MAKIAN BAHASA WAKATOBI DIALEK KALEDUPA (Invective Wakatobi Language Kaledupa Dialect)

NFN Susiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis makian bahasa Wakatobi dialek Kaledupa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasidengan teknik observasi partisipatif moderat, teknik rekam, dan teknik catat. Data dianalisis secara deskriptif sesuai dengan teori makianWijana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis makian bahasa Wakatobi dialek Kaledupa ada lima belas, yakni (1) makian yang bertalian dengan agama/kepercayaan; (2) makian yang bertalian dengan gaib; (3) makian yang bertalian dengan kelamin; (4) makian yang bertalian dengan bagian tubuh; (5) makian yang bertalian dengan fungsi tubuh; (6) makian yang bertalian dengan bentuk tubuh; (7) sinonim kata bodoh; (8) makian yang bertalian dengan nama binatang; (9) makian yang bertalian dengan nama orang dungu; (10) makian yang bertalian dengan kekerabatan; (11) makian yang bertalian dengan profesi rendah; (12) makian yang bertalian dengan suku/etnis; (13) makian yang bertalian dengan  asal daerah terpencil; (14) makian yang bertalian dengan benda abstrak; (15) makian yang bertalian pada penyakit yang menjangkiti subjek. Berbagai jenis makian tersebut ditemukan dalam bentuk piranti linguistik seperti kata, frasa, dan bentuk gramatikal.

This study aimed to describe the inverse type of Wakatobi Kaledupa dialect. This research was a qualitative research. Data were collected using observation methods with moderate participatory observation techniques, recording techniques, and note taking techniques. Data were analyzed descriptively according to Wijana's. The results showed that there were fifteen types of Wakatobi language dialects in the dialect, namely (1) invective related to religion/belief; (2) invective related to unseen; (3) invective related to sex; (4) invective relating to parts of the body; (5) invective relating to bodily functions; (6) invective relating to body shape; (7) synonym for the word stupid; (8) invective relating to the name of the animal; (9) invective relating to the name of an ignorant person; (10) invective related to kinship; (11) invective relating to low professions; (12) invective related to ethnicity; (13) invective relating to the origin of remote areas; (14) invective relating to abstract objects; (15) invective related to a disease that affects the subject. Various types of invective are found in linguistic devices such as words, phrases, and grammatical forms.


 


Keywords


makian; jenis; bahasa Wakatobi; dialek Kaledupa; invective; type; Wakatobi language, Kaledupa dialect

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., et al. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Anderson, L. W., David R., & Krathwohl. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen (Revisi taksonomi pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, Almaidatul, Wahyu, W., & Kusmiyati. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal Purabaya Surabaya dalam kajian Sosiolinguistik. Jurnal Fonema, 4(2), 43-59).

Kartono, K. (1980). Pengantar metodologi research sosial. Bandung: Alumni.

Kisyani. 2004. Bahasa Jawa di Jawa Timur bagian utara dan Blambangan. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Kusmana, A. & Afria, R. (2018). Analisis ungkapan makian dalam bahasa Kerinci: Studi Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Humaniora, 02(02), 173-192.

Moleong, L. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sibarani, R. (2004). Antropolinguistik: Antropologi Linguistik, Linguistik Antropologi. Medan: Poda.

Susiati. 2018. Hominimi bahasa Kepulauan Tukang Besi dialek Kaledupa. Jurnal Totobuang, 6(1), 109-123).

Triadi, R. B. (2017). Penggunaan makian bahasa Indonesia pada media sosial (Kajian Sosiolinguistik). JurnalSasindoUnpan, 5(2), 1-26.

Wijana, I. D. P. & Muhammad, R. (2006). Sosiolinguistik: Kajian teori dan analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsih, T. (2010). Pisuhan dalam ‘Basa Suroboyoan’: Kajian Sosiolinguistik. Tesis. Surakarta: UNS.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v16i1.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->