Keterampilan Berpidato Mahasiswa dalam Bentuk Video Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Reflektif
Abstract
Public speaking skills are a necessary communication skill for students in the 21st century. This research aims to investigate how public speaking skills of students in the form of videos at universities in Central Sulawesi through project-based learning. The purpose of this study is to describe students' public speaking skills developed in project-based learning. This research was conducted using a qualitative approach, namely descriptive qualitative method. The research data were speech videos uploaded through students' YouTube channels. The analysis technique used content analysis. The research results show three things. First, students have composed speech videos with an opening, content, and closing structure. Second, the language used in the speech videos has both formal and informal variations. Third, the students' appearance shows naturalness.
Abstrak
Keterampilan berpidato adalah salah satu kemampuan komunikasi yang dibutuhkan oleh siswa di abad 21. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan berpidato mahasiswa yang disajikan dalam bentuk video di perguruan tinggi se-Sulawesi Tengah melalui pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpidato mahasiswa yang dikembangkan dalam pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah video pidato yang diunggah melalui kanal youtube milik mahasiswa. Teknik analisis menggunakan analisis konten (isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpidato mahasiswa yang disajikan dalam bentuk video terdiri atas tiga hal. Pertama, mahasiswa telah menyusun video pidato dengan struktur pembukaan, isi, dan penutup. Kedua, bahasa yang digunakan dalam video pidato memiliki ragam formal dan nonformal. Ketiga, penampilan mahasiswa menunjukkan kewajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, I., & Zulkifli, Z. (2019). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Pidato Teks Kenegaraan Jokowi. Locana, 2(1), 38-46. https://doi.org/10.20527/jtam.v2i1.22
Agustina, D. D., & Ahmad Efendi. (2021). E-Module Based Project Learning for Teaching Speaking. Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics, 10(2). https://doi.org/10.24127/pj.v10i2.4244
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Delise, R. (1997). Used Problem Based Learning in The Classroom. USA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Elvi Silismi. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpidato di Depan Kelas dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Terbalik bagi Siswa Kelas IX A SMPN 5 Kota Bengkulu. Strategy, 1(2), 119-129. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.565
Firdaus, F., & Adryan Septiady. (2023). The Effect Of Project-Based Learning On The Students' Speaking Ability. Journal on Education, 5(3), 10105-10112. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1900
Gunawan, I. Z., & Otang Kurniawan, Z. (2021). Analisis Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. EL BIDAYAH, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1537
Handiko, R. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Video dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Haraharp, E. M., Nur Afifah, Khatib Lubis, & Nikmah Sari hasibuan. (2021). Pendampingan Keterampilan Berpidato pada Nasyiatul Aisyiyah Cabang Padangsidempuan Selatan. Apektamas, 4(3), 99-103.
Ibnu Mahtumi, I. R. P. T. P. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projrct Based Learning).
Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar di Jakarta. Dinamisia, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3695
Kartiwi, Y. M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran Menyusun Teks Pidato Siswa SMA. Semantik, 9(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v9i1.p27-34
Mahatmaharti, R. A. K., Brata, D. N. P., Firdaus, W., Wati, N., & Ummah, Y. C. (2020). The Role Of Teachers Communication Through The Pattern of Early Childhood. Humanities and social sciences, 8(1), 595-601.
Maliety, Y., Rumalean, I., & Tabelessy, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpidato Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Ambon. Mirlam, 1(4), 541-552.
Manuel, M. J. M. (2024). Practices and Perspectives in Using Vlogs as Speaking Performance Assessment: A Proposed Assessment Tool. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 5(7), 2499-2514. https://doi.org/10.11594/ijmaber.05.07.12
Meylina, M. (2022). Pelatihan Public Speaking Berbahasa Inggris Bagi Kaum Milenial di Kota Padang. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2), 139-145. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.207
Muid, A., Muhammad Fadhlan, Rasidin, & Muhammad Dasrul Jabir. (2022). Project-Based Learning Models Approach In Improving Arabic Speaking Ability. An Nabighoh, 24(1), 17-32. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4559
Mulyana, M. (2018). Wacana Seremonial Pidato dalam Upacara Perkawinan Adat Jawa (Speech Ceremonial Discourse in The Javanese Tradition Wedding Ceremony). Sirok Bastra, 6(2). https://doi.org/10.37671/sb.v6i2.129
Mustika, I., Suhara, A., & Fauzi, E. (2021). Menulis Teks Pidato Persuasif, Motivasi Belajar, dan Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Media Powtoon. Ranah, Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 144. https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3348
Nugroho, W. F., & Mirjam Anugerahwati. (2019). Project Based Learning: Enhanching ELF Students' Speaking Skill Throught Vlog. Jurnal Pendidikan, 4(8), 1077-1083. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12679
Purwadi, Agus Joko, Didi Yulistio, & Rio Kurniawan. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa melalui Praktik Berpidato dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara. Silampari Bida, 4(2), 373-397. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1480
Purwadi, Joko Agus, & Didi Yulisatio. (2023). Keterampilan Berbicara melalui Praktik Berpidato Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu. Korpus, 7(1), 16-31. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.28812
Ramadhan, S. G., & Assidik, G. K. (2022). Analisiss Wacana Kritis Model Teun A. van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020. Onoma, 8(1), 22-39. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507
Ramadhani, K. (2022). Public Speaking Melalui Kompetisi Berbahasa Inggris Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 45-51. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.959
Sirisrimangkorn, L. (2021). Improving EFL Undergraduate Learners' Speaking Skills Through Project-Based Learning Using Presentation. Advances in Language and Literary Studies, 12(3), 65. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.12n.3.p.65
Suprihatin, R., Aprilia, S., & Suryana, Y. (2021). Analisis Konten Materi Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran. Pedadidaktika, 8(2), 469-483. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36215
Suprihatin, R., Seni Aprilia, & Yusuf Suryana. (2021). Analisis Konten Materi Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran. Pedadidaktika, 8(2), 469-483. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36215
Susyetina, A., Chriswiyati, E., & Lase, S. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Budi Utama. Patria Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 117-126. https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080
Tampu, A. B. (2022). Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berceramah Siswa Kelas X SMA 5 Sungguminasa. Edukasi Nonformal, 3(2), 641-658.
Warsito, N., & Kastam Syamsi. (2023). Penerapan Pendekatan CTL Berbasis Proses (Process-Based CTL Approach) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa SMP. Literasi, 7(2), 80-90.
Widiyati, E., & Wulan Pangesti. (2022). Project-based learning in teaching speaking to young learners: Is it effective? Edulite, 7(1), 71-81. https://doi.org/10.30659/e.7.1.71-81
Winasih, W. W., Bambang Yudi Cahyono, & Johannes Ananto Prayogo. (2019). Effect of Project-Based Learning Using E-Poster on Indonesian EFL Students' Speaking Ability across Personality Types. Arab Word English Journal, 10(1), 73-83. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no1.7
Yuliantoro, P., Heryana, N., & Syambasri. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpidato dengan Menerapkan Pendekatan Komunikatif dan Metode Latihan pada Siswa SMP. Khatulistiwa, 8(11), 1-9.
Zulnismarty. (2018). Peningakatan Kemampuan Berpidato melalui Penerapan Model Demonstrasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru, 4(2), 459-470.
DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v13i2.7800
Refbacks
- There are currently no refbacks.