Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Melayu Jambi Berbasis Saintifik

Akhyaruddin Akhyaruddin, Agus Setyonegoro, Hilman Yusra, Oky Akbar

Abstract


This research aims to develop scienitific-based Jambi Malay language teaching material product. The method used to achieve the objektives is Research and Development (R&D) with Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation procedures. To find out the teaching material product use, the researcher use validition questionnaire method of material experts, scientific experts, language experts, graphics experts. Questionnaeres were also distributed to students as users of teaching material products to find out the practicality of teaching material products, which include: material, language, graphics and ease of use. All data obtained through questionnaires were processed with descriptive statistics. Using Likert scale criteria, expert validation results show that the material aspect of teaching materials has a percentage of 84,44% with a very valid category; the scientific aspect obtained a percentage of 92% with a very valid category; the language aspect obtained  a percentage of 96% with a very valid category; the graphic aspect obtained a percentage of 90% with a very valid category. Based on the results of user practitioner test, material feasibility wa sobtained at 95%. Thus, the resulting Jambi Malay language teaching material products are suitable for implementation in the lecture process.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar bahasa Melayu Jambi berbasis saintifik. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah Research and Development dengan prosedur Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan digunakan metode angket validasi ahli ahli materi, ahli saintifik, ahli bahasa, dan ahli grafika. Angket juga disebarkan kepada mahasiswa sebagai pengguna produk bahan ajar untuk mengetahui kepraktisan produk bahan ajar yang meliputi: materi, bahasa, grafika, dan kemudahan pengguna. Keseluruhan data yang diperoleh melalui angket diolah dengan statistik deskriptif. Dengan menggunakan kriteria skala likert, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa aspek materi bahan ajar memiliki persentase 84,44% dengan kategori sangat valid; aspek saintifik memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat valid; aspek bahasa memperoleh persentase 96% dengan kategori sangat valid; aspek grafika memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji praktisi pengguna, diperoleh kelayakan produk buku bahan ajar sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, produk bahan ajar bahasa Melayu Jambi yang dihasilkan layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.


Keywords


bahan ajar; saintifik; bahasa Melayu Jambi

Full Text:

PDF

References


Akhyaruddin, A., & Yusra, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 116-126. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4093

Alfita, L., Kadiyono, A. L., Nguyen, P. T., Firdaus, W., & Wekke, I. S. (2019). Educating the External Conditions in the Educational and Cultural Environment. International Journal of Higher Education, 8(8), 34-38.

Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan ajar perencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 10-21. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312

Amalia, S. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita Peristiwa Multikultural dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Apriyanti, A., Rochmiyati, R., & Supriyadi, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(14).

Bintari, N. L. G. R. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) sesuai kurikulum 2013 di kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Collins, J. T. (2005). Bahasa Melayu bahasa dunia: Sejarah singkat. Yayasan Obor Indonesia.

de Hollander, J. J. (1984). Pedoman bahasa dan sastra Melayu. (No Title).

Derana, G. T., & Suhaimi, I. (2020). Efektivitas Pendekatan Saintifik Metode 5M dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 66-74. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14824

Ghonia, A. Z., & Naryatmojo, D. L. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menyajikan Debat Bermuatan Prinsip Kesantunan Berbahasa bagi Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 78-84. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i2.34555

Khuzaemah, E., & Ummi, H. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel dan Cerpen Berorientasi Soft Skill. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 257-271. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.4214

Kridalaksana, H. (1991). Masa lampau bahasa Indonesia: sebuah bunga rampai. (No Title).

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Mardiana, E. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pascasarjana, universitas negeri Malang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87-91.

Mustika, Ika. (2021). Penulisan Teks Pidato Persuasif, Motivasi Belajar, dan Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Media Powtoon. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. 10(1). 144-152. https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3348

Nasution, M. R. (2013). AL-HIRA': Dapat Membaca dan Menulis Aksara Arab Melayu dalam Tempo 24 Jam.

Pertiwi, D. O., Hartono, B., & Syaifudin, A. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 62-69. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i2.14713

Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Puspaningtyas, A. (2018). Validitas dan kepraktisan buku ajar ipa smp berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa smp. Pensa: E-Jurnal Pendidikan SainS, 6(01).

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Pengembangan Pendidikan: Konsep Prosedur dan Sintesis. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rustam, R. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Materi Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII C1 Di SMP N 1 Kota Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1).

Sapalena, D., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Tahun Pelajaran 2021. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1382-1389.

Sari, S. D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Universitas Negeri Padang.

Sartika, L., & Sujana, R. (2022). Potensi Bahasa Melayu Jambi Dialek Seberang Sebagai Muatan Lokal Pembelajaran di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 708-715.

Sufairoh, S. (2017). Pendekatan saintifik dan model pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).

Sugiono. (2009). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Susilana, R. (2014). Pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kajian teori psikologi belajar. Edutech, 13(2), 183-193. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095

Yafi, M. F., & Hakim, L. (2022). Pengembangan Buku Teks Berbasis Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Untuk Kelas XI Kompetensi Perbankan Syariah SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 222-229. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.51207

Yusra, D. (2022). Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Puisi Berbasis Multimedia 3D Flipbook (Prototype Development of 3D Multimedia-Based Poetry Teaching Materials Flipbook). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 339-357. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9303

Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (Pbl) in Hydrocarbon Material. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 216-229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.