be in the form of updating these teaching materials, for example in the form of e-books or others to make them easier to use.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran BIPA berbasis budaya Cirebon. Metode yang digunakan adalah 4D yang meliputi: Define atau pendefinisian, Design atau perancangan, Develop atau pengembangan, dan Disseminate atau penyebaran. Tahap pendefinisian dilakukan dengan melakukan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT). Tahap perancangan mengacu pada hasil DKT. Tahap pengembangan meliputi: validasi pakar konten dan media, uji coba terbatas, dan DKT. Waktu penelitian dari Juli 2020 sampai November 2021. Setelah melalui empat tahap dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah disusun dapat digunakan bagi pembelajar BIPA, khususnya di Cirebon. Penelitian selanjutnya dapat berupa pemutakhiran dari bahan ajar ini, misalnya dalam bentuk e-book atau lainnya supaya lebih mudah digunakan.


Keywords


BIPA 1; book development; Cirebon culture; teaching materials

Full Text:

PDF

References


Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), 76-88.

Anwas, E. O. M., Afriansyah, A., Iftitah, K. N., Firdaus, W., Sugiarti, Y., Sopandi, E., & Hediana, D. (2022). Students' Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools. International Journal of Language Education, 6(3), 233-244.

Aprilyansyah, A. (2018). Upaya Indonesia dalam Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional di Asia Tenggara. Global Political Studies Journal, 2(2), 88-100. https://doi.org/10.34010/gpsjournal.v2i2.2025

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangannya di Era Globalisasi. Prasi, 9(18), 29-37.

Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36-51. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.3012

Effendy, M. Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Bidang Keterampilan. , Pub. L. No. 27, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 1 (2017). Indonesia: peraturan.go.id.

Fauzi, F., & Kartika-Ningsih, H. (2023). Implementasi Pendekatan Berbasis Genre Pada Pembelajaran BIPA Daring. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 17-38.

Hali, H., Didipu, H., & Ali, A. H. (2023). Pemanfaatan Budaya Kuliner Indonesia dalam Pembelajaran BIPA. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 4(1), 177-184.

Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua:Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123-130.

https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 2-5. http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/147

Kencanawati, N. W., Suparwa, I. N., & Satyawati, M. S. (2017). Analisis Pemakaian Afiks pada Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail. Jurnal Humanis, 21(1), 12-18.

Khoirunnisa, A. S., & Sunarya, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Lintas Budaya dalam Perspektif Pengajar BIPA: Tantangan dan Peluang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 209-217.

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2338

Khuzaemah, E. & N. Nurkholidah (2022). Pemanfaatan Nilai-nilai Spiritual pada Babad Cirebon dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan lokal. Aksara 34 (2), 181-195, 2022

https://doi.org/10.29255/aksara.v34i2.437.181--195

Khuzaemah, E. (2018). Penyerapan Nilai-nilai Budaya Lokal Babad Cirebon untuk Membina Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Menulis Kreatif. Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Koentjaraningrat. (2015). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Kurniasih, D., & Isnaniah, S. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) "Sahabatku Indonesia" Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 62-71. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793

Kurniawan, K., Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA "Sahabatku Indonesia" untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279-293. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10052

Lestyarini, B. (2012). Model Sintetik dan Analitik Berbasis Karakter Indonesia dalam Pembelajaran BIPA di Era Global. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) VIII. Salatiga: Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA).

Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 102-107.

Masreng, R. (2017). Diplomasi Bahasa Menjembatani Keragaman Bahasa Daerah Dan Pengutamaan Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 155-167. https://doi.org/10.22225/jr.1.1.21.155-167

Muliastuti, L. (2016). BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Politik Bahasa, 1-9. Magelang: Universitas Tidar Magelang.

Mulyaningsih, I., Rahmat, W., Maknun, D., & Firdaus, W. (2022). How Competence of Production, Attention, Retention, Motivation, and Innovation Can Improve Students' Scientific Writing Skills. International Journal of Language Education, 6(4), 368-385.

Murtianis, M., Andayani, A., & Rohmadi, M. (2019). Kendala Transfer Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 3(1), 36-45.

https://doi.org/10.26499/jbipa.v2i1.2318

Mussaif, Moh. M. (2017). Keanekaragaman Budaya Menjadi Basis Pembelajaran BIPA. NUSA, 12(4), 164-172.

https://doi.org/10.14710/nusa.12.4.164-172

Muthmainnah, M., Fajriana, F., & Siska, D. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. TECHSI: Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 65-77. https://doi.org/10.29103/techsi.v9i2.214

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. ELIC: Education and Language International Conference, 726-732. Semarang: Unissula.

Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D'Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), 85-91. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya melalui Pendekatan Kontekstual-Komunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342-353. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015

Prasetiyo, A. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 1-11.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purba, A. (2013). Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 13-25.

Rahaya, I. S., & Sahidillah, M. W. (2022). Pemanfaatan Nilai Budaya Legenda Rawa Pening sebagai Bahan Ajar BIPA. Jurnal Digdaya: Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, 1(1), 29-34.

Salama, P. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya. Jambura: Journal of Linguistics and Literature, 3(1), 91-99.

Setyaningrum, L. W. (2018). Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Imajeri, 1(1), 49-61.

https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i2.5067

Suin, S., & Istanti, W. (2019). Keefektifan Metode Praktik Langsung dan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara Bagi Pemelajar BIPA 4 Unnes. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 120-126.

Sukristiningsih, S., & Sahid, S. (2022). EFL Teaching Material Development for Junior High Schools in Arfak Mountains Regency, West Papua. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2), 364-373. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i2.21709

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, 9(1), 62-78.

https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.223

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Development for Teachers of Expectional Children Training A Sour Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Waridah, W. (2016). Berkomunikasi dengan Berbahasa yang Efektif Dapat Meningkatkan Kinerja. Jurnal Simbolika, 2(2), 231-239.

https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1036

Widianto, E. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Jurnal Kredo, 1(1), 120-142.

https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41-49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024

Yalmiadi, Y. (2019). Developing English Language Learning Materials (ELLLMs) for the 1st Year Economic Students at Dharma Andalas University. TELL-US JOURNAL, 5(1), 75-93. https://doi.org/10.22202/tus.2019.v5i1.2996

Yudhoyono, S. B. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. , Pub. L. No. 24, Presiden Republik Indonesia 1 (2009). Indonesia: peraturan.go.id.

Yuniatin, A., & Asteria, P. V. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Bapala, 9(2), 142-152.

Zamzani, Z. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia dalam Pendidikan Berbasis Keragaman Budaya. Jurnal Dialektika, 1(2), 225-244.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.