REPRESENTASI KECINTAAN TERHADAP PRODUK LOKAL DALAM IKLAN TOP COFFEE (KAJIAN STILISTIKA) (The Representation of Love of Local Products in Top Coffee Advertisement: A Stylistic Study)

Rudi Ekasiswanto

Abstract


The purpose of this research is to identify the elements of language style found on Top Coffee product advertisements. This study also aims to describe the meaning and function of the language style used in the advertisement as a representation of love for local products. In addition to linguistic factors, this study also identifies the symbolic meanings contained in advertising posters. This research is descriptive qualitative. The data collection technique was carried out by observing and taking notes on Top Coffee's product advertisements in print and television media. The data obtained were then analyzed using a stylistic approach, to analyze linguistic factors, and semiotics to analyze the visual elements in advertising posters. The results of this study indicate that the three advertisements for Top Coffee products use a conversational style based on word choice; simple language style and noble and powerful language style based on tone; anticlimactic, parallelism, and climax based on sentence structure; synecdoche, metaphor, metonymy, and hyperbole based on whether or not the meaning is direct. Meanwhile, advertising visualization includes typography, advertisement stars, logos, product displays, colors and patterns, batik motif fibers that represent local products and their love for them. This advertisement uses the spirit of nationalism that is built from its consumers as a tool to promote its products through the style of language and symbols contained in the poster.

Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi unsur gaya bahasa yang terdapat dalam iklan produk Top Coffee. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan makna dan fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut sebagai representasi kecintaan terhadap produk lokal. Selain faktor kebahasaan, penelitian ini juga mengidentifikasi makna-makna simbolis yang terdapat pada poster iklan. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat terhadap iklan produk Top Coffee di media cetak dan televisi. Data-data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan stilistika untuk mengetahui faktor kebahasaan dan teori semiotika untuk menganalisis unsur-unsur visual pada poster iklan. Dari hasil penelitian ini, ditunjukkan bahwa tiga iklan produk Top Coffee menggunakan gaya bahasa percakapan sebagai berikut: (1) berdasarkan pilihan kata: gaya bahasa sederhana, gaya bahasa mulia, dan gaya bahasa bertenaga; (2) berdasarkan nada: antiklimaks, paralelisme, dan klimaks; (3) berdasarkan struktur kalimat: sinekdoke, metafora, metonimia, dan hiperbola; dan (4) berdasarkan langsung tidaknya makna. Sementara itu, visualisasi iklan meliputi tipogafi, bintang iklan, logo, tampilan produk, warna dan corak, serta serat motif batik yang merepresentasikan produk lokal dan kecintaan terhadapnya. Iklan ini menggunakan semangat nasionalisme yang dibangun dari minat konsumen sebagai alat untuk mempromosikan produknya melalui gaya bahasa dan simbol-simbol yang terdapat pada posternya.

 


Keywords


stylistics; meaning; function; local product; stilistika; makna; fungsi; produk lokal

References


Araki, N. (2016). Saussure’s Theory of Sign. Bull. Hiroshima Inst. Tech. Research, 50, 1–7.

Callysta, A. (2012, Desember 16). Untung Rugi bagi Iwan Fals dalam Membintangi Iklan TOP Coffee. Diambil 17 Oktober 2020, dari Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/abicallysta/551ae2f5813311551a9de194/untung-rugi-bagi-iwan-fals-dalam-membintangi-iklan-top-coffee

Durianto, D. (2003). INVASI pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program dan teknik pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=460185

Helmy, A. (2012). Kritik Sosial dalam Iklan Komersial (Analisis Semiotika Pada Iklan Rokok Djarum 76 Versi Gayus Tambunan) (Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA). UIN SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta. Diambil dari http://digilib.uin-suka.ac.id/10794/

Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Diambil dari http://books.google.com/books?id=nuAVAQAAMAAJ

Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa: Komposisi lanjutan I. Jakarta, Indonesia: Gramedia.

Lazfihma. (2014). Analisis Gaya Bahasa Dalam Slogan Iklan Minuman Di Televisi (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/17939/

Lidwina, G. J., Vaidegi, T., & Hemalatha, S. (2020). Media Advertising :a Study on Advertising on Social Media. International Journal of Sales & Marketing Management, 10(1), 93–104.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 13(2), 116–129. Diambil dari http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670

Martodirdjo, H. S. (1997). Dampak periklanan terhadap kehidupan masyarakat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Kebudayaan Masa Kini.

Maulin, S., Zuriana, C., & Lindawati, L. (2019). Makna Motif Ragam Hias Pada Rumah Tradisional Aceh Di Museum Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, IV(1), 78–96. Diambil dari https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=55495

Pondaag, A. F. (2013). Analisis Semiotika Iklan a Mild Go Ahead Versi ‘Dorong Bangunan’ Di Televisi. Acta Diurna Komunikasi, 2(1). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/977

Putri, I. L. (2015). Gambaran Gaya Hidup Gaul Dalam Iklan Kopi Good Day Gaul Dan Iklan Kopiko 78o. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 460–474. Diambil dari http://journal.unair.ac.id/COMN@gambaran-gaya-hidup-gaul-dalam-iklan-kopi-good-day-gaul-dan-iklan-kopiko-78%C2%BA-article-9383-media-137-category-8.html

Setyawan, I. (2014). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Kopi Instan Top Coffee Endorser “Iwan Fals.” Manajemen Bisnis, 4(1), 39–49.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan dan Promosi (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Sinclair, J. (2015). Advertising, the Media, and Globalization. Media Industries Journal, 1(3), 42–47. https://doi.org/10.3998/mij.15031809.0001.308

Squad, R. (2017, Desember 21). Slogan Iklan Kopi di Indonesia. Diambil 27 Oktober 2020, dari Raisin Squad website: http://kins.eklablog.fr/slogan-iklan-kopi-di-indonesia-a134882064

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudjiman, P. H. M., & Zoest, A. J. A. van. (1996). Serba serbi semiotika. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Suhandang, K. (2016). Periklanan: Manajemen, kiat dan strategi. Bandung: Nuansa. Diambil dari http://opac.library.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=58545

Suwito. (2013). Analisi Gaya Bahasa Iklan di Televisi. NOSI, 1(4), 415–423. Diambil dari https://pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2013/09/33-SUWITO-415-423.pdf

Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi Muatan Gaya Bahasa dalam Iklan Minuman Kemasan Siap Minum: Kajian Stilistika. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(3), 230–247. https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901

Wulandari, P. (2013). Representasi Budaya Indonesia Pada Iklan Kopi Kapal Api (Analisis Semiotika Representasi Budaya Indonesia pada Iklan Kopi Kapal Api Versi “Secangkir Semangat Untuk Indonesia” di Televisi Swasta ) (Skripsi, Universitas Sumatra Utara). Universitas Sumatra Utara, Medan. Diambil dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/35185

Yurnianti, S., Ermanto, & Zulfahdli. (2012). Gaya Bahasa Iklan Produk PT. Unilever Indonesia: Suatu Tinjauan Semantik dan Pragmatik. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 42–50.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.2927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->