HASRAT NANO RIANTIARNO DALAM CERMIN MERAH: KAJIAN PSIKOANALISIS LACANIAN

Ricky Aptifive Manik

Abstract


Karya sastra merupakan manifestasi hasrat pengarang. Dalam sejarahnya, hasrat terbentuk dari rasa kekurangan subjek. Menulis karya sastra merupakan upaya untuk menutupi kekurangan tersebut. Upaya itu dapat dilihat dalam pandangan pengarang akan ego-ego ideal di dalam karya-karyanya. Novel Cermin Merah adalah sample untuk melihat apa dan bagaimana hasrat Nano Riantiarno. Tujuannya adalah menemukan apa yang menjadi pembayangan ego-ego ideal bagi Nano. Telisik hasrat ini akan menggunakan kajian Psikoanalisis Lacanian (PL). Melalui PL ini akan digunakan metode metafora dan metonimia dalam melihat penanda-penanda hasrat Nano dalam Cermin Merah. Kajian ini menemukan bahwa hasrat Nano akan seorang yang jujur, berani, bertanggung jawab, loyal, ulet, konsisten, pekerja keras, setia, dan demokratis diidentifikasi dari citraan ayahnya. Sedangkan pandangannya tentang stigmatisasi PKI dan LGBT merupakan hasratnya akan orang yang menghargai keberadaan orang lain. Menjadi seniman dan penulis merupakan anchoring point Nano dalam menyudahi keambiguitasan dan ketidakmenentuan dirinya.

Keywords


hasrat, stigmatisasi, psikoanalisis, Lacan, Nano Riantiarno

Full Text:

PDF

References


Adian, D. G. (2009). Pesona hasrat dalam psikoanalisis-struktural Jacques Lacan: Refleksi atas ketegangan antara hasrat memiliki dan hasrat menjadi. Dalam Bracher, M., Jacques Lacan, diskursus dan perubahan sosial: Pengantar kritik-budaya psikoanalisis (Kata Pengantar). Yogyakarta: Jalasutra.

Althusser, L. (2010). Tentang ideologi: Marxisme strukturalis,

psikoanalisis, cultural studies, (Olsy Vinoli Arnof, Penerjemah). Yogyakarta: Jalasutra

Anwar, S. (2005). N. Riantiarno: Dari rumah kertas ke pentas dunia. Jakarta: FFTV-IKJ Press.

Bracher, M. (2009). Jacques Lacan, diskursus dan perubahan sosial: pengantar kritik-budaya psikoanalisis, (Gunawan Admiranto, Penerjemah). Yogyakarta: Jalasutra.

Faruk. (2012). Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, A. (2007). Skizoanalisis Deleuze + Guattari: Sebuah pengantar genealogi hasrat. Yogyakarta: Jalasutra.

Hill, P. (2002). Lacan untuk pemula. Yogyakarta: Kanisius.

Khatulistiwa Literary Award. (2014). Asal Usul Anugerah Sastra Khatulistiwa. Diperoleh dari http://khatulistiwaliteraryaward. wordpress.com.

Lacan, J. (1977). Ecrits: A selection, (Alan Sheridan, Penerjemah). London: Tavistock.

____. (1988). The Seminar of Jacques Lacan, Book II. The Ego in Freud’s Theory and in the Technique of Psycoanalysis, 1954-1955, (J-A. Miller, Editor; S. Tomaselli, Penerjemah). NY, London: W.W. Norton & Company.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v11i2.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->