Studi Eksplorasi Pembelajaran Menulis Faktual sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Cendekiawan
Abstract
Abstrak
Penelitian menulis faktual telah banyak dilakukan. Akan tetapi, menulis faktual yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis sebagai upaya menyiapkan generasi cendekiawan masih perlu dilakukan kajian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis faktual di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan angket. Instrumen penelitian menggunakan pedoman analisis dan angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dominan satu arah, belum mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, penemuan, berpikir kritis, logis, dan analitis. Adapun bahan ajar masih terbatas pada buku yang belum terintegrasi dengan hasil penelitian yang relevan. Evaluasi pembelajaran belum memuat indikator, skor, dan rubrik penilaian secara rinci sehingga penilaian autentik belum tercapai. Persepsi dosen dan mahasiswa selaras bahwa teks faktual jenis eksposisi, eksplanasi, dan argumentasi mampu mengembangkan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan inovatif. Dengan demikian, hasil studi eksplorasi ini dapat digunakan sebagai perbaikan pembelajaran menulis faktual untuk menyiapkan generasi cendekiawan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, T. , & A. B. (1981). Content Area Textbooks (Reading Education Report No. 24). University of Illinois, Center for the Study of Reading.
Anwar, K. & I. L. (2015). Writing Factual Report: A Potential Way to Enhance Student's Critical Thinking Ability. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1, 141-149.
https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2568
Bruce, B. C. (1997). Literacy Technologies: What Stance Should We Take? Journal of Research, 29, 289-309.
https://doi.org/10.1080/10862969709547959
Cervatti, G. , D. J. , & P. P. D. (2006). Multiple Literacies, New Literacies, and Teacher Education. Theory Into Practice, 45, 378-386.
https://doi.org/10.1207/s15430421tip4504_12
Cetin, P. S. & E. G. (2017). Developing Students' Scientific Writing and Presentation Skills Through Argument Driven Inquiry: An Exploratory Study. Journal of Chemical Education.
https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.6b00915
Direktorat Sekolah Dasar, K. P. K. R. dan T. (2021). Mengenal 6 Literasi Dasar yang Harus Kita Ketahui dan Miliki.
Fang, Z. C. P. , M. N. (2020). Language and Meaning Making: Register Choices in Seventh-and Ninth-Grade Students' Factual Writing. Linguistik and Education, 56.
https://doi.org/10.1016/j.linged.2020.100798
Goldman, S. R. , G. A. C. , & van den B. P. (1999). Narrative Comprehension, Causality, and Coherence: Essays in Honor of Tom Trabasso. Erlbaum.
https://doi.org/10.4324/9781410603135
Hafner, C. A. , C. A. & J. R. H. (2015). Digital Literacies and Language Learning. Language Learning & Technology, 19, 1-7.
Halliday, M. A. K. & H. R. (1976). Cohesion in English. Longman.
Handayani, M. & A. Y. (2020). Accuracy of Using English Collocation in Writing Descriptive Texts at SMK Cahaya Harapan Students. Journal of Education, Teaching and Learning (JETL) , 5, 99-105.
https://doi.org/10.26737/jetl.v5i1.1184
Harahapa, S. R. , S. M. , & B. R. (2019). Improving The Students' Skill of Writing Narrative Text Through Cooperative Learning Model with Jigsaw Technique. Journal of English Language Studies, 4, 184-196.
https://doi.org/10.30870/jels.v4i2.6216
Keraf, G. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Nusa Indah.
Keraf, G. (1995). Eksposisi. Grasindo.
Knapp, P. & W. M. (2005). A Genre-Based Model of Language. University of New South Wales Press Ltd.
Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Yrama Widya.
Kusmayadi, Y. & S. Y. (2017). Improving Students' Factual Report Writting Skill by Using Content and Language Integrated Learning (CLIL) Method. Indonesian EFL Journal, 3 (1), 21-30.
https://doi.org/10.25134/ieflj.v3i1.650
Labbo, L. D. , & R. D. (1999). Negotiating The Multiple Realities of Technology in Literacy Research and Instruction. Reading Research Quarterly, 34 (4), 478-492.
https://doi.org/10.1598/RRQ.34.4.5
Lankshear, C. , & K. M. (Eds. ). (2008). Introduction: Digital Literacies-Concepts, Policies and Practices (pp. 1-16). Peter Lang.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Rajagrafindo Persada.
Mandler, J. M. , & J. N. S. (1977). Remembrance of Things Parsed: Story Structure and Recall. Cognitive Psychology, 111-151.
https://doi.org/10.1016/0010-0285(77)90006-8
Martin, J. & R. J. (1980). Writing Project Report No. 1. Department of Linguistics, University of Sydney.
Martin, J. & R. J. (1981). Writing Project Report No. 2. Department of Linguistics, University of Sydney.
Martin, J. & R. J. (1986). Writing Project Report No. 4. Departement of Linguistics, University of Sydney.
Masruri, S. (2005). Humanitarianisme Soedjatmoko: Visi Kemanusiaan Kontemporer. Pilar Media.
Miles, M. B. & H. A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif terjemahan Tjejep Rohidi. UI Press.
Mulyaningsih, I., Rahmat, W., Maknun, D., & Firdaus, W. (2022). How Competence of Production, Attention, Retention, Motivation, and Innovation Can Improve Students' Scientific Writing Skills. International Journal of Language Education, 6(4), 368-385.
Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pardiyono. (2007). Pati Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Andi Offset.
Parera, K. (1984). Children's Reading and Writing. Blackwell.
Rhodes, J. , & R. V. (2009). Digital Literacies in The Classroom. In L. Christenbury. In Handbook of Adolescent Literacy Research (pp. 153-169). Guilford.
Stein, N. L. , & G. C. G. (1979). An Analysis of Story Comprehension in Elementary School Children In R. O. Freedle (Ed.), New Directions in Discourse Processing . Erlbaum. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED121474.pdf.
Suherli, dkk. (2016). Bahasa Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Swenson, J. , R. R. , Y. C. A. , M. E. , & W. P. (2006). Extending the Conversation: New Technologies, New Literacies, and English Education. English Education, 38 (4), 351-369.
https://doi.org/10.58680/ee20065088
Th Sumartana. (1996). Anarki Kepatuhan. LkiS.
Tinga, S.-H. Y. M. C. L. L. and H.-H. P. (2013). Explanations Without a Purpose? Genre-Based Instruction and Academic Writing. Journal of Academic Language & Learning, 7(1), A26-A39. https://www.researchgate.net/publication/259935379.
Trabasso, T. , & van den B. P. (1985). Causal Thinking and The Representation of Narrative Events. Journal of Memory and Language, 24, 612-630.
https://doi.org/10.1016/0749-596X(85)90049-X
Wing Jan, L. (1991). Write Ways: Modelling Writing Forms. Oxford University Press.
DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v14i1.7937
Refbacks
- There are currently no refbacks.







