PERGOLAKAN IDEOLOGI DALAM NOVEL TERJEMAHAN YANG MAHA KECIL KARYA ARUNDHATI ROY: KAJIAN HEGEMONI GRAMSCI (Ideological Upheavel in Arundhati Roy’s Translated Novel Yang Maha Kecil: The Study of Gramsci’s Hegemony)

M. Oktavia Vidiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan formasi ideologi dalam novel terjemahan Yang Maha Kecil karya Arundhati Roy,serta melihat hubungannya dengan ideologi pengarang dengan menggunakan kajian teori hegemoni yang digagas Antonio Gramsci. Tinjauan teori hegemoni Gramsci dalam penelitian ini melihat praktik hegemoni ideologi dalam Yang Maha Kecil melalui negosiasi ideologi yang dilakukan pengarang sebagai aparatur hegemoni. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif dan pemahaman arti secara mendalam. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa teridentifikasinya sejumlah ideologi, yaitu ideologi (1) ultraortodoks (2) komunis, (3) anglofilia, (4) rasialisme, dan (5) patriarki. Adapun ideologi yang dinegosiasi ditunjukkan oleh ideologi komunisme dan ultraortodoks. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pertentangan dalam cara pandang pengarang tentang ideologi komunis dan ultraortodoks yang dinegosiasikan. Dalam hal ini, pengarang melihat bahwa ideologi komunis maupun ideologi ultraortodoks (agama) yang mengajarkan kesetaraan manusia secara sosial maupun di mata Tuhan, ternyata sama sekali tidak mengubah sistem pembedaan manusia.

(This research aims to disclose and describe the formation of ideology in translated novel Yang Maha Kecil written by Arundhati Roy, as well as to recognize its relationship with the author’s ideology using Antonio Gramsci’s theory of hegemony. Gramsci’s hegemony theory is used in this research to observe the practice of ideological hegemony in Yang Maha Kecil through ideological negotiations practiced by the author as a hegemony apparatus. The method used is the qualitative one using the descriptive approach and extensive comprehension of meaning. This research produced findings in the form of identifying a number of ideologies, namely ideology (1) ultra-orthodox, (2) communism, (3) anglophilia, (4) racism, and (5) patriarchy. The negotiated ideology is demonstrated by communism and ultra-orthodox ideology. The conclusion of this research is that there is conflict in the author's perspective on communism and ultra-orthodox ideologies that are negotiated. In this case, the author sees that both communism and the ultra-orthodox (religion), which promote human equality both socially and religiously, apparently fail to change the system of human discrimination.)


Keywords


ideologi; hegemoni; Arundhati Roy; Yang Maha Kecil; ideology; hegemony

Full Text:

PDF

References


Budianta, M. (2003). Yang maha kecil. Dalam The god of small things, hlm. xvii-xxxi, Jakarta: YOI.

Darma, B. (2004). Pengantar teori sastra. Jakarta: Pusat Bahasa.

Faruk. (2010). Pengantar sosiologi sastra dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitria. (2015). Perahu dan kupu-kupu: Analisis postmodern lyotard terhadap cerpen karya Seno “Perahu yang Muncul dari Balik Kabut". Kandai, 11(2), 189-205 (DOI: 10.26499/jk.v11i2.226)

Gramsci, A. (1987). Selection from the prison notebooks of Gramsci. New York: International Publisher.

Heywood, A. (2016). Ideologi politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibadurrohman. (2015). Formasi ideologi dalam novel Zuqaq Al-Midaq karya Najib Mahfuz kajian hegemoni Gramsci. Universitas Gajah Mada.

Kridalaksana, H. (2003). Password kamus bahasa Inggris untuk pelajar. Jakarta: Kesaint Blanc.

Kurniawan, H. (2012). Teori, metode, dan aplikasi sosiologi sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurhadi. (2004). Analisis hegemoni pada Iblis Tidak Pernah Mati karya Seno Gumira Ajidarma. Litera, 3(2), 242-255. Diperoleh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/ litera/article/view/6768

Roy, A. (2003). The god of small things. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Simon, R. (2004). Gagasan-gagasan politik Gramsci. (Kamdani & I. Baehaqi, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v14i2.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->