Pengembangan Bahan Ajar Berbicara Berbasis Kesantunan Berbahasa (Development Of Speaking Teaching Materials Based On Language Politeness)
Abstract
This research implements Leech and Grice's language politeness maxims in the development of Speaking teaching materials. The goal is to produce a product of Speaking Teaching Materials Based on Language Politeness. The method used to achieve this goal is Research and Development with the procedure of Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The method used to determine the feasibility of teaching material products developed is the questionnaire method of validation of language politeness material experts, teaching material readability experts, teaching material book graphics experts and teaching material user practitioners. The overall data obtained through the questionnaire is processed with descriptive statistics. Using Likert scale criteria, the results of expert validation show that the aspect of the material aspect of language politeness has a percentage of 88.66% with a very valid category, the graphical aspect of the teaching material book gets a percentage of 93.33% with a very valid category. The user practitioner test obtained the feasibility of teaching material products of 94.98% with a very feasible category. The results of the expert validation test and practitioner test show a percentage far above 61%. Thus, the product of Speaking Based on Language Politeness teaching materials produced is feasible to be implemented in the lecture process.
Abstrak
Penelitian ini mengimplementasikan maksim-maksim kesantunan berbahasa Leech dan Grice dalam pengembangan bahan ajar Berbicara. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar Berbicara Berbasis Kesantunan Berbahasa. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah Research and Development dengan prosedur Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan adalah metode angket validasi ahli materi kesantunan berbahasa, ahli keterbacaan bahan ajar, ahli grafika buku bahan ajar, dan praktisi pengguna bahan ajar. Keseluruhan data yang diperoleh melalui angket diolah dengan statistik deskriptif. Dengan menggunakan kriteria skala likert, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa aspek materi kesantunan berbabahasa memilki persentase 88,66% dengan kategori sangat valid; aspek keterbacaan bahan ajar memeroleh persentase 97,33% dengan kategori sangat valid; aspek grafika buku bahan ajar memeroleh persentase 93,33% dengan kategori sangat valid. Uji prktisi pengguna diperoleh kelayakan produk buku bahan ajar sebesar 94,98% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi ahli dan uji praktisi tersebut menunjukkan persentase jauh di atas 61%. Dengan demikian, produk bahan ajar Berbicara Berbasis Kesantunan Berbahasa yang dihasilkan layak diimplementasikan dalam proses perkuliahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyaruddin, (2021). Penerapan Prinsip-Prinsi Kesantunan Berbahasa dan Prinsip Kerja sama dalam Debat sebagai Strategi Komiunikasi Politik. Jurnal Kansai, 6(2). https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.1433
Akhyaruddin. (2017). Strategi Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Peminimalan Beban dan Paksaan di Kalangan Warga Kampus Universitas Jambi. Jurnal Pena, 6(2).
Akhyaruddin. (2023). Pengembqngan Bahan Ajar Bahasa Melayu Jambi Berbasis Saintifik. Jurnal Ranah, 12 (2). https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6814
Alwi, H. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesua (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan ajar perencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312
Amalia, S. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita Peristiwa Multikultural dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).
Bintari, N. L. G. R. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) sesuai kurikulum 2013 di kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).
Boeriswati, E. (2022). Caaian Pembelajaran dan Standar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Jenjang S1, S2, S3. Surakarta: Yuma Pustaka.
Brown, P., & Levinson, S.C., (1987). Politeness: Some University in Language Usage. Cambridge: University of Cambridge Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085
Brown, R.W., & Gilman, A., (1960). The Pronoun of Power and Solidarity. Canbridge: Mass MIT Press.
Chaer. (2010). Kesantunan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatin, F. (2020). Penggunaan Prinsip Kerja sama Grice dalam Acara Hitam Putih “Pahlawan Peteran Indonesia”. Jurnal Konfiks, 7(2). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4460
Ghonia, A. Z., & Naryatmojo, D. L. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menyajikan Debat Bermuatan Prinsip Kesantunan Berbahasa bagi Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 78–84. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i2.34555
Grice, H.P., (1975). Logic and Conversation. Combrige: Reprintedby Permussion of Harvard University Press from Studies in the wayof Word. https://doi.org/10.1163/9789004368811_003
Harahap, E.P. (2023). The Development of Teoching Materials for Reading Comprehension Using the Big Qustion Strategy for Indonesia Language and Literature Students. Jurnal Al Ishlah, 15 (4).
Khuzaemah, E., & Ummi, H. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel dan Cerpen Berorientasi Soft Skill. Indonesian Language Education and Literature. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.4214
Leech, G., (1983). Principles of Pragmatics. London: Longman.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Nusantara, 2(2), 180–187.
Maharani. (2022). Prinsip Sopan Santun Guru dalam Pembeljaran Surat Pribadi dan Surat Dinas. Sebatik Journal, 10 (1). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i10.299
Mardiana, E. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pascasarjana, universitas negeri Malang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87–91.
Novera, A. (2022). Penerapan Masim Tindak Tutur dalam Pembelajaran Drama. Jurnal Sastranesia, 10(3). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2511
Pamuji, S.S., (2021). Keterampila Berbahasa. Yogyakarta: Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.
Pertiwi, D. O., Hartono, B., & Syaifudin, A. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2),
Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Puspaningtiyas, A. (2018). Validitas dan Kepraktisan Buku Ajar IPA SMP Berbasis Etnosain untuk Meningkatkan Keterampilan Klasifikasi Siswa SMP. E-Journal Pensa, 21.
Rahardi, K. R., (2019). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakara: Erlangga.
Ramaniar, E. (2019). Maksim Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Diskusi. Jurnal Metamorfosa, 7(2).
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Pengembangan Pendidikan: Konsep Prosedur dan Sintesis. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sapalena, D., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Tahun Pelajaran 2021. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1382–1389.
Sari, S. D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Universitas Negeri Padang.
Setyonegoro, A. & Akhyaruddin. (2021). Analisis Teori-Teori Kesantunan Berbahasa untuk Pengayaan Bhan Ajar Berbicara. Jurnal Pena, 11 (1).
Setyonegoro, A. & Akhyaruddin. (2021). Bahan Ajar Berbicara. Jambi: Komunitas Gemulun Aksara Indonesia.
Sugiono. (2009). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Wahidy, A., (2020). Kesantunan Berbahasa Pegawai dan Mahasiswa Universitas PGRI Palembang dalam Pelayanan Akademik.Proseding Sminar Nasional Linguistik dan Sastra (Semantik), ISBN 978.623.94874.0.9.
Wijaya, L.A. (2022). Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indinesia. Jurnal Diglosia, 6(2). https://doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3914
Yafi, M. F., & Hakim, L. (2022). Pengembangan Buku Teks Berbasis Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Untuk Kelas XI Kompetensi Perbankan Syariah SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2). https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.51207
Yusra, D. (2022). Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Puisi Berbasis Multimedia 3D Flipbook (Prototype Development of 3D Multimedia-Based Poetry Teaching Materials Flipbook). Jurnal Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 339–357. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9303
Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (Pbl) in Hydrocarbon Material. Al- Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 216–229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263
DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v13i2.7781
Refbacks
- There are currently no refbacks.