RELEVANSI EFIKASI DIRI TOKOH IDROES MOERIA DALAM NOVEL GADIS KRETEK UNTUK PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (Self-Efication Relevance of Idroes Moeria in Novel Gadis Kretek for Entrepreneurship Learning )

Nadya Rizqi Hasanah Devi, Else Liliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji novel Gadis Kretek sebagai pembelajaran kewirausahaan. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan strukturalisme naratologi AJ Greimas digunakan untuk mengkajinya dengan teori psikologi efikasi diri pada tokoh Idroes Moeria. Hasil penelitian menunjukkan proses efikasi diri yang positif karena Idroes Moeria mampu menghadapi  pengalaman yang sulit dan menantang dalam perjalanan usahanya. Ida juga pintar mempelajari pengalaman orang lain. Suasana hati  buruk tidak  menjadi halangan karena ia memiliki lingkungan keluarga yang mendukung usahanya. Berdasarkan pendekatan naratologi AJ Greimas terlihat bahwa tindakan Idroes Moeria sebagai subjek telah menerima kesuksesan dari bisnis kretek sebagai objeknya. Pada aktan sender yang merupakan keinginannya untuk berwirausaha dimudahkan dengan persuasi verbal dan suasana hati yang baik sebagai helper. Opposant yang merupakan penghalang dengan berbagai pengalaman yang menantang dapat diatasi oleh Idroes Moeria dengan mudah.  Proses efikasi diri  menumbuhkan karakter yang dapat menunjang keberhasilan berwirausaha, seperti percaya diri, berani mengambil risiko, berorientasi pada hasil dan masa depan, berani berinovasi. Cara Idroes Moeria menjalankan usaha juga dapat menjadi pelajaran seperti strategi branding produk dan pemasaran.

This study aims to examine the novel Kretek Girls as learning of entrepreneurship. A descriptive qualitative research method using AJ Greimas's narratology structuralism approach was used to study the psychological self-efficacy theory of Idroes Moeria character. The results showed a positive self-efficacy process because Idroes Moeria was able to deal with difficult and challenging experiences in their business journey. Ida is also good at learning other people's experiences. A bad mood is not an obstacle, because he has a family environment that supports his business. Based on AJ Greimas's narratology approach, the actions of Idroes Moeria as a subject have received success from the kretek business as its object. The sender act which is his desire to become entrepreneurs is facilitated by verbal persuasion and a good mood as a helper. Opponents that are a barrier with a variety of challenging experiences can be overcome by the Idroes Moeria easily. The process of self-efficacy fosters character that can support entrepreneurial success, such as self-confidence, risk-taking, results-oriented, and future-oriented, bold innovation. How to run a business can also be lessons like product branding and marketing strategies.



Keywords


efikasi diri; pendekatan naratologi AJ Greimas; karakter dan strategi berwirausaha; self-efficacy; AJ Greimas's narratology approach; Character and Strategy Entrepreneurship

References


Al Hidayat, W. (2019). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepala Dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 3(4), 442–452.

Artiandewi, A. (2016). Keywords : Self Efficacy Entrepreneurship , Entrepreneurship Education ,. E-Journal Student, 5(4), 356–365. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/adp-s1/article/view/4749/4405

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). J. Dinamika Sosbud, 14(1), 89–100.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi untuk UMKN. Neo-Bis, 8(2), 179–189. https://doi.org/10.21107/NBS.V8I2.472

Diarta, I. K. S. (2017). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 4(2), 170–187.

Hidayat, A. A. N. (2019). Jumlah Pengusaha di Indonesia Baru 2 Persen dari Total Penduduk. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1254508/jumlah-pengusaha-di-indonesia-baru-2-persen-dari-total-penduduk

Jabrohim. (1996). Pasar dalam Prespektif Greimas. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Kumala, R. (2012). Gadis Kretek. In Gramedia Pustaka Utama. Gramedia Pustaka Utama.

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Wirausaha. Kiat Bisnis, 5(3), 148–158. http://journal.unwidha.ac.id/index.php/KIATBISNIS/article/view/1042

Rahmah, Y. (2015). SANMAI NO OFUDA DALAM PERSPEKTIF GREIMAS. Jurnal Izumi, 151(1), 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Rahmawati. (2017). Konflik Kejiwaan Tokoh Utama dalam Novel Korupsi Karya Tahar Ben Jelleoun. Kandai, 13(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jk.v13i1.93

Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode dan Teknik Penilaian Sastra. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Rustika, I. M. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 112–126. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.240

Walipah. (2016). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 12(3), 138–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/jem.v12i3.1461

Yunita, W., Suwandi, S., & Suryanto, E. (2019). Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Kerja Keras dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Fuadi Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 191. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37706




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v16i2.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->