PENGGUNAAN MEDIA BLOG DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA

Lia Herliana

Abstract


The instructional problem in writing was students’ low skills, especially in expository writing. Even, low writing skills was also influenced by students’ motivation and conventional learning media. Thus, it was necessary to use different instructional media so that students’ writing ability and motivation improved . It was an action research . It used verbal and nonverbal data analysis . Verbal data were in the form of questionnaires, interviews, and questions while the nonverbal data were in the form of an observation sheet containing students’ learning interest, students’ determination of learning, etc . The learning evaluation was taken through tests and the other . The result showed that students’ learning outcomes increased from cycle 1 with an average score of 64.05 in sufficient category to cycle 2 with an average score of 78.05 in good category. The student skill improvement in expository writing increased 14.00. In cycle 1, the level of students’ participation in the activity was 75% and in cycle 2 students’ participation was 96 .43% . The evaluation of teacher performance observation during the learning process in cycle 1 was 65% and in cycle 2 was 95%. In conclusion, the expository writing skills and students’ motivation increased in the learning using blog and constructivism approach .

Keywords


blog, constructivism approach, expository writing

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Artati, Y. Budi. 2007. Gemar Membaca dan Menulis. Yogyakarta: CV Kompetensi Terapan Sinergi Pustaka.

Budi, Eko Nur. 2009. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Pengua- saan Struktur Kalimat dengan Kemam- puan Menulis Eksposisi (Survei di SMP Negeri Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2008/2009)”. Dalam https://digilib.uns.ac.id/dokumen/ detail/10141/Hubungan-antara-kecer- dasan-emosional-dan-penguasaan- struktur-kalimat-dengan-kemampuan- menulis-eksposisi-survei-di-SMP- Negeri-kecamatan-Jekulo-kabupaten- Kudus-tahun-20082009. Diakses tanggal 3 Februari 2017.

Dalman. 2015. Penulisan Populer. Jakarta: Rajawali Pers. Dewi, Wendi Widya Ratna. 2009. Wacana dalam Bahasa Indonesia . Klaten: Intan Pariwara.

Hartanto, Yunianto Dwi. 2014. “Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelectual) untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi (Pene- litian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X-E SMA N 1 Karangdowo Tahun Pelajaran 2013/2014)”. Dalam https://digilib.uns.ac.id/dokumen/ detail/43125/Penerapan-Pendekatan- Savi-Somatis-Auditori-Visual-Intelek- tual-Untuk-Meningkatkan-Keteram- pilan-Menulis-Eksposisi-Penelitian- Tindakan-Kelas-pada-Siswa-Kelas- X-E-SMA-N-1-Karangdowo-Tahun- Pelajaran-20132014. Diakses tanggal 3 Februari 2017.

Kindarto, Asdani. 2006. Tips Mudah Membuat Blog Bergaya dan Interaktif. Yogyakarta: Andi.

Mulyanto, Assep Purna. 2009. Go! Blog. Bandung: Oase Media.

Nasucha, Yakub, dkk. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Nasution, Wan Nurul Atikah. 2015. “Hu- bungan Antara Penguasaan Diksi dan Minat Menulis dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X MAN Surakarta Tahun Pembelajaran 2014/2015”. Dalam https://digilib. uns.ac.id/ dokumen/detail/44289/ Hubungan-antara-Penguasaan-Diksi- dan-Minat-Menulis-dengan-Kemam- puan-Menulis-Teks-Eksposisi-Pada- Siswa-Kelas-X-Man-Surakarta-Tahun- Pembelajaran-20142015. Diakses tanggal 3 Januari 2017.

Oktaria, Dinari. 2016. “Hubungan Antara Pe- nguasaan Kalimat Efektif dan Keaktifan Menulis dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta”. Dalam https://digilib. uns.ac.id/dokumen/detail/52663/ Hu- bungan-Antara-Penguasaan-Kalimat- Efektif-dan-Keaktifan-Menulis-dengan Keterampilan-Menulis-Teks-Eksposisi- Siswa-Kelas-X-SMA-Negeri-5-Surakarta. Diakses tanggal 3 Januari 2017.

Prabawati, Theresia Ari. 2009. Seri Mem- bongkar Misteri Internet. Yogyakarta: Andi.

Prakoso, Kukuh. 2006. Nge-Blog!? So What gitu loh…. Yogyakarta: Andi. Sadiman, Arief S., dkk. 2006. Media Pen- didikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1997. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka publisher.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiar- isme). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v12i2.1558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->