PEMAKAIAN BAHASA DALAM MEDIA INFORMASI DI “WAROENG SPESIAL SAMBAL” CABANG SURABAYA

Tri Winiasih

Abstract


Pemakaian bahasa dalam media informasi di Waroeng SS menarik untuk dikaji karena menggunakan bentuk dan istilah yang khas sebagai identitas yang membedakan dengan rumah makan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pemakaian bahasa dan pola penamaan dalam media informasi di Waroeng SS Cabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks yang digunakan dalam media informasi di Waroeng SS Surabaya, yaitu berupa daftar menu, pengumuman, jadwal buka, dan sebagainya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk bahasa yang digunakan dalam media informasi di Waroeng SS Cabang Surabaya berupa sinonim, metafora, istilah khusus yang berhubungan dengan sambal, parodi, istilah asing, serta bentuk tidak baku. Kedua, berdasarkan tiga puluh nama usil yang telah digunakan pada daftar menu makanan di Waroeng SS, pola penamaannya berupa 1) penyesuaian bunyi, 2) pengacuan dalam bahasa Indonesia, 3) pengacuan dalam bahasa asing, 4) penyesuaian bunyi dan pengacuan dalam bahasa Indonesia, 5) penyesuaian bunyi dan pengacuan dalam bahasa asing, 6) penyesuaian bunyi dan pemadanan dalam bahasa Indonesia, serta 7) penyesuaian bunyi dan pemadanan dalam bahasa asing.

Keywords


media of information; Waroeng SS; form

Full Text:

PDF

References


Chaer, A.& Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta. Kurnia, Y. S. (2011, 7 April). Perancangan sign system TK

Negeri Pembina. Skripsi. Diperoleh dari http://www. elib.unikom.ac.id.

Mahsun. (2005). Metodologi penelitian bahasa. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siswanto. (2012). Pengulangan bunyi nama diri pada masyarakat Sunda. Jurnal Metalingua, 10(1): 65-72. Sobur, A. (2004). Semiotika komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudaryanto. (1990). Menguak fungsi hakiki bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Ullman, S. (2007). Pengantar semantik. (Sumarsono, pengadaptasi). Yogyakarta: Pelajar. (Karya asli diterbitkan pada 1977).

Widyastuti. (2015). Hipotesis Sapir Whorf dan keterhubungannya dengan nama diri persona. Prosiding Diskusi Ilmiah Penelitian Kebahasaan, 65--76. Surabaya: Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Wijana, I. D. P. & Rohmadi, M. (2006). Sosiolinguistik: Kajian teori dan analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Winiasih, T. (2004). Leksikon khas bahasa Jawa Surabaya dalam berita Suroboyoan Pojok Kampung JTV. Laporan Penelitian. Balai Bahasa Surabaya. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v12i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->